Giving Question and Getting Answer (GQGA)

suatu Eksperimen Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Novia Riza Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, motivasi belajar matematika siswa, strategi GQGA

Abstract

Motivasi mempunyai fungsi yang penting dalam belajar, karena motivasi akan menentukan intensitas usaha belajar yang dilakukan siswa. Namun, pada kenyataannya bahwa masih banyak siswa yang cenderung malas dan tidak berkeinginan untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap motivasi belajar matematika siswa SMK Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Hasanah Pekanbaru, sedangkan yang digunakan adalah kelas X MM dan X AK  sebanyak 38 siswa. Instrumen pengumpulan data digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket dan observasi. Data motivasi belajar matematika siswa dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan Uji Mann Whitney, diperoleh  dan  maka , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi Giving Question and Getting Answer terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMK Hasanah Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2020-02-24

Issue

Section

Articles