Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Silabus Antropolinguistik berbasis Islami: Leksikon dalam Naskah Nazam Usiat
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7995Keywords:
Analisis kebutuhan, pengembangan silabus, pendidikan islami dan antropolinguistikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan silabus antropolinguistik berdasarkan analisis kebutuhan pada naskah Azam Usiat berbasis nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner pada 56 mahasiswa dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan bahwa kebutuhan dalam pengembangan silabus mata kuliah antropolingustik berbasis nilai-nilai Islam melalui leksikon dalam naskah azam usiat adalah; pemertahanan bahasa dengan mengintegrasikan dengan nilai Islam tentang akhlak; pengembangan kurikulum dengan materi ajar antropolingistik dengan mengintegrasikan pada nilai-nilai komunikasi Islami agar tidak terjadi kepunahan bahasa. Fenomena hilangnya bahasa, khususnya bahasa ibu, menjadi alasan penting bagi pendidikan bahasa di perguruan tinggi untuk diaktualisasikan. Analisis kebutuhan dalam mengembangkan kurikulum linguistik berbasis Islam meningkatkan nilai manfaat kurikulum, karena pembelajar adalah orang yang paling bertanggung jawab atas apa yang dia coba pelajari. Penelitian masa depan diperlukan tambahan materi pembelajaran mengenai pemertahanan bahasa dan kepunahan bahasa dalam berbagai model riset terapan.
Downloads
References
Abbasi, Muhammad Umar Riaz. "The Role of Mass Communication & Globalization in Global Islamic Perspective Futuristic and Predictive Study of Modern Muslim World." Psychology and Education Journal 58.1 (2021): 874-882.
Almos, Rona, and Sonezza Ladyanna. “Local Wisdom and the Threat of Extinction in Kitchen Appliances of Minangkabau Lexicons.” Padang. 2019.
Almos, Rona, Pramono, and Reniwati. “Pantun Dan Pepatah-Petitih Minangkabau Berleksikon Flora Dan Fauna.” Adabiyyat XIII.2 (2014): 300–317.
Azra, Aryumardi. 2003. Pendidikan Islam, Tradisi Dan Moderenisasi Menuju Melelial Baru. Jakarta: Logos.
Botifar, Maria. “Pemertahanan Bahasa Dan Pengembangan Kurikulum Bahasa Berbasis Analisis Kebutuhan.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.
Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: 2.2 (2019): 294-221.
Deviana, Tyas. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangsa Sebagai Bangsa Indonesia.” Pemikiran Dan Pengembangan SD 6.1 (2018): 47–56.
Fathul Amin. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 12.2 (2019):33–45.
Hadi, Syofyan. Naskah Al- Manhal Al-’Adhb Li-Dhikr Al- Qalb: Kajian Atas Dinamika Perkembangan Ajaran Tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah Di Minangkabau. Jakarta: Lembaga Studi Islam Progresif (LSIP). 2011.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: PT Bumi Aksara. 2001.
Hasan, Iqbal. Analisa Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2004.
Hermawati, Dyah Aju. “Analisis Kebutuhan (Needs Analysis) Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (ESP) Pada Kelas Manajemen Agroindustri Politeknik Negeri Jember.” Ilmiah Inovasi 15.2 (2015): 176-189.
Hutchinson, and Walters. English for Specific Purposes: ALearning-Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press. 1987.
Ibrahim, Gufran Ali. “Bahasa Terancam Punah, Sebab-Musabab, Gejala Dan Strategi Perawatannya.” Linguistik Indonesia 27.1 (2011): 35–52.
Matanari, Ratimah. "Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih (Studi tentang Konsep Akhlak dan Korelasinya dengan Sistem Pendidikan)." Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15.2 (2021): 113-126.
Muktadir, Abdul. “Pengembangan Silabus Model Bahan Ajar Mulok Berbasis Cerita Rakyat Untuk Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Provinsi Bengkulu.” in Proceding The Second international Conference on education, Tecnology, and Sciences: “Integrating Technology and Science into Early Childhood and Primary education.” 2016.
Nasution, Leni Masnidar. “Statistik Deskriptif.” Jurnal Hikamh 14.1 (2017): 49–55.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11.1 (2017): 89-97.
Nunan. The Leaner-Centered Curriculum. Cambridge: Cambridge University Press. 1988.
Richards. The Language Teaching Matrix. Cambridge: Cambridge University Press. 2001.
Robbie, R. Iqbal, Andhika Rahmat Saputra, and Yans Nur Afifah. "Acculturation Coalesce Between Islamic Leadership with Minangkabau Local Wisdom." Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman 29.1 (2021): 128-151.
Sari, Faradilla Intan. “Analisis Kepunahan Bahasa Pada Masyarakat Transmigrasi Di Jorong Lubuk Mscang Kabupaten Dharmasraya.” International Journal of Technology Vocational Education and Training (IJTVET) 1.1(2020):25–30.
Singaribun, Masri, and Sofian Effendi. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Pustaka LP3ES. 1989.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Fatmawati Fatmawati. "Kompetensi Kemahiran Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Riau." GERAM 8.2 (2020): 86-96.
Sumarsono. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.
Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.
Tarihoran, Naf’an. “Pengembangan Silabus Bahasa Inggris Di IAIN SMH Banten.” Alqalam 25.2 (2008):217–31.
Ulya, Abdul Wahid. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams Pada Masa Pandemi.” Al- Thariqah 6.1 (2021): 89-101.
Wati, Welmi Dia. “Naskah Syair ‘Nazam Usiat’: Gaya Bahasa Dan Isi.” Wacana Etnik 3.1 (2012):115–42.
Widianto, Eko. “Pemertahanan Bahasa Daerah Melalui Pembelajaran Dan Kegiatan Di Sekolah.” Jurnal Kredo 1.2 (2018): 1–13.
Zulaeha, Ida. “Strategi Pemertahanan Bahasa Daerah Pada Ranah Pendidikan.” Jurnal Peradaban Melayu 12 (2017):40–56.