ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP ZAKAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA TELUK MERBAU KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK

Authors

  • Daharmi Astuti Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Rezeki Arnanda Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6254

Keywords:

Pengetahuan, Masyarakat, Desa Teluk Merbau, Zakat Perkebunan Kelapa Sawit

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa persoalan pertama, masih terbatasnya pengetahuan masyarakat terhadap zakat kadar atau nishab zakat perkebunan. Kedua, kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar zakat perkebunan. Ketiga, rendahnya jumlah pengumpulan zakat dari potensi zakat yang seharusnya terkumpul, khususnya dari aspek zakat perkebunan kelapa sawit. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat terhadap zakat perkebunan kelapa sawit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan masyarakat terhadap zakat perkebunan kelapa sawit. Subjek penelitian ini adalah Masyarakat Desa Teluk Merba. Sedangkan objek penelitian ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat Desa Teluk Merbau terhadap zakat perkebunan kelapa sawit. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengumpulan data ialah menggunakan angket. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dan analisis deskriptif dimana proses perhitungan menggunakan SPSS For Windows versi 23.0. dengan sampel penelitian sebanyak 84 orang. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis tingkat pengetahuan masyarakat Desa Teluk Merbau terhadap zakat perkebunan kelapa sawit yang diperoleh dari jawaban responden dapat disimpulkan P = 66,80% yang berarti analisis tingkat pengetahuan masyarakat Desa Teluk Merbau terhadap zakat perkebunan kelapa sawit tergolong “kuat atau mengetahui” dengan persentase 61%-80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Daharmi., Rusby, Zulkifli., & Zulbaidi. 2018. Manajemen Pengelolaan Zakat di UPZ Instansi Pemerintah Provinsi Riau. Al-Hikmah : Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 1412-5382.

Astuti, Daharmi., Rusby, Zulkifli., & Zulbaidi. 2017. Implementasi Zakat Profesi di UPZ Pemerintah Provinsi Riau. Al-Hikmah : Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1412-5382.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad dan Hawwas, Abdul Wahab Sayyed. 2013. Fiqih Ibadah, (Penerjemah: Kamran As’at Irsyady). Amzah. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2016. Data Letak Geografis Provinsi Riau.

Bakhtiar, Amsal. 2010. Filsafat Ilmu, Rajawali Pers. Jakarta.

Canggih, Clarashinta., Fikriyah, Khusnul., & Ach Yasin. 2017. Inklusi Pembayaran Zakat di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3 (1), 1-11.

H. Rasjid, Sulaiman. 2014. Fiqih Islam. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Mardani. 2013. Fiqih Ekonomi Syariah: Fiqih Muamalah. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.

Misbahudin dan Hasan, Iqbal. 2014. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta.

Mufrain, Arif. 2018. Akutansi Dan Manajemen Zakat. Prenamedia Group. Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Andi Offset. Yogyakarta.

Qardawi, Yusuf. 2011. Hukum Zakat, Litera Antar Nusa. Jakarta.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar statistik. Alfabeta. Bandung.

Sanusi, Anwar. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Soemitra, Andri. 2010. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Soyomukti, Nurani. 2016. Pengantar Filsafat Umum. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.

Downloads

Published

2021-05-01