Profil Keterampilan Literasi Digital Siswa SMA di Era Teknologi Digital

https://doi.org/10.25299/baej.2024.19988

Authors

  • Yeyendra Yeyendra Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Islam Riau
  • Ibnu Hajar Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Islam Riau
  • Darmanto Darmanto SMAN 1 Batang Cenaku
  • Edi Junaidi SMAN 1 Batang Cenaku

Keywords:

Literasi digital, siswa SMA, keterampilan digital, keamanan digital.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan literasi digital siswa SMA berdasarkan tujuh variabel: Akses Informasi, Evaluasi Informasi, Penggunaan Informasi, Etika Digital, Kreativitas Digital, Kolaborasi Digital, dan Keamanan Digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan desain analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMAN 1 Batang Cenaku pada semester ganjil T.A. 2024/2025 yang terdiri dari 15 kelas. Angket yang digunakan memiliki skala Likert dengan pilihan jawaban Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Sampel terdiri dari 32 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi digital siswa secara umum berada pada kategori cukup hingga baik, dengan skor tertinggi pada variabel Etika Digital (4,4) dan terendah pada Keamanan Digital (3,5). Penelitian ini merekomendasikan penguatan program literasi digital berbasis sekolah, khususnya pada aspek keamanan digital, evaluasi informasi, dan kreativitas digital untuk meningkatkan keterampilan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aesaert, K., et al. (2019). The Role of Teacher Professional Development in ICT Integration. Computers in Human Behavior, 99, 149-160.

Buckingham, D. (2019). The Media Education Manifesto. Cambridge: Polity Press.

Chang, A. Y., et al. (2020). The Urban-Rural Digital Divide in Digital Literacy. Education and Information Technologies, 25(6), 561-576.

Fraillon, J., et al. (2020). International Computer and Information Literacy Study 2018. IEA.

Hatlevik, O. E., & Christophersen, K. A. (2013). Digital Competence at the Beginning of Upper Secondary School. Computers & Education, 64, 1-18.

Hidayati, N., & Nasir, M. (2020). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 234-245.

Hobbs, R. (2020). Digital and Media Literacy: Connecting Culture and Classroom. Thousand Oaks: Corwin Press.

Iriyani, S. A., Milla, D., Lede, Y. K., & Kholidi. (2023). Perkembangan Literasi Digital dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Bibliometrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1289-1301.

Kivunja, C. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills. International Journal of Higher Education, 4(1), 1-9.

Koltay, T. (2021). Digital Literacy in the Era of Fake News. Journal of Documentation, 77(2), 271-285.

Lankshear, C., & Knobel, M. (2015). Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices. New York: Peter Lang Publishing.

Martin, A. (2018). Digital Literacy and the Digital Society. Educational Technology & Society, 21(2), 151-162.

Ng, W. (2012). Can We Teach Digital Natives Digital Literacy? Computers & Education, 59(3), 1065-1078.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Putri Yusniati, B. K. (2023). Analisis Keterampilan Literasi Digital Siswa Kelas V SDN 1 Rarang Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 9264.

Sari, D. P., & Rahmawati, F. (2022). Membangun Literasi Digital di Kalangan Siswa SD/MI melalui Program Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 560-567.

Sari, D. P., & Rahmawati, F. (2022). Sosialisasi Literasi Digital Siswa dalam Bermedia Sosial di SMAN 2 Kota Ternate. Cendikia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 37896.

Siddiq, F., et al. (2017). Assessing Students' Digital Skills in the 21st Century. Education and Information Technologies, 22(5), 1085-1100.

Siregar, N. E., Nasution, M. K., & Siregar, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 7(1), 10-20.

Van Laar, E., et al. (2020). Digital Literacy Beyond ICT Skills. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1645-1665.

Yeyendra, Y., Mellisa, M., Hajar, I., Puspitasari, S., & Santika, R. (2024). Model online problem based learning (E-PBL) terintegrasi etnoekologi untuk meningkatkan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(1), 61-68.

Published

2024-12-29

How to Cite

Yeyendra, Y., Hajar, I., Darmanto, D., & Junaidi, E. (2024). Profil Keterampilan Literasi Digital Siswa SMA di Era Teknologi Digital. Biology and Education Journal, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.25299/baej.2024.19988