Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).8753Keywords:
Sopan santun, karakter, guru madrasah, sejarah kebudayaan IslamAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru madrasah aliyah dalam menanamkan sikap sopan santun melalui pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta mengetahui faktor pendukung dan dan penghambatnya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan metode analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan kepala Madrasah Aliyah, guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini adalah bahwa guru madrasah mengembangkan nilai spiritual dan moral tanpa menyampingkan akademis, sehingga guru senantiasa berupaya untuk menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik serta selalu merawat sikap beradab dalam dirinya di tengah suasana zaman yang modern. Langkah-langkah guru untuk menanam sikap sopan santun pada siswa MA Gewayantanah adalah sebagai berikut: adanya kajian mata pelajaran SKI dengan metode yang menarik, pembiasaan kegiatan keagamaan, mengadakan program ekstrakurikuler yang mendukung, pemberian contoh teladan yang baik dari semua masyarakat madrasah dan adanya kerjasama yang baik antara guru, wali murid dan masyarakat.
Downloads
References
Azis, Rofiqi, and Ruslan. “Upaya Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Dalam Pembelajaran Pai Di Era Milenial.” Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Islam J.Al-Ulum Universitas Islam Madura, vol. 8, no. 1, 2021, pp. 128–38.
A. M. Pradoko, Susilo., M. S. Paradigma Metode Penelitian Kualitatif (Keilmuan Seni, Humaniora Dan Budaya). Yogyakarta :UNY PRESS, 2017.
Fitria Sari, Afna. “Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa ).” Tanjak: Journal of Education and Teaching, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 127–35.
Inayah, Syarifah. Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thahah Saifudin Jambi, 2019, p. 57.
Iwan. “Merawat Sikap Sopan Santun Dalam Lingkungan Pendidikan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 98–121.
Mahmudah, Ummi. Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MTS Negeri Salatiga Tahun 2017. Skripsi, IAIN Salatiga, 2017.
Mardalis. “Pendidikan Akhlak Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTSN 1 BUkitTinggi.” Inovasi Pendidikan, vol. 5, no. 2, 2018, pp. 94–107.
Margono,S. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Nurjannah, andi Nurhayati Ode Aci. “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam, vol. volume : 1, no. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2016, pp. 1–20.
Nuzli, Muhammad, et al. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam : Upaya Membangun Karakter Religius Peserta Didik.” Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, doi:10.25299/al-thariqah.
Putri Hapsari, Raras, and & Dimyati. Penanaman Sikap Sopan Santun Dalam Budaya Jawa Pada Anak Usia Dini. no. 2, 2021, pp. 2059–70, doi:10.31004/obsesi.v5i2.1022.
Rantikawati, Yuli. Penanaman Budaya Sopan Santun Pada Siswa Di SD Negeri 2 TLAHAB Lor Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Skripsi. IAIN Purwokerto, 2019.
Romdona, Ulfatus Sukriya. Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Jawa Krama Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Al- Fattah Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Skripsi. UIN Malang, 2018.
Siti Qomariah. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Aktivitas Keagamaan.” Ahsan Media Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Keislaman, vol. 5, no. 1, 2019.
Supangat. Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Pendidikan Agama Pada Anak Di Madrasah Diniyah Babussalam Mojopahit Punggur Lampung Tengah. Tesis. IAIN METRO, 2017.
Suradi, Agus. Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Miftahul Huda Rawalo. Skripsi.IAIN Purwokerto, 2016.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.
Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644
Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in