Akhlak Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu: Sebuah Pemikiran Reflektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam

  • Nuri Sri Handayani Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Aam Abdussalam Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
  • Udin Supriadi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
Keywords: Akhlak, peserta didik, menuntut ilmu

Abstract

Salah satu indikator untuk mencapai keberhasilan belajar adalah dengan mengetahui bagaimana akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu, namun hal ini justru masih diabaikan oleh sebagian peserta didik itu sendiri. Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan konsep tentang akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu: sebuah pemikiran reflektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan analisis konsep. Hasil dari penelitian mengenai konsep akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu menurut KH. Hasim Asy’ari ini terbagi menjadi tiga macam konsep akhlak, yaitu akhlak pribadi seorang murid, akhlak murid kepada guru, dan akhlak murid dalam belajar. Rekomendasi dari penelitian ini, hendaknya bagi semua pihak yang berkontribusi dalam dunia pendidikan khususnya bagi seorang peserta didik dapat mengaplikasikan konsep akhlak peserta didik dalam menuntut ilmu yang digagas oleh KH. Hasyim Asy’ari ini agar mencapai keberhasilan dalam belajar sehingga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Asyafah. Proses Kehidupan Manusia Dan Nilai Eksistensinya. 1st ed. Bandung: CV Alfabeta, 2019. Print.

Abdul Hadi. KH. Hasyim Asy’ari: Sehimpun Cerita, Cinta, Dan Karya Maha Guru Ulama Nusantara. Ed. Kamalulfik. 1st ed. Yogyakarta: Diva Press, 2018. Print.

Abdussalam, Aam. Pembelajaran Dalam Islam. Ed. Cucu Surahman. 1st ed. Yogyakarta: Maghza Pustaka, 2017. Print.

Abramov, Maxim A., et al. “Application of the Content Analysis Method in the Modern Humanitarian Knowledge.” LAPLAGE EM REVISTA, vol. 6, no. Extra-C, 2020, doi:10.24115/s2446-622020206extra-c641p.190-196.

Ahmad Supriadi. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memperbaiki Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bhineka Karya 05 Teras Boyolali.” Universitas Muhammadiyyah Surakarta, 2015. Print.

Amin, Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Ed. Dhia Ulmila. 1st ed. Jakarta: AMZAH, 2019. Print.

Arifin, M. “The Role of Islamic Religious Education in Developing Property in Students Indraprasta PGRI University , Jakarta.” International Journal of Economics, Management, Business and Social Science 1.1 (2021): 68–77. Print.

Aulya, Ghina Khoirunnisa. “Sistem Pembinaan Akhlak Peserta Didik ( Studi Deskriptif Sistem Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di SMAN 3 Bandung ).” 4 (2017): 44–56. Print.

Aziz, Abdul. “Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam.” Mediakita 1.2 (2017): 173–184. Web.

Bonis, Susan A. “Concept Analysis: Method to Enhance Interdisciplinary Conceptual Understanding.” Advances in Nursing Science 36. 2 (2013). doi:10.1097/ANS.0b013e318290d86e.

Burhanul Islam Az-Zarnuzi. Ta’limul Al-Muta’allim. Ed. Tim Editor Arafah. 4th ed. Solo: Pustaka Arafah, 2019. Print.

Candra, Wiwin, and Ahmad Dibul Amda. “Peran Guru Dan Akhlak Siswa Dalam Pembelajaran: Perspektif Syekh Az-Zarnuji Kitab Ta’lim Muta’lim.” Andragogi 2 2.2 (2020): 262–279. Print.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. 3rd ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011. Print.

Dwilaksono, Erry Fujo, M. Miftahul Ulum, and Nuraini Nuraini. “Pemikiran KH.Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan Akhlak Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karaker Di Indonesia (Telaah Kitab Âdâb Al-‘Âlim Wa Al-Muta’Allim).” TARBAWI:Journal on Islamic Education 1.1 (2020): 37. Web.

