KAJIAN YURIDIS UPAYA HUKUM PERSAINGAN USAHA DALAM MENCIPTAKAN KESEIMBANGAN ANTARA KEPENTINGAN PELAKU USAHA DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.25299/uirlrev.2024.vol8(1).17329Abstrak
Hukum persaingan usaha dan hukum perlindungan konsumen memiliki relevansi yang mana dampak positif yang terjadi dari persaingan sehat berdampak pada pelaku usaha dan juga konsumen, begitu juga dengan dampak negatif yang terjadi jika ada praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat selain pelaku usaha, konsumen juga akan mengalami kerugian. Permasalahan yang dikaji pada artikel ini adalah Kajian Yuridis Upaya Hukum Persaingan Usaha Dalam Menciptakan Keseimbangan Antara Kepentingan Pelaku Usaha Dan Perlindungan Konsumen. Metode pendekatan yang akan digunakan adalah yuridis normative. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dan hasil pengolahan data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hak konsumen sangat memiliki kaitan erat dengan persaingan usaha, apabila terjadi persaingan curang dan konsumen menjadi korban maka, konsumen mempunyai hak mendapatkan ganti rugi. Konsumen juga memiliki hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut. Akan lebih baik jika terjadi praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat konsumen dapat langsung menuntut hak nya pada perkara tersebut tanpa perlu mengajukan gugatan ganti kerugian kembali.
Kata Kunci : Hukum Persaingan Usaha, Pelaku Usaha, Konsumen
Unduhan
Referensi
Celina Tri Siwi Kristiyanti, Hukum Perlindungan Konsumen, PT. Sinar Grafika, Jakarta,
Galuh Puspaningrum, Hukum Perjanjian yang Dilarang dalam Persaingan Usaha, CV.
Aswaja Pressindo, Yogyakarta, 2011.
Dela Wanti Widyantari, Tinjauan Yuridis Keterkaitan Hukum Persaingan Usaha Terhadap
Perlindungan Konsumen Di Indonesia (Studi Putusan Komisi Pengawas Persaingan
Usaha Nomor 26/Kppu-L/2007 Tentang Kartel Sms Dan Nomor 25/Kppu-I/2009
Tentang Penetapan Harga Fuel Surcharge), Fakultas Hukum, Universitas
Brawijaya.
Kurnia Ambar Sari, Integrasi Hukum Perlindungan Konsumen dan Persaingan Usaha atas
Data Pribadi Konsumen pada Platform Digital, Vol. 6 No. 1, September 2023.
Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, Cet. Keenam, Kencana, Jakarta, 2010, hlm.
Rachmadi Usman, Hukum Persaingan Usaha di Indonesia, PT Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta, 2004.
Satjipto Raharjo, Ilmu Hukum, Bandung, Citra Aditya Bhakti, 2000, hlm.53
![](https://journal.uir.ac.id/public/journals/9/submission_17329_18890_coverImage_en_US.jpg)