Kecakapan Kepala Madrasah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berorientasi Higher Order Thinking Skill

Authors

  • Muhammad Khairul Rijal Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Muhammad Nasir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Rabiatul Adawiyah Syarief Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).8124

Keywords:

Kecakapan Kepala Madrasah, Pendidikan Karakter, Pendidikan Jarak Jauh

Abstract

Manajemen mutu madrasah memiliki peran dalam penguatan karakter peserta didik. Untuk itu dibutuhkan kecakapan kepala madrasah. Penelitian ini berusaha mengungkap kecakapan kepala madrasah dalam implementasi penguatan pendidikan karakter berorientasi HOTS di empat madrasah Kalimantan Timur, dengan pendekatan kualitatif. Temuan di lapangan menggambarkan Peran kepala madrasah yang tercermin dari kecakapan dalam: Memberi pengaruh (keteladanan); mengimplementasikan visi yang berbasis pada penguatan karakter berorientasi HOTS; menggerakkan warga sekolah untuk mewujudkan penguatan karakter berorientasi HOTS; memberikan motivasi kepada warga sekolah untuk mewujudkan penguatan karakter berorientasi HOTS; menciptakan kondisi kerja yang menjunjung team work untuk mewujudkan penguatan karakter berorientasi HOTS. Selain itu, Visi, misi, dan tujuan pendidikan di madrasah telah menggambarkan orientasi pada penguatan pendidikan karakter dan diturunkan kedalam budaya madrasah serta menjadi branding madrasah kepada masyarakat. Dibutuhkan Program Penguatan kepemimpinan visioner, fungsi pengawasan dan evaluasi berkala terhadap kepala madrasah dalam rangka penguatan pendidikan karakter di madrasah yang berorientasi HOTS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Aziz, A. A. Kebijakan Pendidikan Karakter. Nizamia Learning Center, 2016.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Dodd, Anne Wescott. “Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. By Thomas Lickona. New York: Bantam Books, 1991.” NASSP Bulletin, vol. 76, no. 545, 1992, doi:10.1177/019263659207654519.

Hamzah, Hamzah, et al. "Implementation of Jigsaw type cooperative learning method to increase student learning activity in Fiqh learning during COVID-19." International Journal of Health Sciences I (2022): 4438-4446.

Hamzah, Hamzah, et al. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Harefa, Andreas. Pembelajaran Di Era Serba Otonomi. Buku Kampus, 2001.

Henriksen, Danah, et al. “Infusing Creativity and Technology in 21st Century Education: A Systemic View for Change.” Educational Technology and Society, vol. 19, no. 3, 2016.

Hidayat, Ara. “Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah).” Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Kesuma,D.,Triatna, dan J. Permana. Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Remaja Rosdakarya, 2012.

Khamalah, Nur. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Jurnal Kependidikan, vol. 5, no. 2, 2017, doi:10.24090/jk.v5i2.2109.

Kumala Yusfita D. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika .” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. No. 2, 2015, pp. 124–31.

Mahfud, Choirul, et al. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452.

Mahfud, Choirul, et al. "Islamic cultural and Arabic linguistic influence on the languages of Nusantara; From lexical borrowing to localized Islamic lifestyles." Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia 22.1 (2022): 11.

Mahfud, Choirul, Muyasaroh Muyasaroh, Ratna Rintaningrum, Niken Prasetyawati, Dyah SY Agustin, Ni Wayan Suarmini, Moh Saifulloh, Syahraini Tambak, Ika Yunia Fauzia, and Ahmad Munjin Nasih. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452.

Mahfud, Choirul. "Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java." Studia Islamika 25.3 (2018): 471-502.

Maskur, Muhammad. “Eksistensi Dan Esensi Pendidikan Madrasah Di Indonesia.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, vol. 4, no. 1, 2017.

Pratiwi, Umi, and Eka Farida Fasha. “Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin.” Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, vol. 1, no. 1, 2015, p. 123, doi:10.30870/jppi.v1i1.330.

Puspita, Anggun Wira, et al. “Problematika Dan Solusi Dikotomi Ilmu.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, 2020, doi:10.21093/twt.v5i2.2213.

Rijal, Muhammad Khairul. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN DI DALAM AYAT –AYAT SERUAN ‘ياأيهاالنّاس’ (WAHAI MANUSIA).” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), vol. 8, no. 1, 2020, doi:10.21093/sy.v8i1.2154.

Suhady, Wandy, et al. “Pengembangan Soal Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa.” Jurnal Gantang, vol. 5, no. 2, 2020, pp. 143–50, doi:10.31629/jg.v5i2.2518.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, Amril M, et al. Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective. 2018, doi:10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, et al. “Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism.” AKADEMIKA, 2020.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Effectiveness of Blended Learning Model Based on Problem-Based Learning in Islamic Studies Course." International Journal of Instruction 15.2 (2022): 775-792

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "Profesionalisme Guru Madrasah." Yogyakarta: Graha Ilmu (2020).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Was, Christopher A., et al. “Evaluating Character Education Programs and Missing the Target: A Critique of Existing Research.” Educational Research Review, vol. 1, no. 2, 2006, doi:10.1016/j.edurev.2006.08.001.

Widodo T dan Sri Kadarwati. “Higher Order Thinking Skills Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa.” Cakrawala Pendidikan, vol. 1, 2013, pp. 161-171.

Additional Files

Published

29-06-2023

How to Cite

Muhammad Khairul Rijal, Muhammad Nasir, & Rabiatul Adawiyah Syarief. (2023). Kecakapan Kepala Madrasah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berorientasi Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 53–63. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).8124