Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model SSCS pada Siswa Kelas VIIC MTs N 4 Rokan Hulu

Authors

  • Erbaisah Erbaisah Pendidikan Matematika UIR
  • Sri Rezeki

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model SSCS, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIC MTs N 4 Rokan Hulu melalui penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pengamatan dan teknik tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC MTs N 4 Rokan Hulu Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswi perempuan dengan karakteristik siswa yang berkemampuan heterogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Teknik pengamatan didapat dari aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan teknik tes dari tes hasil belajar siswa. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan data tentang hasil belajar siswa dan data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian diperoleh dari hasil rata-rata belajar siswa pada siklus I adalah 64,23 dengan ketuntasan klasikal 57,69%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 75,00 dengan ketuntasan klasikal 76,92%. Ini terlihat meningkat jika dibandingkan dengan skor dasar siswa sebelumnya yaitu dengan rata-rata  54,03 dengan ketuntasan klasikal 42,31%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIC MTs N 4 Rokan Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)