Fadhilah, Afra. “Adab Peserta Didik Dalam Menuntut Ilmu.” IAIN Salatiga, 2018. Print.

Halim, Abdul et al. “Materi Pendidikan Akhlak Dalam Pemikiran Burhanul Islam Az-Zarnuji.” Jurnal pendidikan islam 1.June (2020): n. pag. Web.

Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2017): 140–155. Web.

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter. Ed. Asep Saepulrohim. 4th ed. Bandung: Alfabeta, 2017. Print.

Izzan, Ahmad. Tafsir Pendidikan. Ed. Usin S. artyasa. 1st ed. Bandung: Humaniora, 2015. Print.

Khasanah, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1.2 (2021): 296–307. Web.

Khuluq, Evi Khusnul. “ETIKA PESERTA DIDIK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI.” IAIN Salatiga, 2017. Print.

Lbs, Mukhlis. “Konsep Pendidikan Menurut Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari.” Jurnal As-Salam 4.1 (2020): 79–94. Web.

Levering, Bas. “Concept Analysis as Empirical Method.” International Journal of Qualitative Methods 1.1 (2002), doi:10.1177/160940690200100104.

Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. 2nd ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008. Print.

Muhammad Faiz Amiruddin. “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari.” Jurnal Dirasah 1.1 (2018): 17–31. Print.

Nata, Abuddin, and Fauzan. Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005. Print.

Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. Ed. Radar Jaya Offset. 4th ed. Jakarta: Kalam Mulia, 2015. Print.

Rifai, Ahmad. “Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 9.17 (2018): 97–116. Web.

Rodiah, Iis, and M. Djaswidi Al Hamdani. “Konsep Guru Dan Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali (Studi Analisis Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin).” Journal of Tarbiyah Al-Aulad 1.2 (2016): 127. Print.

Rosyidah, Euis. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemnetukan Akhlak Peserta Didik Di TPQ Al-Azam Pekanbaru.” Jurnal Kependidikan Islam Volume 9.2 (2019): n. pag. Web.

Ruswandi, Yusup, and Wiyono. “Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta ’ Lim Muta ’ Alim.” Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI) 4.1 (2020): 90–100. Print.

Salsabila, Krida. “Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6.1 (2018): 40–56. Print.

Samsul Munir Amin. Ilmu Akhlak. Ed. Dhia Ulmilla. 2nd ed. Jakarta: AMZAH, 2019. Print.

Sholikah, and Nurotun Mumtahanah. “Kontribusi Kebangsaan Kiai Hasyim Asy’ari: Membangun Relasi Harmonis Islam Dan Indonesia.” Jurnal Akademika 15.1 (2021): 1–23. Print.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Suradi, Ahmad, Nilawati Nilawati, and Ani Aryati. “The Islamic Education Through Scientific Approach.” International Journal of Asian Education 2.2 (2021): 256–266. Web.

Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” Jurnal at-ta’dib 10.2 (2010): 102-112

Sutisna, Usman. “Etika Belajar Dalam Islam.” Faktor jurnal Ilmiah Kependidikan 7.1 (2020): 49–58. Print.

Tambak, Syairaini, Muhammad Ali Noer, and Azin Sarumpaet. “Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.2 (2017): 181–208.

Affandy, Sulpi. “Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 69–93, doi:10.15575/ath.v2i2.3391.

Anwar, Kasypul. Manajemen Pendidikan Karekter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Banjarmasin. 2015, pp. 1–8.

Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum.” Islamika, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 208–26, doi:10.36088/islamika.v2i2.711.

Azis, Rosmiaty. Ilmu Pendidikan Islam. 2019, http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf.

Bakri, Masykuri. Metode Penelitian Kualitatif. Revisi, Visipress Media, 2017.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed., Penerbit Pustaka Pelajar, 2019.

Diem, Anson Ferdiant. “Wisdom of the Locality (Sebuah Kajian: Kearifan Lokal Dalam Arsitektur Tradisional Palembang).” Berkala Teknik, vol. 2, no. 4, 2012, pp. 299–305.

