Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 12 Pekanbaru

Authors

  • Rafika Mahera Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  • Alzaber Alzaber
  • Sindi Amelia

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS 3 SMAN 12 Pekanbaru pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 orang siswa dengan kemampuan heterogen. Pengambilan data berlangsung dari 19 September 2018 hingga 10 Oktober 2018 yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar tes hasil belajar matematika dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan pada proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II dan peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM mengalami peningkatan pada UH I dan UH II dari skor dasar. Persentase ketuntasan pada skor dasar adalah 16%, pada UH I adalah 31 %, dan pada UH II adalah 59%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMAN 12 Pekanbaru pada tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)