Model Problem-Based Learning di Sekolah Menengah Pertama
Sebuah Studi Eksperimen terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning (PBL)Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil peneitian dianalisis melalui teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP pada materi Pola Bilangan.