Penyuluhan Pola Aktivitas Fisik Pada Siswa Sekolah Dasar untuk Menjaga Kebugaran Jasmani Saat Pandemi
Keywords:
Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani, Pandemic Covid -19Abstract
Penyuluhan tentang pola aktivitas fisik untuk siswa dalam menjaga kebugaran di masa pandemic aktivitas fisik sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya kekurangan gerak pada siswa. Alasan yang mendasari kegiatan ini adalah karena kami melihat banyaknya permasalahan dalam tingkat kebugaran dianggap sebagai permasalahan yang besar, solusi dari permasalahan tersebut memberikan sebuah program yang berhubungan dengan aktivitas gerak yang akan memberi manfaat. Keunggulan yang dimiliki dari pola ini adalah sebagai sebuah program yang dilakukan berdasarkan aktivitas yang sering dilakukan dan dapat meningkatkan kebugaran. Metode dalam penyuluhan ini menggunakan ceramah, diskusi, demonstrasi dan praktek. Aktivitas yang dilakukan dapat menyebabkan tingkat kebugaran jasmani menjadi baik. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah pola aktivitas untuk kebugaran bagi siswa. Program ini memberikan pemahaman sebuah aktivitas bagi siswa terkait dengan pola aktivitas fisik untuk kebugaran jasmani. Pelaksanaan kegiatan ini pertama pre -test penjelasan materi dan diskusi kemudian post -test. Berdasarkan hasil data dapat diketahui bahwa efektifitas penyuluhan pada semua nilai mengalami kenaikan dari pre-test dan post-test, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan efektif karena dapat menjaga kebugaran siswa secara signifikan.
Downloads
References
Bergmann, G. G., Bergmann, M. L. de A., Marques, A. C., & Hallal, P. C. (2013). Prevalência e fatores associados à inatividade física entre adolescentes da rede pública de ensino de Uruguaiana, Rio Grande do Sul, Brasil. Cadernos de Saude Publica, 29(11), 2217–2229. http://doi.org/10.1590/0102-311X00077512
Burhaein, E. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Chen, W., Hammond-Bennett, A., Hypnar, A., & Mason, S. (2018). Health-related physical fitness and physical activity in elementary school students. BMC Public Health, 18(1), 1–12. http://doi.org/10.1186/s12889-018-5107-4
Erwin, H. E., Stellino, M. B., Beets, M. W., Beighle, A., & Johnson, C. E. (2013). Physical education lesson content and teacher style and elementary students’ motivation and physical activity levels. Journal of Teaching in Physical Education, 32(3), 321–334. http://doi.org/10.1123/jtpe.32.3.321
Haskell, W. L., Lee, I. M., Pate, R. R., Powell, K. E., Blair, S. N., Franklin, B. A., … Bauman, A. (2007). Physical activity and public health: Updated recommendation for adults from the American College of Sports Medicine and the American Heart Association. Medicine and Science in Sports and Exercise, 39(8), 1423–1434. http://doi.org/10.1249/mss.0b013e3180616b27
Peter T. Katzmarzyk, P. (2018). Physical Activity for Children and Youth. Washington, DC.
Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/. Akses 9 juni 2022
Vincent, S. D., & Pangrazi, R. P. (2010). An Examination of the Activity Patterns of Elementary School Children, 432–441.
Published
How to Cite
Issue
Section
Accepted 2022-10-03
Published 2022-10-27