ANALISIS PENGELOLAAN DANA ZAKAT TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM DI PROVINSI RIAU

Authors

  • Rona Naula Oktaviani Program Doktoral Ekonomi-Akuntansi, Universitas Trisakti
  • Nirdukita Ratnawati Islamic Economic Finance, Universitas Trisakti
  • Syafri Ekonomi Pembangunan, Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14923

Keywords:

Zakat, Pengelolaan Zakat, Pemberdayaan UMKM, BAZNAS

Abstract

Penyaluran zakat yang belum optimal dan tidak tepat sasaran akan menimbulkan permasalahan di masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem pemberdayaan dan prosedur pengelolaan dana zakat dalam memberdayakan UMKM yang dilakukan BAZNAS Provinsi Riau. Metode penelitian kualitatif dengan analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan datanya wawancara, studi pustaka, dokumentasi, serta menggunakan teknik triangulasi untuk pemeriksaan keabsahan temuan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membayar zakat, serta keberhasilan program-program yang dilakukan BAZNAS dalam meningkatkan pengumpulan dana zakat, terlihat dari total dana zakat yang diterima BAZNAS Provinsi Riau 2022 sebesar Rp. 38.658.173.204 dengan 10.577 muzzaki yang terdaftar. Disimpulkan bahwa sistem pemberdayaan dana zakat yang dilakukan BAZNAS, yaitu menggunakan sistem pemberdayaan dana zakat konsumtif dan produktif. Untuk sistem pengumpulan dana zakatnya menggunakan sistem online dan offline. Prosedur pengelolaan dana zakat dalam memberdayakan UMKM dilakukan dengan sistem usulan dari para karyawan BAZNAS atau UPZ dan sistem ajuan. Disarankan untuk sistem pemberdayaan dana zakat konsumtif juga perlu diutamakan agar tidak ada lagi fakir miskin yang kelaparan; untuk pemberdayaan dana zakat produktif hendaknya mendata secara berkelanjutan para mustahiq yang sudah menerima manfaat dari dana zakat yang diterima sebelumnya; untuk sistem ajuan perlu melakukan pengecekan secara diam-diam terhadap mustahiq agar tidak terjadinya pembohongan atas usaha yang ingin dibukanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zuhaily, Wahbah. 1995. Zakat Kajian Berbagai Macam Mazhab. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Anggaraini, Rahcmasari., Ababyl, Ryval., & Widiatuti, Tika. 2018. Pengaruh Penyaluran Dana ZIS dan Tingkat Inflasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 2011-2015. FALAH : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), p. 1-11.

Ansori, Teguh. 2018. Pengelolaan Dana Zakat Produktif untuk Pemberdayaan Mustahik pada LAZISNU Ponorogo. Muslim Heritage, 3(1), p. 165-183.

Bastomi, Hasan. 2018. Optimalisasi Potensi Zakat: Sebuah Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ummat. Jurnal MD, 4(2), p. 167-186.

Jedidia, Khoutem Ben., & Guerbouj, Khouloud. 2020. Effects of Zakat on The Economic Growth in Selected Islamic Countries: Empirical Evidence. IJDI: International Journal of Development Issues, 20(1), p. 126-142.

Mufidati, Kurnia. 2016. Peran Badan Amil Zakat dalam Memberdayakan UMKM melalui Zakat Produktif di Kota Surabaya. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Mukarromah, Lailatul., Prasetyandari, Cici Widia., & Ni’mah, Mamluatun., & Maulidayah, Nailin Nikmatul. 2023. Dampak Implikasi Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) pada Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Kabupaten Probolinggo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 6(1), p. 101-110.

Qardawi, Yusuf. 2009. Fiqh al Zakah : A Comparative Study of Zakah Regulations and Philosophy in the Light of Qur’an and Sunnah. Scientific Publishing Center King Abdul Azis University, Jeddah Kingdom of Saudi Arabia.

Sachfurrohman, Ghina Ulfa., Ekawati, Evi., Sukowicaksono, Nur Rachmad., Mustofa, Ulul Azmi., & Suharto. 2020. The Role of Zakat Community Development by BAZNAS Lampung in Empowering Communities Through Alternating Livestock Program (Study on Central Lampung Regency). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), p. 152-162.

Sari, Juwita Purnama. 2020. Analisis Pengelolaan Dana Zakat dalam Memberdayakan UMKM pada LAZIS Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Medan. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Sekaran, Uma., & Bougie, Roger. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 6. Salemba Empat. Jakarta.

Siregar, Nadra Khalizah., Muhammad Yafiz., & Syahriza, Rahmi. 2023. Potensi dan Peran Zakat terhadap Peningkatan Kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus terhadapa Balai Bina Mandiri Medan Denai). POPULER: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), p. 54-73.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta. Bandung.

Sukarni, Dewi., & Marlina, Lilis. 2022. Analisis Kontribusi Zakat Produktif terhadap Peningkatan Modal UMKM di Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus di Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), p. 4410-4415.

Utami, Siti Halida., & Lubis, Irsyad. 2014. Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2(6), p. 353-366.

Downloads

Published

2023-11-30