Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana

Authors

  • Purnomo Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia
  • Putri Irma Solikhah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8054

Keywords:

kurikulum, pendidikan agama Islam, ketahanan bencana

Abstract

Bencana yang melanda berbagai bagian belahan dunia memerlukan sikap positif dari manusia, dan hal itu membutuhkan edukasi dini melalui kurikulum untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep kurikulum pendidikan Islam berbasis ketahanan bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konsep rasionalistik. Data dari berbagai sumber dianalisis dengan metode berpikir reflektif-content analysis. Penelitian ini menghasilkan konsep kurikulum pendidikan Islam berbasis ketahanan bencana dengan; pengembangan materi fikih imaratul ardh, dimana cara pandang tradisional tentang tauhid, amanah dan akhirat dapat diluaskan ke bahasan pelestarian alam. Mentauhidkan Allah dapat dimaknai menghargai perwujudan iradah-nya berupa alam; fikih maslahat alam, dimana menghubungkan hikmah dari ketentuan ibadah semisal menghemat air atau makan dan minum secukupnya sebagai bagian dari menjaga kelestarian alam.; dan keluwesan fikih ibadah dalam situasi bencana, dengan mempertegas semangat maqashidusy-syari’ah untuk menjaga jiwa. Penelitian masa depan dilakukan menyusun kurikulum fikih di sekolah untuk dicarikan titik temunya dengan tema mitigasi bencana dan kerangka model pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin, et al. “Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif Dalam Kajian Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.” Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Al-Hakim, S. L. “Strategi Nabi Yusuf As Menghadapi Krisis Ekonomi Mesir Dalam Tujuh Tahun.” E-Jurnal.Stail.Ac.Id, vol. 4, no. September 2020, 2021, pp. 69–90, http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/view/229.

Albert, Mathieu, Maria Mylopoulos, and Suzanne Laberge. "Examining grounded theory through the lens of rationalist epistemology." Advances in Health Sciences Education 24.4 (2019): 827-837.

Allan, Graham. "Qualitative research." Handbook for research students in the social sciences. Routledge, 2020. 177-189.

Arifin, Zainal. “Pendidikan Multikultural-Religius Untuk Mewujdukan Karakter Peserta Didik Yang Humanis-Religius.” Pendidikan Islam, 1 (2012): 89–106, doi:https://doi.org/10.14421/jpi.2011.11.89-103.

Asmani, Jamal Ma’mur. “Fiqh Sosial Kiai Sahal Sebagai Fiqh Peradaban.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2. 2 (2016): 121, doi:10.21580/wa.v2i2.390.

Asparina, Atropal, and Karina Rahmi Siti Farhani. “Mitologi ‘Bencana Adalah Azab’ Dalam Meme Media Sosial.” Khazanah Theologia, 2. 3 (2020): 164–77, doi:10.15575/kt.v2i3.9213.

Asrofi, Akhmad, and Su Ritohardoyo. “Strategi Adaptasi Masyarakat Pesisir Dalam Penanganan Bencana Banjir Rob Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah”, Jurnal Ketahanan Nasional Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, 23.2 (2017): 125–44.

Bryman, Alan. "Quantitative and qualitative research: further reflections on their integration." Mixing methods: Qualitative and quantitative research. Routledge, 2017. 57-78.

Dinçer, Serkan. "Content Analysis in Scientific Research: Meta-Analysis, Meta-Synthesis, and Descriptive Content Analysis." Bartın University Journal of Faculty of Education 7.1 (2018): 176-190.

Fillah, Azmi Sahid, et al. “Program Penanggulangan Bencana Oleh Disaster Management Center (Dmc) Dompet Dhuafa.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3. 2 (2020): 155–291, doi:10.24198/jppm.v3i2.13648.

Gusmian, Islah. Mitigasi Bencana Dan Kearifan Manusia Jawa. 1st ed., EFUDEPRESS, 2021.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. (2020). "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Isngadi, and Mufti Khakim. “Efektivitas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana Dan Fikih Kebencanaan Terhadap Perilaku Warga Muhammadiyah (Studi Kasus Covid-19).” Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7. 1 (2021): 202–14, doi:http://dx.doi.org/10.23887/jkh.v7i1.31470.

Istianah. “Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis.” Riwayah, 1. 2 (2015): 249–70, doi:http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v1i2.1802.

Lidwa. Ensiklopedi Hadis Kitab 9 Imam. 2010, https://store.lidwa.com/get/.

LPMQ Kemenag. “Qur’an Kemenag.” Kemenag, 2021, https://quran.kemenag.go.id/.

Mardiana, Mardiana. “Kajian Tafsir Tematik Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup.” Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam 17. 1 (2017): 139–51.

