PENGARUH PENDAPATAN, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN SOSIALISASI TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT UNTUK BERWAKAF DI YAYASAN AL-BAYAN PANGKALAN KERINCI
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).21144Keywords:
Kemampuan Berwakaf, Pengelolaan Aset Wakaf, Ekonomi SyariahAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh variabel pendapatan, tingkat pendidikan, dan sosialisasi terhadap kemampuan masyarakat dalam berwakaf di Yayasan Al-Bayan Pangkalan Kerinci. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendapatan, tingkat pendidikan, dan sosialisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan masyarakat untuk berwakaf. Variabel pendapatan dengan nilai statistik 2,414 dan p-value 0,016 menunjukkan bahwa semakin tinggi pendapatan masyarakat, semakin besar kemampuan mereka untuk berwakaf. Variabel tingkat pendidikan dengan nilai statistik 1,996 dan p-value 0,046 menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin besar kemampuan masyarakat untuk berwakaf. Variabel sosialisasi dengan nilai statistik 1,996 dan p-value 0,000 menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat sosialisasi, semakin besar kemampuan masyarakat untuk berwakaf. Penelitian ini juga menyoroti peran strategis ekonomi syariah dalam pengembangan wakaf di Yayasan Al-Bayan Pangkalan Kerinci melalui pengelolaan aset wakaf secara produktif dan kolaborasi dengan lembaga keuangan syariah. Yayasan Al-Bayan Pangkalan Kerinci memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi syariah melalui pemanfaatan aset wakaf seperti tanah dan bangunan secara produktif serta kemitraan strategis dengan lembaga keuangan syariah. Saran yang diberikan meliputi peluncuran program pendidikan keterampilan yang relevan dengan industri lokal dan pembentukan kelompok kerja sama masyarakat untuk mendukung pengembangan usaha mikro serta pengentasan kemiskinan.
Downloads
References
‘Ula, Tajul., & Abdillah, Muhammad Alwin. 2023. Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Penggunaan E-Wakaf Serta Perannya Dalam Mendorong Generasi Muda Berwakaf. Jurisprudensi : Jurnal Ilmu Syariah, Perundangan-Undangan Dan Ekonomi Islam, 15(1), p. 139–156.
‘Ula, Tajul., & Midesia, Shelly. 2023. Mengenal Lebih Dekat Wakaf Produktif. Mega Press Nusantara. Jawa Barat.
Abdillah, Willy., & Hartono, Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Andi offset. Yogyakarta.
Afandi, Ahmad., Harahap, Darwis., & Lubis, Maisarah. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wakif Dalam Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Dengan Altruisme Sebagai Variabel Moderasi. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 15(1), p. 50–66.
Ainulyaqin, Muhammad Hamdan., Rahmat, Adrianna Syariefur., & Kudana, Done. 2022. Determinants of Waqf Interest In Jakarta Al-Azhar Waqf Institution. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), p. 250–266.
Aiyubbi, Dityawarman El., Wijayanti, Diana., & Trisanty, Aidha. 2021. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Literasi Tentang Wakaf Tunai Dan Keputusan Untuk Berwakaf Tunai Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banking and Management Review, 10(2), p. 1476-1484.
Badan Wakaf Indonesia. 2023. Daftar Nazhir Wakaf Uang. Badan Wakaf Indonesia.
Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Fathkan., & Anwar, Moch Khoirul. 2022. Pengaruh literasi dan pendapatan terhadap keputusan berwakaf yang melalui LKS-PWU di Kota Surabaya. Fair : Jurnal Ilmiah Akutansi Dan Keuangan, 5(1), p. 141-149.
Ilmiah, Dunyati. 2020. Peran Perbankan Syariah Dalam Implementasi Wakaf Uang Untuk Pengembangan Industri Halal Di Jawa Timur. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), p. 1–20.
Irfany, Muhammad Iqbal., Albajili, Abi Nubli., & Nurhalim, Asep. 2022. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat dalam Memilih Wakaf Uang. Al-Awqaf : Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 15(2), p. 1-25.
Maheri, Faizal Hamdan. 2022. Wakaf Tunai Di Kalangan Mahasiswa (Studi kasus Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Mubarok, Jaih. 2019. Wakaf Produktif. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Nadya, Prameswara Samofa., & Iqbal, Muhammad. 2021. Pengaruh Karakteristik Calon Wakif dalam Keputusan Berwakaf Uang. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 8(2), p. 162–175.
Nisa, Atikah Hairun. 2017. Faktor-faktor yang Memengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Wakaf Uang di Kota Bogor. Skripsi, Fakultas Ekonomi Intitut Pertanian Bogor.
Qahaf, Mundzir. 2005. Managemen Wakaf Produktif. Khalifah. Jakarta.
Qardawi, Yusuf. 2004. Hukum Zakat: Studi Komparatif Mengenai Status dan Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an dan Hadits. Universal Law Publishing. Bogor.
Rokhlinasari, Sri., & Widagdo, Ridwan. 2023. Zakat, Keuangan Inklusif dan Instrumen dalam mewujudkan SDGs dan Maqashid Syariah. CV Elsi Pro. Cirebon.
Rositanti, Meilinia., & Hasanah, Neneng. 2022. Hal-Hal yang Memengaruhi Keputusan Wakif untuk Berwakaf Uang di Kabupaten Purworejo. Al-Muzara’Ah, 10(1), p. 59–78.
Schiffman, Leon G., & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Consumer Behaviour. Pearson Prentice Hall. United State.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran, Edisi ke 4. Andi. Yogyakarta.