Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Cerita Rakyat Melayu Riau

  • Alim Tarmizi Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau
Keywords: Cerita Rakyat Melayu Riau, Pendekatan Matematika Realistik, Perangkat Pembelajaran

Abstract

Banyaknya budaya-budaya pendatang yang masuk, membuat budaya lokal perlahan tergeser. Salah satu cara melestarikan kebudayaan lokal yaitu dengan memasukkan unsur-unsur budaya dalam pendidikan. Dengan demikian, Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis cerita rakyat melayu Riau dengan menggunakan pendekatan matematika realistik (PMR) yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan modifikasi sugiyono dengan beberapa tahap sebagai berikut: (1) pengumpulan data, (2) desain produk (3) validasi desain (4) revisi desain (5) uji coba produk (6) revisi produk (7) produk akhir. Perangkat pembelajaran yang di kembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 83,04% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil kepraktisan RPP sebesar 86,11% dengan kriteria kepraktisan sangat praktis. Sedangkan hasil validasi LKPD sebesar 83,77% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil kepraktisan LKPD sebesar 84,55% dengan kriteria cukup praktis, serta rata-rata kerterlaksanaan pembelajaran sebesar 91, 66% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis cerita rakyat melayu Riau teruji kelayakannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-27
Section
Articles
Abstract viewed = 170 times
pdf downloaded = 265 times

Most read articles by the same author(s)