PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN SHARIA COMPLIANCE TERHADAP FRAUD PADA BANK UMUM SYARIAH

Authors

  • Azwirman Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Ari Suryadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Novriadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).12714

Keywords:

ICG, IsIR, PSR, ZPR, Fraud

Abstract

Berorientasi pada profit maximizer merupakan tujuan perbankan selaku institusi. Sebagai lembaga intermediasi keuangan maka bisnisnya didasarkan atas kepercayaan dari pihak yang terkait baik pihak pendana maupun pihak yang membutuhkan pembiayaan. Oleh sebab itu, perbankan syariah harus melaksanakan sharia compliance untuk mencegah terjadinya kecurangan yang dapat menurunkan kepercayaan pihak-pihak yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Islamic Corporate Governance, Islamic Income Ratio, Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio terhadap Fraud pada bank umum syariah, baik secara simultan maupun parsial. Bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2021 adalah populasi dalam penelitian. Purposive sampling digunakan dalam menentukan sampel sebesar 11 sampel. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan juga analisis regresi logistik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Income Ratio dan Profit Sharing Ratio berpengaruh terhadap probabilitas suatu bank umum unutk melakukan Fraud sedangkan Islamic Corporate Gevernance dan Zakat Sharing Ratio tidak berpengaruh terhadap probabilitas suatu bank umum untuk melakukan Fraud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori. 2014. Implementasi Islamic Corporate Governance dan Implikasinya Terhadap Kinerja Bank Syariah. Jurnal Dinamika Akuntansi, 6(1), p. 90-102.

Budiman, Fajar. 2016. Pengaruh Sharia Compliance dan Islamic Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2012-2016. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Donna, Duddy Roesmara. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Penggunaan Lembaga Bank Syariah: Studi di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawistara : Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 2(3), p. 285-295.

Falikhatun., & Assegaf, Yasmin Umar. 2012. Bank Syariah di Indonesia: Ketaatan Pada Prinsip-Prinsip Syariah dan Kesehatan Finansial. Proceeding of Conference in Business, Accounting and Management (CBAM), 1(1), p. 245-254.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan penerbit UNDIP. Semarang.

Hafida, Andi Safitri. 2012. Implementasi Shariah Enterprise Theory Melalui Value Added Statement Untuk Menilai Tanggung Jawab Perbankan Syariah Kepada Stakeholders. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Hasanah, Uswatun. 2015. Kepatuhan Prinsip-Prinsip Syariah dan Islamic Corporate Governance Terhadap Kesehatan Finansial pada Bank Umum Syariah. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Hidayah, Nur., Purnomo, Djauhar Edi Purnomo., & Hidayah, Rini. 2020. Pengaruh Sharia Compliance Dan Islamic Corporate Governance Terhadap Kesehatan Finansial Perbankan Syariah. Jurnal Neraca, 16(2), p. 1-28.

Maradita, Aldira. 2014. Karakteristik Good Corporate Governance Pada Bank Syariah dan Bank Konvensional, Yuridika, 29(2), p. 191-204.

Muhammad, Rifqi., Kusumadewi, Ratna., & Saleh, Samsubar. 2019. Analisis Pengaruh Sharia Compliance dan Islamic Corporate Governance Terhadap Tindakan Fraud. Iqtishadia Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 6(1), p. 65-78.

Najib, Haifa., & Rini. 2016. Pengaruh Sharia Compliance dan Islamic Corporate Governance Terhadap Fraud Bank Syariah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 4(2), p. 131-146.

Pramono, Nugroho Heri. 2013. Optimalisasi Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil pada Bank Syariah di Indonesia, Accounting Analysis Journal, 2(2), p. 154-162.

Rahmanti, Virginia Nur. 2013. Mengapa Perbankan Syariah Masih Disamakan dengan Perbankan Konvensional?, Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam (IMANENSIA), 1(1), p. 62-74.

Tuanakotta, Theodorus M. 2012. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatis Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.

Wardayati, Siti Maria. 2011. Implikasi Shariah Governance terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), p. 1-24.

Downloads

Published

2023-05-08