Maulida, Ali. “Bencana Bencana Alam Pada Umat Terdahulu Dan Faktor Penyebabnya Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Tafsir Maudhu’i Ayat-Ayat Tentang Bencana Alam).” At Tadabur:Jurnal Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir 4. 2 (2019): 130–55, doi:http://dx.doi.org/10.30868/at.v4i02.596.

Muchlis. “Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis: Studi Analisis Hadits Tentang Qadha’ Al Haajah.” Tajdid, 2. 1 (2019): 163–73, doi:https://doi.org/10.52266/tadjid.v3i2.293.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. 7th ed., Rake Sarasin, 1996.

Mustaqim, Abdul. “Teologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Nun (Jurnal Studi Qur’an Dan Tafisr Nusantara) 1 (2015): 91–109, doi:http://dx.doi.org/10.32459/nun.v1i1.9.

Neuendorf, Kimberly A. "Content analysis and thematic analysis." Advanced research methods for applied psychology. Routledge, 2018. 211-223.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38.

Parwanto, Wendi. “Teologi Bencana Perspektif Hadis.” Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis, 2. 1 (2019): 69–90, doi:https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v2i1.1132.

Permana, Raden Cecep Eka, et al. “Kearifan Lokal Tentang Mitigasi Bencana Pada Masyarakat Baduy.” Makara Human Behavior Studies in Asia, 15. 1 (2011): 67, doi:http://hubsasia.ui.ac.id/article/view/210?fulltext=true.

Quddus, Abdul. “Ecotheology Islam: Teologi Konstruktif Atasi Krisis Lingkungan.” Ulumuna Jurnal Studi Keislaman 16. 2 (2012): 311–46.

Sabir, Ahmad, and M. Phil. “Gambaran Umum Persepsi Masyarakat Terhadap Bencana Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial 5. 3 (2016): 304–26, https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/37/articles/2449/submission/copyedit/2449-5162-1-CE.pdf?__cf_chl_managed_tk__=pmd_YlmL_qvMDXPpocqB8QvCNJtbB_efOFswJ4BqYdibsvA-1631168733-0-gqNtZGzNAxCjcnBszQi9.

Saenong, Faried, et al. Fikih Pandemi Beribadah Di Masa Wabah. Edited by Syahrullah Iskandar, 1st ed., vol. 1, NUO Publishing, 2020.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Lamya Hayatina. “Polarization of the Muslim Community towards Government Policies in Overcoming the COVID-19 Pandemi in Indonesia.” Linguistics and Culture Review 5.3 (2021): 642–52, doi:10.37028/lingcure.v5nS1.1449.

Sinulingga, Anita Afriani, et al. “Bencana Dan Konflik : Pelajaran dari Aceh dan Sri Lanka Bencana dan Konflik : Pelajaran Dari Aceh dan Sri Lanka.” Andalas, 9. 2 (2020): 203–217, doi:https://doi.org/10.25077/ajis.9.1.203-217.2020.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Supian, et al. “Polarisasi ‘Trilogi’ Perilaku Keagamaan Era Pandemi Covid-19 Di Provinsi Jambi.” Youth, Pandemi, Media and Religious Contemporary Issue, 2020, pp. 39–59.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021).

Thohari, Ahmad. “Epistemologi Fikih Lingkungan: Revitalisasi Konsep Masalahah.” Az Zarqa’ 5. 2 (2017): 145–161, http://ejournal.uin-suka.ac.id/syariah/azzarqa/article/viewFile/1317/1138.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Vol. вы12у, no. 235, 2007, p. 245, http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf.

Yulianto, Sugeng, et al. “Histori Bencana Dan Penanggulangannya Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Keamanan Nasional.” PENDIPA Journal of Science Education 5. 2 (2021): 180–187, doi:https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.180-187.

Yunita, and Zahratul Idami. “Pengelolaan Lingkungan Hidup Menurut Perspektif Fiqih.” Jurnal Hukum Samudra Keadilan 15. 2 (2020): 210–22, doi:10.33059/jhsk.v15i2.2452.

Zamroni, M. Imam. “Islam Dan Kearifan Lokal.” Penanggulangan Bencana 4.1 (2013): 21-32.

Zuhdi, Muhammad Harfin. “Fiqh Al-Bî’ah:Tawaran Hukum Islam Dalam Mengatasi Krisis Ekologi.” Al Adalah 12. 35 (2015): 771–784, doi:https://doi.org/10.24042/adalah.v12i2.213.

Additional Files

Published

16-12-2021

How to Cite

Purnomo, & Irma Solikhah, P. . (2021). Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 378–394. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8054