Ghoni, Djunaidi. Analisis Dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif. Edited by Risa Trisnadewi, Kesatu, PT Refika Aditama, 2020.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hasan, Muhammad Tholhah. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Masykuri Bakri, Visipress Media, 2013.

Kaimuddin. “Pembelajaran Kearifan Lokal.” Prosiding Seminar Nasional FKIP UMMA, vol. 1, 2019, pp. 73–80.

Kansteiner, Katja, and Stefan König. “The Role(s) of Qualitative Content Analysis in Mixed Methods Research Designs.” Forum Qualitative Sozialforschung, vol. 21, no. 1, 2020, doi:10.17169/fqs-21.1.3412.

Kemdikbud. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003, p. 6, http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. 36th ed., PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. 7th ed., PT Rajagrafindo Persada, 2019.

Nurlaeli, Acep. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial.” Wahana Karya Ilmiah, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 622–44.

Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami. “Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum.” Palapa, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 42–55, doi:10.36088/palapa.v8i1.692.

Radiansyah, Dian. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Remaja Islam.” JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, vol. 3, no. 2, 2018, pp. 76–103.

RI, Menkumham. “PP Nomor 05 Tahun 2007.” Menkumham, 124. 235 (2007): 245-252. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pp_55_07.pdf.

Roller, Margaret R. “A Quality Approach to Qualitative Content Analysis: Similarities and Differences Compared to Other Qualitative Methods.” Forum Qualitative Sozialforschung, vol. 20, no. 3, 2019, doi:10.17169/fqs-20.3.3385.

Rukiyati, Rukiyati, and L. Andriani Purwastuti. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1, 2016, pp. 130–42, doi:10.21831/jpk.v0i1.10743.

Shufa, N. K. F. “Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1.1 (2018): 48–53, https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316.

Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publising, 2015.

Soetopo, Hendyat; Wasty Soemanto. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum. 4th ed., PT. Bumi Aksara, 1993.

Sudarman. “Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori Dan Praktik.” Orphanet Journal of Rare Diseases, edited by Lambang Subagiyo, Pertama, N, vol. 21, no. 1, Mulawarman Univrsity Press, 2020.

---. Pengembangan Kurikulum Kajian Teori Dan Praktik. Mulawarman Univrsity Press, 2019.

Sudrajad, Akhmad. “Prinsip Pengembangan Kurikulum.” Blog Pendidikan Akhmad Sudrajat, 2008, https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 27th ed., Alfabeta, 2019.

Sukirman, Dadang, and Ali Nugraha. “Hakikat Kurikulum.” Hakikat Kurikulum, (2011): 317. repository.ut.ac.id/3815/1/PGTK2403-M1.pdf.

Syafi’i. Pengembangan Kurikulum,Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya. 2014.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the Question and Answers Methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020): 27-41.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021).

Tambak, Syahraini, Muhammad Yusuf Ahmad, and Hamzah M Si. "Pelaksanaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTs Negeri di Kota Pekanbaru." Al-Hikmah 11.1 (2014): 30-60.

Tim Dosen Ma’had Aliy Hasyim Asy’ari. Pendidikan Akhlak Untuk Pengajar Dan Pelajar. Ed. Gus Muhammad Ishom Hadziq. 6th ed. Jombang: Pustaka Tebuireng, 2020. Print.

Tim Penulis PAI UPI. Islam Tuntunan Dan Pedoman Hidup. Ed. Saepul Anwar. 2nd ed. Bandung: Value Press, 2009. Print.

Yuliyanti, Ade, and Hilda Siti Paujiah. “Konsep Pendidikan Akhlak Peserta Didik Perspektif Kyai Hasyim Dalam Kitab Adab Alim Wa Al Muta’allim.” Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman 5.2 (2014): 40–51.

Published
2021-12-17
Abstract viewed = 674 times
PDF downloaded = 0 times