Eksploring Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8132Keywords:
pengembangan kurikulum PAI, kearifan lokal, madrasah diniyah takmiliyahAbstract
Keberadaan madrasah diniyah seringkali dijadikan sebagai alasan untuk mengganti kebudayaan setempat atau yang biasa disebut kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan desain pengembangan kurikulum, menganalisis implementasi pengembangan kurikulum, dan mendeskripsikan hasil model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal di Madrasah Diniyah Takmiliyah Pelem Jati Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Ditemukan bahwa pengembangan kurikulum yang dilakukan adalah dengan menambahkan muatan lokal Arab Pegon, Fasholatan, Barzanji Diba’, Yasin Tahlil dan Bahasa Jawa pada struktur kurikulum. Kurikulum juga memasukkan (a) seni hadrah, (b) kaligrafi, (c) bahasa Inggris, dan (d) muhadlarah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Mulok dan ekstrakurikuler dipilih untuk melestarikan kearifan lokal tradisi nyadran (sedekah bumi), hajad sepekan kelahiran bayi, hajad khitanan dan pernikahan, kenduri orang meninggal saat hari ke-3, 7, 40, 100, setahun, dua tahun, dan seribu hari. Penelitian ini berimplikasi pada teori eksporing kearifan lokal dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah. Diharapkan banyak madrasah diniyah takmiliyah yang mengeksplor kearifan lokal sebagai dasar pengembangan kurikulum
Downloads
References
Afifudin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
A’la, Abd. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.
Antonious, Gea. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: PT Gramedia, 2002.
Badan Pusat Statistik. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun 2019 mencapai 71,92,” 2020. Daring. Internet. 5 Mei 2020. . Available: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/02/17/1670/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-pada-tahun-2019-mencapai-71-92.html.
Behaghel, Luc, Clément de Chaisemartin, dan Marc Gurgand. “Ready for Boarding? The Effects of a Boarding School for Disadvantaged Students.” American Economic Journal: Applied Economics 9.1 (2017): 140–164.
Busyairi AS, M. “Education Unit Transformation for Maintain Its Existence in Islamic Boarding School (Multi-Case Study on Tebuireng Islamic Boarding School, Gading Islamic Boarding School Malang, and Sidogiri Islamic Boarding School Pasuruan).” Journal of Education and Practice 8.5 (2017): 56–64.
Das, St Wardah Hanafie, Abdul Halik, dan Amaluddin. “Paradigm of Islamic Education in the Future: The Integration of Islamic Boarding School and Favorite School.” Information Management and Business Review 8.4 (2016): 24–32.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Rosda Karya, 2010.
Evans-Campbell, Teresa dkk. “Indian Boarding School Experience, Substance Use, and Mental Health among Urban Two-Spirit American Indian/Alaska Natives.” The American Journal of Drug and Alcohol Abuse 38.5 (2012): 421–427.
Fathonah, Dewi Yulia, Taty Hernawaty, dan Nita Fitria. “Respon Psikososial Siswa Asrama di Bina Siswa Sma Plus Cisarua Jawa Barat.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 3.1 (2017): 69–77.
Haeruddin, Bahaking Rama, dan Wahyuddin Naro. “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 60–73.
Keller, Chad J., dan Chris Brown. “Conflictual Independence, Adult Attachment Orientation, and Career Indecision Among Asian American Students.” Journal of Career Development 41.5 (2014): 426–444.
Mander, David J, Leanne Leaster, dan Donna Cross. “The social and emotional well-being and mental health implications for adolescents transitioning to secondary boarding school.” Int J Child Adolesc Health 8.2 (2015): 131–140.
Martin, Andrew J. dkk. “Boarding School, Academic Motivation and Engagement, and Psychological Well-Being: A Large-Scale Investigation.” American Educational Research Journal 51.5 (2014): 1007–1049.
Nasir, M. Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Purnama, Dian. Cermat Memilih Sekolah Yang Tepat. Jakarta: Gagas Media, 2010.
Qomar, Mujamil. Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Emir Cakrawala Islam, 2015.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi, Metodelogi Menuju Demokrasi Institusi. Bandung: Erlangga, 2008.
Rajab, Khairunnas. “Methodology of Islamic psychotheraphy in Islamic boarding school Suryalaya Tasik Malaya.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 4.2 (2014): 257–289.
Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.
Sawaluddin. “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.1 (2018): 39–52.
Schaverien, Joy. “Boarding School Syndrome: Broken Attachments a Hidden Trauma.” British Journal of Psychotherapy 27.2 (2011): 138–155.
Siregar, Eveline, dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Susanto, Tutut dkk. “School health promotion: A cross-sectional study on Clean and Healthy Living Program Behavior (CHLB) among Islamic Boarding Schools in Indonesia.” International Journal of Nursing Sciences 3.3 (2016): 291–298.
Susiyani, Andri Septilinda, dan Subiyantoro. “Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Madrasah 2.2 (2017): 327–347.
Sutyawan, Sutyawan, dan Budi Setiawan. “Penyelenggaraan Makanan, Daya Terima Makanan, dan Tingkat Asupan Siswa Asrama Kelas Unggulan SMA 1 Pemali Bangka Belitung.” Jurnal Gizi dan Pangan 8.3 (2013): 207–216.
Tafsir, A. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.
Usman, Nasir, Murniati Ar, dan Marzuki Marzuki. “The Influence Of Leadership In Improving Personnel Performance At Traditional Islamic Boarding School (Dayah).” Jurnal Ilmiah Peuradeun 4.2 (2016): 205–216.
Yin, Xue-Qin dkk. “The promotive effects of peer support and active coping on the relationship between bullying victimization and depression among chinese boarding students.” Psychiatry Research 25.6 (2017): 59–65.
Zulhammi, Zulhammi. "Teori belajar behavioristik dan humanistik dalam perspektif pendidikan Islam." Darul 'Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman 3.1 (2015): 105-125.