Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Probing Prompting di Sekolah SMP Negeri 1 Sungai Batang

Authors

  • khairiah binti abdrahman matematika
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau

Keywords:

Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Probing-Prompting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat yang dapat dipastikan kevalidan dan kepratisannya dengan menerapakan model pembelajaran Probing-Prompting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B di sekolah SMP Negeri 1 Sungai Batang dengan jumlah siswa terdiri 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan yang dimodifikasi dari pendapat Sugiyono yang mengenai: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa RPP dan LKPD. Tekhnik pengumpulan data diperoleh dari hasil validator oleh ahli validasi dan data angket respon duru dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP 83,32 % dengan kategori valid dan hasil validasi LKPD sebesar 85,09% dengan kategori sangat valid. Untuk hasil kepraktisan diperoleh hasil kepraktisan untuk RPP praktis dengan rata-rata 83,33% dan LKPD dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata 86,21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Probing-Prompting teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)