Implementasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 35 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25299/baej.2020.14408Keywords:
Implementasi, Program Adiwiyata, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis implementasi program Adiwiyata di SMP Negeri 35 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian survey, pengambilan data dilaksanakan pada bulan 02 Juni sampai dengan 12 Juni 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Pekanbaru yang berjumlah 60 orang siswa. Parameter yang diukur adalah angket mengenai persepsi siswa tentang implementasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 35 Pekanbaru dengan indikator program adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis pertisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan angket memiliki nilai rata-rata 81,8% berada pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi program Adiwiyata di SMPN 35 pekanbaru sudah berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan buku panduan adiwiyata yang telah ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
References
Ahmad Fajarisma Budi. 2014. “Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang”. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (Volume 2, Nomor 2, Juli 2014) Hlm. 166-173.
Arif Rohman. 2009. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama Yogyakarta.
Arikunto. S. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.
Darning et al. 2016. Peran Program Adiwiyata Dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa : Studi Kasus Di SMK N 2 Semarang. Jurnal Unnes. Vol 5(1).
Euis Karwati dan Doni Juni Priansa. 2015. Manajemen Kelas. Guru Profesional yang inspiratif, kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SDN Keputaran. Yogyakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Yogyakarta.
Haris Endang. 2018. Sekolah Adiwiyata. Jakarta: Erlangga
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. E-Book. Diakses dari http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/ pada tanggal 05 Februari 2020.
Kompri.2014. Manajemen Sekolah:Teori dan Praktik. Alfabeta:Bandung
Morissan. 2016. Metode penelitian Survei. Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.
Nugraheni, Rini AS. 2015. Pengaruh Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul, edisi 14 tahun IV agustus 2015 jurnal pendidikan.
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 02 Tahun 2009 Pasal 1 ayat 2 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2012 tentang Panduan Valuasi Ekonomi Ekosistim Hutan.
Prasetyo. B & Jannah. L.M. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Riduan & Sunarto. 2010. Pengantar Statistik. Bandung: Alfabeta
Riduan. 2015. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
Riduan. 2016. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarinah. 2016. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan. Surakarta: UNS Press
Undang-Undang No 32 Pasal 65 ayat 2 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Wahyuni, Devi D. 2016. Pendidikan Karakter MelaluiPenanaman Sikap Peduli LingkunganPada Siswa SMP Negeri 1 RawaloKecamatan Rawalo Kabupaten Banyuma, Skripsi Pendidikan Agama Islam IAIN purwokerto