Memahami Guru Pendidikan Islam dengan Manusia: Wawasan Kritis Pemikiran al-Ghazali dan Plato Menuju Guru Profesional Islami

Authors

  • Mohammad Karimulla Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Palas, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Ajeng Khodijah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).9256

Keywords:

Islamic Education Teacher, humanism, Al-Ghazali, Plato, Teacher Professionalism

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkonstruk guru pendidikan Islam professional ditinjau dari konsep manusia dalam pandangan Al-Ghazali dan Plato untuk membangun guru professional Islami masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konsep, yang mengkonstruk pemikiran manusia dari dua sumber primer yaitu “Ihya Ulumuddin” dan “Republik”, dan dinalisis dengan display data, reduksi data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep manusia dalam membangun guru pendidikan agama Islam untuk mewujudkan guru professional Islami dalam pemikiran Al-Ghazali dan Plato adalah nilai-nilai humanisme sebagai dasar bagi guru untuk mencapai kebahagiaan sempurna. Berdasarkan hal ini, maka guru pendidikan agama Islam ideal-professional adalah; selalu membersihkan jiwa agar menjadi teladan; tidak menomorsatukan upah sebab yang terpenting adalah kebahagiaan di akhirat; taat beribadah sebagai bentuk mencintai Tuhan; cerdas; menasihati murid untuk menjaga keutamaan jiwanya; mengajak murid untuk meluruskan niat; mengarahkan murid untuk beribadah sebagai bentuk mencintai Tuhan; mengarahkan mencari ilmu dan mengoptimalkan fungsi akal; memiliki sifat kasih sayang; dan  memahami karakteristik muridnya. Di masa depan, diperlukan penelitian eksperimen untuk mengembangkan guru professional Islami berbasis nilai-nilai kemanusiaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M. R. (2020). Pembentukan Akhlak Dalam Memanusiakan Manusia Perspektif Buya Hamka. Pekerti.

Adiyono, Adiyono, et al. "Skills of Islamic Religious Education Teachers in Class Management." Al-Hayat: Journal of Islamic Education 6.1 (2022): 104-115.

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Al-Jawi, M. S. (2012). Pendidikan Di Indonesia: Masalah Dan Solusinya. Khilafah.

Amma, T. (2018). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 70-78.

Anam, M. K. (2018). Proyek Filsafat Plato. Jakarta: Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran.

Andayani, S. (2021). Bermain Sebagai Sarana Penegmbangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur.

Ardana, N. A. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan. Ejournal.Unesa.Ac.Id.

Ardika, K. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Di Dalam Membeli Barang Bekas/ Barang Second. Jurnal Pacta Sunt Servanda.

Arsyad, M. (2020). Konsep Manusia Dan Pendidikan Dalam Pandangan Muhamad Naquib Al-Attas. Siasat.

Asmaya, E. (2018). Hakikat Manusia Dalam Tasawuf Al-Ghazali. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi.

Astuti, M. (2017). Fitrah-Based Education. Jmie : Journal Of Madrsah Ibtidaiyah Education, 80-94.

Ayu, Sovia Mas, and Marzuki Marzuki. "An assessment model of Islamic religion education teacher personality competence." REID (Research and Evaluation in Education) 3.1 (2017): 77-91.

Bakri, S. (2018). Pemikiran Filsafat Manusia Ibnu Miskawaih: Telaah Kritis Atas Kitab Tahdzib Al-Akhlaq. Al-A'raf: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat.

Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 19-31.

Habibi, I. (2018). Implementasi Humanisme Religius Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Mbs Al Amin Bojonegoro. Journal Of Annual Conference For Muslis Scholars.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah.

Hamzah, Hamzah, et al. "Implementation of Jigsaw type cooperative learning method to increase student learning activity in Fiqh learning during COVID-19." International Journal of Health Sciences I (2022): 4438-4446.

Hamzah, Hamzah, et al. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Harahap, M. (2017). Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna. Jurnal Al-Thariqah, 2527-9610.

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. El-Hikmah, 140-163.

Hidayat, T. (2018). Menggagas Pendidikan Islami: Meluruskan Paradigma Pendidikan Di Indonesia. Jpii.

Ikhwan, Afiful, Muhammad Farid, Ali Rohmad, and Aldo Redho Syam. "Revitalization of Islamic Education Teachers in the Development of Student Personality." 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019). Atlantis Press, 2020.

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah.

Irine, E. (2020). Gambaran Penerapan Pengetahuan Perawat H Tentang Posisi Ergonomis Dan Beban Kerja Terhadap Kejadian Low Back Pain Di Rumah Sakit Panti Rini Kalasan. Repository Stikes Panti Rapih.

