TRANSPARANSI DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KEPERCAYAAN MEMBAYAR ZAKAT PADA MUZAKKI GENERASI Z DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Muhammad Yusuf Aria Widjaja Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik
  • Fellasufah Diniyah Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur
  • Afifah Fitriana Program Studi Manajeme Zakat dan Waqaf, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lutfiyatul Maghfiroh Program Studi Manajeme Zakat dan Waqaf, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).18456

Keywords:

Tranparansi, Religiusitas, Kepercayaan, Zakat, Generasi Z

Abstract

Generasi Z merupakan kelompok generasi muda yang baru menyelesaikan pendidikan tinggi dengan pengetahuan terbatas mengenai zakat. Penelitian ini memiliki perbedaan dari penelitian sebelumnya dengan menggunakan pembahasan subjek Generasi Z di era society 5.0. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner yang diolah program SPSS dimana pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinieritas serta uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel transparansi (X1) dan tingkat religiusitas (X2) secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepercayaan membayar zakat pada muzakki generasi Z. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah peneliti selanjutnya menambahkan variabel lain dalam mempengaruhi tingkat kepercayaan muzakki. Sedangkan lembaga penghimpun dana zakat dapat terus meningkatkan transparansi secara online dan ajakan dalam meningkatkan religiusitas masyarakat agar mendapatkan kepercayaan dari calon muzakki diberbagai kalangan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Yusuf Aria Widjaja, Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik

Program Studi Ekonomi Syariah Tahun Masuk 2018 Genap

PDDIKTI : Link 

Sinta ID: 6711428 (Link)

Google Scholar : Link

 

Fellasufah Diniyah, Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur

Program Studi Ekonomi Syariah, Tahun Masuk 2023 Ganjil

PDDIKTI: Link

Sinta ID : 6852872 (Link)

Google Scholar: Link

Afifah Fitriana, Program Studi Manajeme Zakat dan Waqaf, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf

Lutfiyatul Maghfiroh, Program Studi Manajeme Zakat dan Waqaf, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf

References

Ahmed Shaikh, Salman., & Ghafar Ismail, Abdul. 2017. Role of Zakat in Sustainable Development Goals. International Journal of Zakat, 2(2), p. 1–9.

Al-Faizin, Abdul Wahid., Insani, Taqiyah Dinda., & Widiastuti, Tika. 2017. Zakat as an Obligatory System and its Implications for Social Psychology of Society (Social Tafsīr of Sūrah Al-Tawbah: 103). International Journal of Zakat, 2(2), p. 43–53.

Ali, Husin., Naping, Hamka., Arifin, Ansar., & Tang, Mahmud. 2023. Religious Character Education Based On Local Wisdom For Students In Gorontalo City. International Journal of Science and Research Archive, 8(1), p. 260–266.

Alim, Muhammad Nurul., Basri, Yuswar Z., & Maryanti, Tatik. 2020. Financial Determinants In Zakat Institution Management Effecting muzakky loyalty In Indonesia. International Journal of Business and Management, 9(2), p. 35–47.

Ardiani, Ninda. 2019. the Efficiency of Zakat Collection and Distribution: Evidence From Data Envelopment Analysis. Al-Uqud : Journal of Islamic Economics, 3(1), p. 54-69.

As Shadiqqy, Muhammad. 2019. Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Jarak Lokasi, Tingkat Pendidikan dan Akses Informasi Terhadap Minat Masyarakat untuk Berwakaf Uang di Badan Wakaf Uang Tunai MUI DIY. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), p. 249-262.

Elmi, Nur Faznita. 2020. Pengaruh Manajemen Zakat, Transparansi Laporan Keuangan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Fachry, Muhammad., Darmawati., Rahmah, Fitria., & Rahmatullah, Nur. 2021. Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur. Borneo Islamic Finance and Economics Journal, 1(1), p. 11–20.

Fikram. 2023. Strategi Pengelolaan Dana Zakat Sebagai Upaya Menanggulangi Kesenjangan Sosial Pada Masyarakat (Studi Kasus BAZNAS Kota Polewali Mandar). Skripsi, Fakultas Ekoonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Fitri, Lailatul., & Falikhatun. 2021. Religiosity, Literacy, Income and Accessibility to Awareness in Professional Zakah Payment. International Journal of Zakat, 6(1), p. 39–48.

Hasanah, Noor., & Huriyah. 2022. Religius Radikal: Dualisme Gen-Z dalam Mengekspresikan Kesadaran Beragama dan Kesalehan. Jurnal Penelitian, 16(1), p. 23-52.

Hayati, Riska Fauziah., Arnes, Okto Viandra., & Kirin, Arwansyah Bin. 2023. Innovation of Online Zakat Institutions: Opportunities And Challenges In The Era Of Smart Society 5.0. MILRev : Metro Islamic Law Review, 2(2), p. 175-185.

