Makna Ambiguitas Pada Iklan di Televisi RCTI

Authors

  • Nur Indah Saputri Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/j-lelc.2022.10835

Keywords:

Ambiguitas, Pada Iklan, di Televisi.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Makna Ambiguitas Pada Iklan di Televisi RCTI”. Ambiguitas merupakan bentuk ujaran lisan maupun tulisan yang terjadi akibat penggunan bahasa yang tafsiran gramatikalnya bisa berbeda pada umumnya terjadi pada bahasa lisan. Ambiguitas adalah suatu bentuk ujaran yang mempunyai makna lebh dari satu akibat perbedaan tafsiran. Sehubungan dengan penelitian ini yaitu berkaitan dengan semantik, khusunya makna ambiguitas di dalam iklan televisi RCTI. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini dikarenakan ingin mengetahui dan mengungkapkan makna ambiguitas gramatikal dan leksikal pada iklan di televisi RCTI. Adapun masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah makna ambiguitas gramatikal yang terdapat pada iklan televisi RCTI? (2) Bagaimanakah makna ambiguitas leksikal yang terdapat pada iklan televisi RCTI?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis makna ambiguitas gramatikal dan leksikal pada iklan di televisi RCTI. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu iklan Di Televisi RCTI edisi 1 Mei s.d 31 Juni 2022. Teori yang dignakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Soenjono Dardjowidjojo, (2) Mansoer Pateda, (3)  Abdul Chaer, (5) Abdul Manaf. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 ambiguitas gramatikal yang terdapat pada iklan televisi RCTI. Ambiguitas gramatikal disebabkan oleh struktur kalimat yang dipakai kurang tepat, kurangnya kalimat penjelas, atau menggunakan kalimat istilah yang kurang tepat. Ambiguitas gramatikal sedikit ditemukan  dari pada ambiguitas leksikal. Ambiguitas leksikal yang terdapat dalam iklan di televisi RCTI sebanyak 31 data. Ambiguitas leksikal ini disebabkan akibat penggunaan istilah yang tidak tepat dan penggunaan kata yang sukar sepadan dengan teks bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfonso, M. N. (2021). Aspek Gramatikal Keambiguitasan Iklan Komersial Media Cetak Balipost. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3).
Asnawi, M. (2019). Perilaku Sintaksis Verba Bahasa Banjar Hulu: Tinjauan Fungsi Gramatikal. Jurnal Geram, 7(2).
Dardjowidjojo, S. (2005). Psikolinguistik: Penghantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Obor Indonesia.
Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Keraf, G. (1993). Komposisi. Nusa Indah.
Pateda, M. (2010). Semantik Leksikal. Rineka Cipta.
Putrayasa, I. G. N. K. (2017). Ketaksaan (Ambiguitas) Dalam Bahasa Indonesia. Universitas Udayana.

Published

2022-10-31

How to Cite

Saputri, N. I. (2022). Makna Ambiguitas Pada Iklan di Televisi RCTI. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 2(3), 19–24. https://doi.org/10.25299/j-lelc.2022.10835