PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Riri Mayliza Program Doktor Ilmu Manajemen, Universitas Andalas
  • Arie Yusnelly Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri SUSKA Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7616

Keywords:

Dewan Komisaris, Komite Audit, Islamic Corporate Social Responsibility

Abstract

P

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap Islamic Corporate  Social Responsibility (ICSR) pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan memanfaatkan aplikasi SmartPLS dan menerapkan teknik  Structure Equation Model (SEM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kuantitatif dengan data sekunder, di mana populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 Bank Umum Syariah (BUS) yang ada di Indonesia proporsi Komisaris Independen, jumlah rapat Dewan Komisaris, proporsi Komite Audit, jumlah rapat Komite Audit pada Bank Umum Syariah di Indonesia dalam periode waktu selama 5 tahun (2014-2020). Penelitian ini menghasilkan penemuan yang menarik di antaranya adalah bahwa  terdapat pengaruh positif signifikan proporsi Dewan Komisaris Independen terhadap Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR). Juga terdapat pengaruh positif signifikan ukuran Dewan Komisaris terhadap Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR). Namun, tidak terdapat pengaruh ukuran Komite Audit terhadap Islamic Corporate Sosial Resposibility (ICSR), serta tidak berpengaruh jumlah rapat Komite Audit terhadap Islamic Corporate Sosial Resposibility (ICSR).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina, Nur., & Sabeni, Arifin. 2014. Analisi Rasio Keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia Periode tahun 2008-2011. Diponegoro Journal of Accounting, 3(1), p. 1-15.

Arifani, Rizky. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal FEB Universitas Brawijaya, 1(2).

De Zoort, F. T. 2002. An investigation of audit committees' oversight responsibilities. ABACUS, 33(2), p. 208-227.

Djakfar, Muhammad. 2012. Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Penebar Plus. Jakarta.

Fauziah, Khusnul & Yudho P. J. 2013. Analisis Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks. Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(1), p. 12-20.

Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI). 2002. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan). Citra Graha. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hariati, Isnin., & Rihatiningtyas, Y.W. 2015. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XVIII Medan.

Hendrik, Budi Untung. 2008. Corporate Social Responsibility. Sinar Grafika. Jakarta.

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). 2006. Pedoman Umum GCG Indonesia. Jakarta.

Musibah, Anwar Salem., & Wan Sulaiman. 2013. Impact of Intellectual Capital on Corporate Social Responsibility Evidende from Islamic Banking Sector in GCG. International Journal of Finance and Accounting, 2(6), p. 307-211.

Rustam, Bambang Rianto. 2013. Manajemen Resiko Perbankan Syariah di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Sembiring, 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Paper Presented at the Seminar Nasional Akuntansi, Solo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.

Wardani, Eka Ayu. 2015. Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Reputasi Perusahaan dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Simposium Nasional AkuntansiXVIII Medan.

Wardhani, S. R., & Cahyonowati, N. 2011. Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Karakteristik Corporate Governance Pada Sektor Finansial. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 7(2), p. 182-202.

Downloads

Published

2021-09-06