Model Problem-Based Learning di Sekolah Menengah Pertama

Sebuah Studi Eksperimen terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Rafiqah Sari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Sindi Amelia Universitas Islam Riau

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning  (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil peneitian dianalisis melalui teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP pada materi Pola Bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-05

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>