Perkembangan Portal Informasi Berbasis Website Di SMK YKWI Pekanbaru

Authors

  • Anggi Hanafiah
  • Hafiza Oktasia Nasution
  • Yudhi Arta
  • Rizky Wandri

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2024.16076

Keywords:

Website, Informasi, Sekolah

Abstract

Pengembangan portal informasi berbasis website adalah proses menciptakan platform digital yang memberikan kemudahan aksesibilitas informasi, memfasilitasi komunikasi efektif, meningkatkan efisiensi administrasi, meningkatkan transparansi, dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Kesatuan Wanita Islam (YKWI) Pekanbaru masih belum memiliki portal informasi berbasis website, sehingga banyak pihak kesulitan dalam mengakses informasi sekolah tersebut. Selama ini sekolah hanya memanfaatkan brosur, spanduk, dan media sosial seperti facebook dan instagram sebagai media informasi yang dianggap masih kurang efektif. Tujuan kegiatan PkM ini mengembangkan sebuah portal informasi berbasis website untuk memudahkan semua pihak dalam mendapatkan informasi seperti profil sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, kompetensi keahlian, berita, bahkan capaian dan program yang telah dilakukan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilalui beberapa tahapan antara lain tanya jawab terkait permasalahan informasi dan kebutuhan website yang akan dibuat, perancangan website, sosialiasi penggunaan website, evaluasi terkait website yang telah dibuat, serta laporan dan publikasi yang menjadi hasil akhir dari kegiatan PkM. Pelaksanaan kegiatan PkM ini dilakukan dengan memberikan pemahaman terhadap kemajuan teknologi terutama dalam perkembangan website di era society 5.0 sekaligus memberikan pelatihan langsung terkait pengelolaan website dengan melibatkan beberapa guru yang ditunjuk sebagai admin website sekolah. Adanya perkembangan portal informasi berbasis website ini memberikan dampak yang sangat positif bagi masyakat, sekaligus menyelesaikan permasalahan yang selama ini menjadi masalah terbesar sekolah dalam penyampaian informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, Rohi. 2018. 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Andik Prakasa Hadi, and Faiz Abdul Rokhman. 2020. “Implementasi Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pondok Pesantren Putra-Putri Addainuriyah 2 Semarang.” Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis 13(1): 39–49.

Andriyan, Wendy, Sarwan Septiawan Septiawan, and Annisa Aulya. 2020. “Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang.” Jurnal Teknologi Terpadu 6(2): 79–88.

Firman, Firman, Matahari Matahari, and Prisca Pricillia Bassay. 2023. “Pembuatan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Pada SS Negeri 42 Kota Sorong Menggunakan Wordpress.” JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) 4(2): 77–84.

Hanafiah, Anggi, Rizky Wandri, and Pandini Pandini. 2022. “Applications Soil Observation in the Field PT. Anugerah Sumber Makmur Minamas Research Center.” IT Journal Research and Development 7(1): 86–93.

Lumbangaol, Martin Halomoan. 2020. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Dan Penyewaan Properti Berbasis WEB Di Kota Batam.”

Maydianto, Maydianto. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop.”

Rosiana, Rosiana, and Golan Dianto. 2022. “ANALISIS DAMPAK PENGGUNA SMARTPHONE MEMPENGARUHI KARAKTER DAN MINAT BELAJAR ANAK.” Inculco Journal of Christian Education 2(2): 140–50.

Sarwono, Jonathan, and Y AULIA. 2015. “Bikin Website Itu Mudah.” Jakarta: Mediakita.

Tukino, Tukino. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Gangguan Dan Restitusi Pelanggan Internet Corporate Berbasis Web (Studi Kasus Di PT. Indosat Mega Media West Regional).” Jurnal Ilmiah Informatika 6(01): 1–10.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Hanafiah, A., Nasution, H. O., Arta, Y., & Wandri, R. (2024). Perkembangan Portal Informasi Berbasis Website Di SMK YKWI Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 5(1), 14–18. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2024.16076

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)