Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 4 Siak Hulu

Authors

  • Dayu Tirta Puji Susila Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel ini diambil menggunakan sampling purposive. Bentuk dari penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan VII3 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan berupa pembelajaran konvensional yang menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes . Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa data nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.  Setelah menganalisis data penelitian hasil belajar matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol baik pada penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan, hal ini berarti model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap penilaian pengetahuan dan keterampilan matematika siswa.  Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu.

Kata kunci : model pembelajaran problem based learning, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)