Problem-Based Learning pada Materi Koordinat Kartesius: Suatu Tindakan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung

  • Erliska Sitiana Pendidikan Matematika UIR
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model PBL, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Guru memiliki peranan dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan guru yang berinteraksi langsung dengan siswa disetiap pertemuannya. Untuk itu, diharapkan guru menggunakan model pembelajaran yang tepat agar tercipta proses pembelajaran yang efektif dan melibatkan peran siswa secara aktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 15 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki dengan kemampuan yang heterogen. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan dari skor dasar (5 siswa), ulangan harian I (7 siswa), dan ulangan harian II (15 siswa). Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari skor dasar (53,69), ulangan harian I (54,86), ulangan harian II (72,72). Jadi dapat disimpulkan  penerapan  model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-11
Section
Articles
Abstract viewed = 57 times
pdf downloaded = 96 times

Most read articles by the same author(s)