Ikhwandha, Mohammad Fahmi. 2018. Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Kepercayaan Efektif dan Kognitif Terhadap Minat Bayar Zakat Melalui Lembaga Zakat. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indonesia.

Kabib, Nur., Al Umar, Ahmad Ulil Albab., Fitriani, Ana., Lorenza, Lora., & Mustofa, Muammar Taufiqi Lutfi. 2021. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), p. 341-349.

Larasati, Sheila Aulia Eka. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Rendahnya Minat Masyarakat Muslim Berzakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Studi Kasus Masyarakat Desa Sisumut). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Luntajo, Moh Muzwir R., & Hasan, Faradila. 2023. Optimalisasi Potensi Pengelolaan Zakat di Indonesia melalui Integrasi Teknologi. Al-’Aqdu: Journal of Islamic Economics Law, 3(1), p. 14-28.

Muthoifin., & Al-Khobari, Nizar. 2021. Didin Hafidhuddin Thinking about The Concept of Zakat Distribution. Proceeding International Conference on Sharia and Legal Studies (ICSLS), 1, p. 35-43.

Mutmainah, Luyilatul. 2018. Implementasi Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat melalui Penyediaan Informasi dan Internet Financial Reporting pada Website. Jurnal Middle East and Islamic Studies, 5(2), p. 166–189.

Noviarita, Heni., Afiana, Syara Dwi., Indahsari, Leny., & Nurhayati, Dwi. 2022. Analisis Zakat sebagai Sumber Kekayaan Negara. Bukhori: Kajian Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(1), p. 17–28.

Nur, Muhammad. 2023. Determinan Minat Masyarakat Membayar Zakat dan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. At Tawazun: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), p. 20–29.

Purwadani, Eldiana., & Ridlwan, Ahmad Ajib. 2022. Millennial Intention to Pay Zakat: The Effect of Religiosity and Attitudes. Ziswaf: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 9(1), p. 73-92.

Putra, Trisno Wardy., Winda., Nurwahida., Muntu, Andri Tenri Sri., & Wahyu, Muh Nur. 2022. The Effect of Religiousity and Subjective Norms on The Interest of Generation Z In Cash. Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), p. 162–170.

Rakhmania, Nabila Akhiris. 2018. Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan dan Pengetahuan terhadap Minat Muzakki mengeluarkan Zakat melalui Lembaga Amil Zakat di Kota Malang. Jurnal Mahasiswa FEB, 6(2), p. 1-15.

Rokhimah, Mamik. 2021. Pengaruh Religiusitas, Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi: Lembaga Zakat Nu Care-Lazisnu Lowokwaru, Kota Malang). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Binsis Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Safitri, Ika Zuniati Rozi. 2022. Praktek Distribusi Zakat, Infaq Dan Sedekah Untuk Mengurangi Kemiskinan Oleh Baznas Kabupaten Jepara Tahun 2020. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Intitut Aagama Islam Negeri Kudus.

Saputra, Fandi Eko. 2021. Pengaruh Religiusitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Konsistensi Muzakki Dalam Menunaikan Zakat di LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Widjaja, Muhammad Yusuf Aria. 2020. Konsep Spiritual Leadership Menghidupkan Sunnah Harian Nabi Muhammad dalam Pembentukan Karakter SDI di Era Millenial. SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 02(01), p. 69-84.

Widjaja, Muhammad Yusuf Aria., & Isnaini, Julianinggar Lusiana. 2021. Pengaruh Sistem Kompensasi Dan Pembinaan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat). Saujana : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 03(02), p. 71–92.

Widjaja, Muhammad Yusuf Aria., Ningrum, Ghosyi Harfiah., Firnanda, Reza Dwi., & Anila, Lia Nor. 2021. Efektivitas Kinerja Amil dan Motivasi Internal terhadap Intensitas Muzaki dalam Berzakat Melalui Lembaga Amil Zakat di Jawa Timur. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), p. 1749-1766.

Widyanata, Fera., Nasirun, Noraini., & Kusumawardani, Media. 2022. Institutional performance of the Amil Zakat Institution in Palembang City: National Zakat Index approach. Al-Uqud : Journal of Islamic Economics, 6(1), p. 124–141.

Yunizar., & Danel, Ola. 2023. Determinants of Muzakki Decision-Making to Pay Zakat in Baitulmaal Muamalat. Journal of Islamic Economic Laws, 6(1), p. 108–126.

Yusanto, Muhamad Ismail., & Widjajakusuma, M. K. 2002. Menggagas Bisnis Islam. Gema Insani. Jakarta.

Downloads

Published

2024-11-24