Pemanfaatan Aplikasi Presentasi Berbasis Internet (SAAS) Pada Anak-Anak Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kandis

Authors

  • Anggi Hanafiah
  • Rizky Wandri
  • Hendra Gunawan
  • Jerika Mardafora

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.11358

Keywords:

Presentasi, Prezi, Aplikasi

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kandis merupakan salah satu sekolah yang terletak di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Sekolah tersebut banyak mempunyai program yang diadakan oleh sekolah maupun dari luar sekolah. Seiring banyaknya kegiatan tersebut, banyak siswa-siswi tidak berani dalam mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan tidak mempunyai kepercayaan diri dalam memaparkan presentasi didepan umum. Dengan adanya keterbatasan waktu, sekolah hanya berfokus kepada pemberian materi-materi terkait kompetensi dan tidak berfokus kepada pelaksanaan teknis seperti pembuatan materi yang menarik dan interaktif. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka dilakukan pelatihan membuat presentasi yang menarik dan interaktif dengan memanfaatkan media internet (SAAS). Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu aplikasi prezi. Dengan adanya kegiatan PkM ini, selain bertujuan untuk memberikan informasi terkait aplikasi prezi, juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa-siswi SMK Negeri 1 Kandis dalam mempresentasikan materi. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilalui melalui beberapa tahapan antara lain persiapan dengan melakukan observasi langsung, penyampaian materi, dan melakukan evaluasi pelatihan. Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar berdasarkan respon dan antusian yang diberikan oleh guru dan siswa, yang mana dapat dilihat dari hasil respon yang didapatkan berdasarkan kuisioner yang diberikan sebesar 69.2% dengan sangat puas dan 30.8% dengan puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aotar, Adlim, & Safrida. (2015). Penerapan Presentasi Media Prezi Pada Materi Sistem Saraf Manusia Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Bukit. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 68–72.
Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezipada Matakuliah Analisis Vektor. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222.
Arifiya, N., Hartini, S., & Syafa’atun. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Prezi Di Lembaga Bimbingan Belajar Gama Ui Cabang Duren Tiga Jakarta Selatan. Abdimas Siliwangi, 03(02), 238–244.
Dewi, S., & Suryono, H. (2017). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Dan Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Educitizen, 2(2).
Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.
Irawati, I. (2018). Pengembangan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Prezi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 19–24.
Julhadi. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik (Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi). Edu Publisher.
Kadaruddin. (2014). Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Power Point. DeePublish.
Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466.
Nursita, L., Alifa, R. N., & Akmal, A. (2022). Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 1. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.556.
Purnomo, R., Fathurrozi, A., Prabandari, R. D., & Sugiyatno, S. (2020). Kolaborasi Pembuatan Presentasi Menggunakan Aplikasi Prezi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(1), 51– 58. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i1.56
Rahmat, Y. (2018). Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Didik. Yudha English Gallery.
Ratnaningsih, D., & Mei Ningsih, N. (2019). Bahan Ajar Kajian Puisi Berbasis Kearifan Lokal (Piil Pesenggiri) Dengan Dukungan Media Interaktif Prezi Presentation. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 27–34. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.50
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wasis, M. Y. R. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi u ntuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor Mohammad Yusuf Rodhi , Wasis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(02), 137–142.
Brock, Sabra, dan Brodahl, Cornelia. (2013). “A Tale of Two Cultures. Cross Cultural Comparison in Learning the Prezi Presentation Software Tool in the US and Norway”. Journal of Information Technology Education: Research, Volume 12, 2013, p.96
Rodhi, M.Y. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF)(Online), Vol.03 No. 02. 137-142
Ardini, A. I.G.A & Masakazu K (2020). Analisis Implementasi Software as a Service Pada Industri Perhotelan Di Daerah Bali. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol.9 No.2. Juli 2020 p, 193-203

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Hanafiah, A., Rizky Wandri, Hendra Gunawan, & Jerika Mardafora. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Presentasi Berbasis Internet (SAAS) Pada Anak-Anak Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kandis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.11358

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)