Pengenalan Dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa SMK YKWI Pekanbaru

Authors

  • Rizky Wandri Universitas Islam Riau
  • Suandi Daulay
  • Yudhi Arta
  • Anggi Hanafiah
  • Jerika Mardafora

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.11966

Keywords:

Teknologi, Pemrograman, Algoritma, Aplikasi Scracth

Abstract

Perkembangan teknologi semakin meluas menjadikan kebutuhan akan Pendidikan Ilmu Komputer meningkat, salah satu dasar dari ilmu komputer adalah algoritma pemrograman. Dimana akan belajar membangun instruksi dengan coding tertentu yang mana belajar coding berdampak pada kreatifitas dan mengasah soft skills pada anak. Salah satu mitra pada kegiatan PkM ini adalah SMK YKWI yang memiliki jurusan TKJ yang mana hanya mempelajari instalasi PC, LAN, memperbaiki dan mempelajari program PC. Dari permasalahan yang ada, perlu adanya sebuah kegiatan yang mengenalkan mereka tentang luasnya ilmu komputer, mengenalkan peserta didik tentang dasar algoritma akan menarik minat mereka untuk mengembangkan ilmu ke arah yang lebih baik. Dalam penerapannya mengenalkan algoritma dasar ini adalah hal yang membosankan, maka perlu dilakukan perubahan pola pembelajaran menggunakan aplikasi scratch dengan membuat game sederhana. Tujuan dari pelaksanaan Kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap pemrograman khususnya algoritma. Kegiatan dilakukan mencakup penyampaian materi terkait pemrograman dan algorima lalu praktik untuk mengimplementasikan algoritma dengan tema game sederhana. Dari kuesioner yang sudah disediakan, dapat ditarik penilaian, tingkat kepuasan peserta mencapai 100% dengan 78,9% peserta merasa Puas dan 21,1% sisanya peserta merasa sangat puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Shedriko and M. Firdaus, “Pengenalan Wajah dengan Algoritma Local Binary Pattern Histogram Menggunakan Python,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 272–281, 2022, doi: 10.33395/remik.v6i2.11557.
[2] R. Wandri, R. A. Febrian, A. Hanafiah, H. Gunawan, and M. R. Fadhilah, “Meningkatkan Pemahaman Dan Pelatihan Web Design Untuk Siswa SMK N 1 Kandis,” Jurnal Pengabdian Masyarakatdan Penerapan Ilmu Pengetahuan, vol. 3, no. 2, pp. 18–22, 2022.
[3] A. Premana, A. Pandhu Wijaya, R. R. Yono, S. N. Hayati, and U. M. Setiabudi, “Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game,” TEKINFO, vol. 23, no. 2, pp. 66–75, 2022.
[4] M. Mega Santoni, D. Sandya Prasvita, and M. Adrezo, “Coding for Kids Menggunakan Scratch Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri 4.0 bagi,” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 59–68, 2021.
[5] I. Fardian Anshori, S. A. Kaffah, N. Supa, and R. Setiawan, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Menggunakan Construct 2,” Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 5, no. 2, p. 275, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i2.5803.
[6] A. E. Widjaja, K. Prasetya, A. S. Putra, C. A. Haryani, and I. E. S Saraswati, “Pengenalan dan Pelatihan Dasar Algoritma Pemograman Menggunakan Aplikasi Thunkable Bagi Siswa SD St. Theresia Jakarta,” GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 12–24, 2022, [Online]. Available: https://www.sttheresia-jkt.sch.id/
[7] F. M. Putri, “Konsep Dasar Dalam Mempelajari Mata Kuliah Algoritma Pemrograman,” 2021.
[8] A. Zubaidi, A. Hidayat Jatmika, W. Wedashwara, and A. Zafrullah Mardiansyah, “Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratchbagi Siswa SD 13 Mataram,” JBegaTI, vol. 2, no. 1, pp. 95–102, 2021, [Online]. Available: http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/
[9] M. Ropianto, Algoritma & Pemrograman. Deepublish, 2018.
[10] M. R. Sholahuddin and F. Atqiya, “CodinGame sebagai Alat Bantu Latihan Pemrograman Berbasis Penyelesaian Tantangan,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 3, no. 1, pp. 17–28, Jun. 2021, doi: 10.17509/edsence.v3i1.35369.
[11] A. Nugroho, “Pengenalan Algoritma Pemrograman Melalui Simulasi Robot,” Seminar Nasional Informatika 2015(semnasIF 2015), pp. 1–7, 2015, [Online]. Available: http://www.robomind.net/en/download.html.
[12] A. H. Sulasmoro, Buku ajar algoritma dan pemrograman I. Penerbit P4I, 2022.
[13] T. Khairani Aritonang and F. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, “Pengenalan Algoritma Pada Pembelajaran Pemrograman Komputer,” 2022.
[14] Wulandari, D. A. Haftani, T. Ridwan, and D. I. H. Putri, “Pemanfaatan Platform Scratch dalam Pembelajaran Koding di Sekolah Dasar untuk mengasah kemampuan Computational Thinking pada Siswa,” Renjana Pendidikan1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, pp. 495–504, 2021, [Online]. Available: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
[15] S. J. Laily and Mulyani, “Pengembangan Media Quizland Berbasis Scratch Games Pada Pembelajaran Tematik Subtema Akudan Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 10, no. 6, pp. 1271–1280, 2022.
[16] A. H. Jatmika, I. W. Agus Arimbawa, A. Zubaidi, I. G. P. Wirarama, and A. Zafrullah, “Pengenalan Logika dan Algoritma Pemrograman Menggunakan Program Aplikasi Komputer Scratch Bagi Siswa Usia Tingkat Dasar di SD Negeri Model Mataram,” vol. 1, no. 3, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu
[17] G. B. Indrawan, I. G. Andiani Octavia, G. Arya Ardivan Pratama Saputra, I. G. Krishna Adi, I. G. Lanang Agung Andrayuga, and L. Joni Erawati Dewi, “Pelatihan scratch programming untuk anak-anak SD Umeanyar,” Unri Conference Series: Community Engagement, vol. 3, pp. 235–241, Nov. 2021, doi: 10.31258/unricsce.3.235-241.
[18] A. Zubaidi, A. Hidayat Jatmika, W. Wedashwara, and A. Zafrullah Mardiansyah, “PENGENALAN ALGORITMA PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH BAGI SISWA SD 13 MATARAM (Introduction to Algorithm and Programming using Scratch application for students in SD 13 Mataram).” [Online]. Available: http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/
[19] R. Abdilana, I. Gunawan, and ab Jurusan Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe, “J I I F K OM ( J u r n a l I l m i a h I n f o r m a t i k a & K o m p u t e r ) S T T R C e p u V o l. 1 N o. 0 1 ( 2 0 2 2 ) H a l Implementasi Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Scratch.”
[20] W. N. Widiningrum, W. Hardyanto, S. Wahyuni, P. Marwoto, and B. N. Mindyarto, “Meta-Analisis Media Scratch terhadap Keterampilan Computational Thinking Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika,” Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, p. 1, Apr. 2021, doi: 10.12928/jrkpf.v8i1.19433.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Wandri, R., Suandi Daulay, Yudhi Arta, Anggi Hanafiah, & Jerika Mardafora. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa SMK YKWI Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.11966

Issue

Section

Articles