PENGARUH PROFITABILITAS, PENGHARGAAN, DAN ISLAMIC GOVERNANCE SCORE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2012-2016)
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(2).2815Keywords:
Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Penghargaan, Islamic Govermance ScoreAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, penghargaan, Islamic governance score, terhadap pengungkapan Islamic social reporting pada bank umum syariah yang terdaftar di OJK. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari official website dengan populasi 13 bank umum syariah di Indonesia. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebanyak 11 bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2012-2016. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda dengan program SPSS IBM 21 dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t, uji f, dan determinasi (R2). Hasil analisis data atau regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas dan variabel Islamic governance score tidak memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Sedangkan variabel penghargaan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Secara simultan profitabilitas, penghargaan, dan Islamic governance score berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh Islamic social reporting sebesar 31,1% sedangkan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.
Downloads
References
Anas, A., H. M. A. Rashid, and H. A. Annuar. 2015. The effect of award on CSR disclosures in annual reports of Malaysian PLCs. Social Responsibility Journal, Vol. 11 Iss 4 pp. 831 – 852.
Astuti, T. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Leverage terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Tahun 2010-2012). Jakarta Islamic Index. Artikel 26 Februari 2013.
Asyhari, L. 2015. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Islamic Social. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21
Update PLS Regresi. Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi dan Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan.UPP AMP YKPN. Yogyakarta.
Haniffa, R., 2002. Social Reporting Disclosure An Islamic Perspective. Indonesian Management Research, Vol.1(2):128-146 .
Iqbal dan Mirakhor. 2008. Pengantar Keuangan Islam. Prenada media Group. Jakarta.
Mutiara, K. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting. Skiripsi Fakultas Ekonomi dan Bisni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Novrizal, Muhammad Fajrul & Fitri, Meutia. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2012-2015 dengan Menggunakan Islamic Social Reporting (ISR) Index sebagai Tolok Ukur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi. Vol. 1 No. 2.
Rama, Ali. 2014. Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting: Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 2, No.1.
Rosiana, R. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Islamic Governance Score terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 5, No, 1.
Sofyani, et al. 2012. Islamic Social Reporting Index Sebagai Model Pengukuran Kinerja Sosial Perbankan. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol 4 No.1.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Taufik, dkk. 2015. Pengaruh Islamic Governance Score, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Islamic Social Reporting Index pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. 13 (2), 177-198.