Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam

Authors

  • M. Faridus Sholihin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Meylinda Saputri Tini Hakim Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Agus Zaenul Fitri Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8036

Keywords:

Strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam, kecerdasan emosional, sekolah berbasis alam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran formal yang cenderung dibatasi ruang dan waktu, yang mana konsep pembelajaran sekolah alam hadir sebagai solusi dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam berbasis alam dalam kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam meningkatkan aspek mengenali emosi diri, empati dan keterampilan sosial meliputi talent mapping, pembiasaan tiga kata ajaib (tolong, maaf dan terimakasih), one day one infaq, motivasi dan kerja kelompok. Temuan penelitian berimplikasi pada teori dan penelitian selanjutnya mengenai strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Al-Idrus, S.F. Ilmi, Damayanti dan Ermayani. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia PENDASI 4.1 (2020): 137-146. DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3120

Ambarawati, Aida. Sekolah Alam Sebagai Inovasi Dalam Pendidikan (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Fatiha Sukabumi). Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2021. http://repository.upi.edu/58994/

Asrofah, Elin Q., Rita Retnowati, Griet Helena L., “Manajemen Sekolah Alam Dalam Pengembangan Karakter Pada Jenjang Sekolah Dasar Di School Of Universe.” Jurnal Manajemen Pendidikan 6.2 (2018): 614- 629. DOI: 10.33751/jmp.v6i2.789

Bariyyah, K & Latifah, L. “Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenjang Kelas,” Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4.2 (2019): 68-75. DOI: https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005

Dani, Firmansyah. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan UNISKA JUDIKA 3.1 (2015): 39-52. ISSN 2338-2996

Fithriyana, Eshthih. “Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Berasrama,” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ulya 4.1 (2019): 42-54. DOI: https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210

Fitriani, Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Pembiasaan Ucapan Tolong, Maaf Dan Terimakasih Di TK An-Nur Colo Panjang Rejo Pundong Bantul. Skripsi. UIN Sunan Kali Jaga. 2019. http://digilib.uin-suka.ac.id/37934/

Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam ”Jurnal Pendidikan Islam Al-Tadzkiyyah 8.2 ( 2017): 227-247.DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015

Hashim, H., & Denan, Z. “Importance Of Preserving The Natural Environment In The Design Schools In Malaysia.” Procedia - Social And Behavioral Sciences 170, (2015): 177–186.. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=5fpMvpUAAAAJ&citation_for_view=5fpMvpUAAAAJ:2osOgNQ5qMEC

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Holil, Sarip Munawar. “Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa SMP Negeri 1 Ciwaru.” Jurnal Ilmiah Educater 4.2 (2018): 95-106. ISSN 2442-5427

Indriawati, P.”Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan.” Jurnal Pendidikan Edutama 5.2 (2018): 1-9. DOI:10.30734/jpe.v5i2.183

Irawan, Ari.”Sikap Sosial Siswa Dalam Kegiatan Infaq,” ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal 4.2 (2019): 93-109. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4724

Khodijah, Nyanyu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Khoirunnisa, Lili. “Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MA Nurul Ummah Yogyakarta. ” Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta 4.1(2017): 51-68. DOI:10.14421/jpai.2017.141-04

Lestari, P. dkk. “Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 15 Palembang.” Jurnal Konseling Koperhensif. 6.1 (2019):. 11-20. DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.8498

Mahmud, Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Manizar, Eli HM, “Mengelola Kecerdasan Emosi,” Tadrib: Jurnal Pendiidkan Agama Islam 2.2 (2017) : 198-213. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1168.

Mastur, A Kang. Humor Guru Suf.i Banjarmasin: Diva Pres, 2016

Mistriyanti. Upaya Peningkatan Pengembangan Moral Anak Melalui Pembiasaan Ucapan Tomat (Tolong, Maaf Dan Terimakasih Di Kecamatan Purwokerto Timur. Tesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 2013. http://repository.ump.ac.id/4522/

Mukti, Taufiq Satria, Mutiara Arlisyah Putri Utami, Dan Fantika Febry Puspitasari.”Sekolah Alam: Evaluasi Program Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik Dan Kinestetik Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Insania 25.1 (2020): 123-132. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3542

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta:Bumi Aksara, 2014.

Nata, Abuddin. Persepsi Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2011.

Ningrum, Epo. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: CV. Putra Setia, 2013.

Nur, Andi Makmur Jaya. “Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional.” Jurnal kajian Islam Dan Pendidikan Al-Qalam 6.1 (2014): 41-52. DOI: https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.113

Ritonga, Mahyudin, et al. "Strategies for Developing Tarkib Arabic Exercises Instruments for Strengthening The Understanding of Yellow Book." International Journal of Entrepreneurship 25 (2021): 1-9.

Rosita, Ita dan Leonard. “Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share” Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA FORMATIF 3.1 (2013): 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108

Silvia, Ani. “Talent Mapping: Menuju Jenjang Pendidikan Yang Lebih Tinggi.” Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat Syukur 1.2 (2018): 115-124. DOI: 10.22236/syukur_vol1/is2pp115-124.

Spalie, N., Utaberta, Abdullah, Tahir, M., & Ani, C.” Reconstructing Sustainable Outdoor Learning Environment In Malaysia From The Understanding Of Natural School Design And Approaches In Indonesia.” Procedia - Social And Behavioral Sciences 15 (2011): 3310–3315. DOI:10.1016/j.sbspro.2011.04.291

Sudirman, Selvana Juniarsih. Dinamikan Empati Pada Remaja Yang Kecanduan Gadjet. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2019.http://eprints.ums.ac.id/77539/

Suherdi. Ahmad. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multisitus Di SD Sekolah Alam SAKA Kediri Dan SD Alam Al-Ghifari Blitar). Tesis, IAIN Tulungagung, 2020. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/16651/

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Yamin, Martinis. et al. Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Yani. Ahmad. 12 Ketrampilan Dasar Mengajar. Bandung: CV. Pringgandani, 2013.

Yusfandaria,“Upaya Mengembangkan Kemampuan Bakat Melalui Layanan Bimbingan Karir Dengan Strategi Problem Solving Peserta Didik Kelas X Ips.2 Sma Negeri 18 Palembang.” JUANG: Jurnal Wahana Konseling 2.1 (2019): 61-76. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/juang.v2i1.2756

Yusuf, Syamsu. Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011.

Additional Files

Published

15-12-2021

How to Cite

Sholihin, M. F. ., Saputri Tini Hakim, M. ., & Zaenul Fitri, A. . (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 168–184. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8036