Ismail, F. (2018). Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Iqra'.

Jaudi, J. (2017). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual (Iesq) Dalam Perspektif Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam.

Karyawan, I. N. (2011). Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses Pada Kelompok Mata Pelajaran Iptek Smp Di Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung . 3.

Khatib, S. (2018). Konsep Maqasid Al-Syariah: Perbadingan Antara Pemikiran Al-Ghazali Dan Al-Syathibi. Jurnal Ilmiah Mizani.

Khatib, S. (2018). Konsep Maqasid Al-Syariah: Perbadingan Antara Pemikiran Al-Ghazali Dan Al-Syathibi. Jurnal Ilmiah Mizani.

Laili, St Rohmatul, Triyo Supriyatno, and Abd Gafur. "Development of Islamic Religious Education Teacher Competency and Character Through Blended Learning." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5.2 (2022): 864-875.

Lavine, T. Z. (2020). From Socrates To Sartre The Philosophy Quest. Yogyakarta: Immortal Publishing Dan Octopus.

Maemunawati, S. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode, Dan Media Pembelajaran: Strategi Kbm Di Masa Pandemi Covid-19. Banten: Penerbit 3 M Media Karya.

Mahfud, Choirul, et al. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452.

Mahfud, Choirul, et al. "Islamic cultural and Arabic linguistic influence on the languages of Nusantara; From lexical borrowing to localized Islamic lifestyles." Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia 22.1 (2022): 11.

Mahfud, Choirul, Muyasaroh Muyasaroh, Ratna Rintaningrum, Niken Prasetyawati, Dyah SY Agustin, Ni Wayan Suarmini, Moh Saifulloh, Syahraini Tambak, Ika Yunia Fauzia, and Ahmad Munjin Nasih. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452.

Mahfud, Choirul. "Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java." Studia Islamika 25.3 (2018): 471-502.

Miskawaih, I. (1329). Tahdzib Al-Akhlaq. Mesir: Kurdistan Al-Ilmiah.

Miskiah, Miskiah, Yoyon Suryono, and Ajat Sudrajat. "Integration of information and comunication technology into Islamic Religious Education Teacher Training." Cakrawala Pendidikan 38.1 (2019): 130-140.

Nasokah, N. (2019). Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Anak Dalam Islam (Studi Kitab Ihya 'Ulumuddin). Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam.

Noer, HM Ali. "Pengaruh Pengetahuan Berjilbab dan Perilaku Keagamaan Terhadap Motivasi Berjilbab Mahasiswi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Riau (UIR)." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2016): 172-192.

Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara.

Nurrohmah, M. R. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Pendidikan Barat. Attractive, 2685-6085.

Nuryana, Z. (2017). Kajian Potensi Manusia Sesuai Dengan Hakikatnya Dalam Pendidikan Holistik. The 5th Urecol Proceding.

Paryadi, P. (2020). Maqasid Al-Syariah Menurut Al-Ghazali Dan Ibnu Qoyyim. Jurnal Iaisambas.Ac.Id.

Rahayu, M. (2016). Konsep Fitrah Manusia Dalam Al-Qur'an Dan Impliasinya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pusaka, 1-12.

Rijal, S. (2014). Reformasi Pendidikan Islam. Ta'limuna, 2085-2975.

Saada, Najwan, and Haneen Magadlah. "The meanings and possible implications of critical Islamic religious education." British Journal of Religious Education 43.2 (2021): 206-217.

Sadirman. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada.

Saihu. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi.

Setyaningsih, F. (2021). Diskursus Teknologi Pendidikan Sebagai Korelasi Dengan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi.

Shofiyuddin, A. (2019). Problematika Guru Pai Dalam Membina Perilaku Sosial Siswa. Darajat: Jurnal Pai.

Sholihah, A. M. (2020). Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna, 49-58.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Surya, P. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Viii Madarasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Jurnal Manajemen.

Syarif, M. (2017). Hakekat Manusia Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah, 2527-9610.

Tabroni, Imam, and Akbar Miftahur Romdhon. "The Influence of Islamic Religious Education on the Student's Conduct." Jurnal Multidisiplin Madani 2.2 (2022): 787-794.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Effectiveness of Blended Learning Model Based on Problem-Based Learning in Islamic Studies Course." International Journal of Instruction 15.2 (2022): 775-792

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "Profesionalisme Guru Madrasah." Yogyakarta: Graha Ilmu (2020).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Additional Files

Published

30-06-2023

How to Cite

Mohammad Karimulla, & Ajeng Khodijah. (2023). Memahami Guru Pendidikan Islam dengan Manusia: Wawasan Kritis Pemikiran al-Ghazali dan Plato Menuju Guru Profesional Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).9256