Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Resti Nur Lailia Qodriani Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Rusman Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Keywords:

Hasil belajar, Metode Pembelajaran, Kuis Interaktif, Mentimeter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran kuis interaktif berbasis mentimeter untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya sebanyak 21 siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan satu tahapan pra-siklus dan dua tahapan siklus dengan tindakan yang berbeda. Pra siklus dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, sedangkan dua siklus selanjutnya menggunakan metode pembelajaran kuis interaktif berbasis mentimeter dengan perlakukan yang berbeda. Penilaian melalui kuis akan dilakukan pada setiap siklusnya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran kuis interaktif berbasis mentimeter. Hasil yang didapatkan pada pra siklus adalah rata-rata nilai siswa sebesar 45,7 dan  hanya 14,3% siswa yang lolos mencapai KKM. Kemudian hasil belajar siswa pada kuis siklus pertama menjadi 72,4 dan tingkat kelulusan siswa mencapai 38,1%. Pada siklus terakhir hasil rata-rata nilai siswa yang didapatkan sebesar 91,4 dan tingkat kelulusan 100%, yang artinya semua siswa memenuhi KKM sebesar 75. Simpulan berdasarkan hasil penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kuis interaktif berbasis mentimeter berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainul. “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran.” Edcomtech, vol. 1, no. 1, 2016.

Aditya, Dedy Yusuf. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Teknik Informatika : Universitas Indraprasta PGRI.” Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, vol. 1, no. 2, 2016.

Andrini, Vera S., and Hendrik Pratama. “Implementasi Quiz Interaktif dengan Software Mentimeter dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Mimbar Ilmu, vol. 26, no. 2, 2021.

Andrisyah, et al. “Pembuatan OAL Kuis Interaktif Berbasis Kahoot! Dan Quizizz di Lingkungan Guru Paud.” Jurnal Masyarakat Mandiri, vol. 5, no. 6, 2021.

Andrizal, and Ahmad Arif. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Sistem E-learning Universitas Negeri Padang.” Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi, vol. 17, no. 2, 2017.

Ardiningsih, Dini. “Pengembangan Game Kuis Interaktifsebagai Instrumenevaluasi Formatifpadamata Kuliah Teori Musik.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 1, 2019.

Deviana, Tyas, and Nawang Sulistyani. “Implementing Hots-Based Interactive Quizzes Oriented on Local Wisdom through Quizizz Application at Elementary Schools.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 10, no. 1, 2021, pp. 159 – 173.

Hasyyati, and Zulherman. “Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Daring.” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, 2021, pp. 2550–62.

Hayati, Najmi, et al. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota.” Jurnal Al-hikmah, vol. 14, no. 2, 2017.

Indriani, Tiara, et al. “Pengembangan Kuis Interaktif Tipe True/False untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika.” Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 3, no. 1, 2015.

Kuntanto, E. “Keefektifan Model Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi.” Journal Indonesian Language Education and Literature, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 99–110, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820.

Lusiani. “Penggunaan Aplikasi Mentimeter sebagai Upaya Motivasi Belajar Taruna Teknika pada Materi Mekanika Terapan.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 12, no. 2, 2021, https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8338.

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan, vol. 1, no. 1, 2013.

Mahmashony, S. “Optimalisasi Pengajaran Aqidah Dengan Google Classroom Dan Interactive Mentimeter Pada Prodi Farmasi FMIPA UII.” Journal of Information and Computer Technology Education, vol. 2, no. 1, 2018.

Meryansumayeka, et al. “Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika.” Journal Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 1, 2018, pp. 29–42, www.e-learning.unsri.ac.id.

Meryansumayeka, M., and N. Aisyah. “Pendesainan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Analisis Nilai Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum.” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, 2013, pp. 1–10.

Nugroho, Aji Arif, et al. “Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, 2017, pp. 197–203.

Nurdin, Syafruddin. “Guru Profesional Dan Penelitian Tindakan Kelas.” Journal of Educational Studies, vol. 1, no. 1, 2016.

Primasari, Rosita, et al. “Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakartaselatan.” Edusains, vol. 6, no. 1, 2014, pp. 68–72.

Putra, Gd Tuning Somara, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas Xi Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI, vol. 1, no. 2, 2013.

Republik Indonesia. “Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 1, 2020, www.kemendikbud.go.id.

Riskawati. “Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 SMKN 4 Bulukumba.” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 1, 2017.

Rukmasari, A. N. “Pembelajaran Daring: Ancaman Perusahaan EdTech pada Sekolah Ditengah Pandemi Covid-19.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 11, no. 1, 2021, pp. 30–36.

Rusman, and Asrori. Classroom Action Research. CV Pena Persada, 2020.

Sari, Rafika, et al. “Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi.” Journal of Computer Science Contributions (JuCosCo, vol. 1, no. 1, 2021.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Utami, Prihma Sinta, and Abdul Gafur. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri Di Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan IPS, vol. 2, no. 1, 2015, pp. 97–103.

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Resti Nur Lailia Qodriani, Asrori, & Rusman. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326–339. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689