Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Respirasi untuk Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Yan Fitriana Universitas Islam Riau
  • Ibnu Hajar Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2021.14400

Keywords:

penelitian, pengembangan, LKPD, inkuiri, sistem respirasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri pada materi sistem respirasi yang layak digunakan untuk kegiatan belajar belajar siswa kelas XI SMA dengan menggunakan model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri dari tahapan penelitian pendahuluan, fase pengembangan atau prototipe, dan fase penilaian. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada fase pengembangan atau prototipe (development or prototyping phase). Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan jumlah sampel 30 orang siswa kelas XI SMA. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi oleh para ahli, yaitu ahli materi, ahli pembelajaran, ahli teknologi, dan guru. Selain itu, dilakukan juga uji kelayakan terbatas dengan menggunakan angket respon siswa yang diujicobakan kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan metode skala dengan modifikasi Likert. Hasil penelitian ini adalah berupa prototipe produk LKPD dalam bentuk buku pada materi sistem respirasi. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 90,00%. Hasil validasi ahli pembelajaran menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 100%. Hasil validasi ahli teknologi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 93,06%. Hasil validasi guru menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 90,34%. LKPD yang dikembangkan ini juga mendapatkan tanggapan sangat layak dari siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon siswa dengan rata-rata persentase 95,66% (sangat layak). Berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh LKPD berbasis inkuiri pada materi sistem respirasi untuk kelas XI SMA yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sebuah perangkat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, I.K & Sofan, A. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Ahmadi, I.K & Sofan, A. 2011. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Ainin, Moh. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Okara, Vol. 2, hlm. 95-110

Ajwar, M., Baskoro A.P., & Widha, S. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Inkuiri, Vol 4, No. 3, Hal. 127-135. (Diakses tanggal 18 Desember 2018).

Akbar, S. 2013. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Tabany, T.I.B. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ KTI). Jakarta: Kencana.

Andarika, N., dan Hening, W. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Studi Kasus Pembelajaran di Kelas X SMAN 6 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 5, No. 2, Hal. 87-93. (Diakses tanggal 23 Januari 2019).

Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristini, N.K.D., I Komang, S., & Putu, N.R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Untuk Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5, No. 2, Hal. 1-12. (Diakses tanggal 23 Januari 2019).

Cahyani, E.D. (2016). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Strategi Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Mts. Jurnal Varia Pendidkan. Vol. 28, No. 2, Hal. 140-149. (Diakses 18 Desember 2018).

Daryanto & Muljo, R. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Diantri, L.P.E. et al. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 7, No. 1, Hal. 33-48. (Diakses tanggal 28 Januari 2019).

Fathurrohman, P. & Sobry, S. 2011. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Istarani. 2014. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Istarani. 2016. 58 Model pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jumiati. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Serta Pemanfaatannya dalam Teknologi Kelas VIII SMP/Mts. Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Kurniasih, I., & Berlian, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, A. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasana, D. 2015. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nely, F. 2018. Pengembangan Modul Tanaman Obat Pada Materi Metabolit Sekunder Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau. Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Nurhafizah, Anandita, E.S., & Adi, P.K. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sel Kelas XI MA Raudhatul Firdaus Kubu Raya. Jurnal Bioeducation, Vol. 4, No. 1, Hal. 18-29. (Diakses tanggal 23 Januari 2019).

Oktaria, Y. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi. Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. (Diakses tanggal 15 Mei 2018).

Plomp, T. et. al. 2013. Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute For Curriculum Development.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tijauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Pribowo, F.S.P. 2018. Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 18, No. 1, Hal 1-12. (Diakses tanggal 22 Maret 2019).

Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Putri, B. K., dan Widiyatmoko. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMPN 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.-, No.-, Hal. 102-106. (Diakses tanggal 23 Januari 2019).

Rani, Islamiar Nur. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Dengan Pendekatan Guided Inquiry Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Diakses tanggal 5 Desember 2018).

Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizqiyana, A.Z. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA Negeri 4 Pekalongan. Skripsi. FMIPA UNNES. Semarang.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, E., Syamsurizal & Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Jurnal Edu-Sains, Volume 5, No. 2, hal. 8-17. (Diakses tanggal 17 Desember 2018).

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2012. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, E.N. 2018. Pengembangan Media Komik Pada Materi Struktur Dan Fungsi Organ Pada Sistem Pencernaan Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi. FKIP UIR Pekanbaru.

Yusuf, M.A. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zunaidah, F.N. & Mohamad, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 2, No. 1, Hal. 19-30. (Diakses tanggal 14 Maret 2019).

Published

2021-10-12

How to Cite

Fitriana, Y., & Hajar, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Respirasi untuk Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau Tahun Ajaran 2018/2019. Biology and Education Journal, 46–57. https://doi.org/10.25299/baej.2021.14400

Issue

Section

Articles