AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA DESA PADA NAGARI PANYALAIAN KECAMATAN X KOTO SUMATERA BARAT

  • Nina Nursida Universitas Islam Riau
  • Shierly Tiara Princessa Universitas Islam Riau
  • Zulhelmy Universitas Islam Riau
Keywords: Akuntabilitas, transparansi, keuangan desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana desa yang ada di Nagari Panyalaian. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dengan beberapa informan terkait, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengelolaan Dana Desa di Nagari Panyalaian sudah akuntabel, tetapi belum optimal pada tahap pertanggungjawaan, pemerintah nagari menyampaikan laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBNagarinya pada bulan maret, yang mana seharusnya dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban tersebut paling lambat satu bulan setelah akhir tahun anggaran. Kemudian untuk Transparansi Pengelolaan Dana Desa di Nagari Panyalaian belum transparan, karena tidak terdapat papan informasi yang menjelaskan tentang kas masuk serta kas keluar dalam menyelenggarakan kegiatan pengelolaan keuangan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto, A. (2015). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Pulik. Pustaka Pelajar.

Faridah dan Suryono, B. (2015). Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 4, 5.

Fauzani, F. M., Purwati, A. S., & Sudjono, S. (2018). Analisis Persepsi Pengaruh Penyajian Laporan Pertanggungjawaban dan Aksesibilitas Terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Desa Cipaku Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 8(1), 1–15.

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Andi.

Marthadinata, R. (2017). Tata Pemerintahan yang Baik (Good Governance). An-Nahdhah,

(1).

Novitasari, A. D., & Harsasto, P. (2019). Akuntanbilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Dalam Penerapan Anggaran Dana Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(1), 121–130.

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/26345/23290

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Sangki, A. A., Gosal, R., & Kairupan, J. (2017). Penerapan Prinsip Transparansi Dan

Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Suatu Studi Di Desa Tandu Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Eksekutif, 1(1), 12.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Wiratna Sujarweni, V. (2015). Akuntansi desa : Panduan tata kelola keuangan desa. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

______,(2015). Akuntansi Sektor Publik: Teori, Konsep, Aplikasi.

Published
2022-08-31
Section
Articles
Abstract viewed = 249 times
PDF downloaded = 136 times