Peningkatan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Peserta Didik: Penerapan Mobile Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7970Keywords:
Mobile learning, motivasi belajar, pengetahuan, pendidikan agama IslamAbstract
Penelitian dilatar belakangi keadaaan majunya masyakat dengan revolusi Industri 4.0 yang berimpak pada pendidikan, namun penerapan pembelajaran masih cenderung konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan mobile learning terhadap peningkatan motivasi belajar dan pengetahuan peserta didik di SMK Negeri Samarinda. Melalui pendekatan kuantitafif, yakni quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan mobile learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar dan pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri Samarinda. Pengaruhnya dalam peningkatan motivasi belajar dengan kategori sedang dan peningkatan pengetahuan peserta didik dengan kategori tinggi. Data tersebut membuktikan bahwa penerapan mobile learning secara efektif mampu meningkatkan motivasi dan pengetahuan peserta didik. Dari hasil penelitian ini hendaknya stakeholder dapat menyelenggarakan workshop mengenai penerapan atau pengembangan mobile learning pada era pendidikan 4.0 dan pendidik dapat menjadikan mobile learning sebagai alternatif dalam pemilihan model pembelajaran dengan menyesuaikan karakeristik materinya.
Downloads
References
Akbar, A., & Noviani, N. "Tantangan dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia". Meningkatkan Literasi Pendidikan Dalam Rangka Menyosong Revolusi industri 4.0, (2019): 18–25.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.
Apri Dwi Sulistyo, A. abdurrahman. (2016). Pengembangan Mobile Learning Menggunakan Schoology Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(mobile learning), 148–150.
Ardiansyah, Abd. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Brophy, J. (2010). Motivating Students to Learn (3 ed.). Routledge.
Budiman, M. A. (2017). Pendidikan Agama Islam. Grafika Wangi Kalimantan.
Chanifah, N., Hanafi, Y., Mahfud, C., & Samsudin, A. (2021). Designing a spirituality-based Islamic education framework for young muslim generations: A case study from two Indonesian universities. Higher Education Pedagogies, 6(1), 195–211. https://doi.org/10.1080/23752696.2021.1960879
Cook, D. A., & Artino, A. R. (2016). Motivation to learn: An overview of contemporary theories. Medical Education, 50(10), 997–1014. https://doi.org/10.1111/medu.13074
Darmawan, D. (2016). Mobile Learning: Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Rajawali Press.
Darmawan, D. (2017). Teknologi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
David Stillman, J. S. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja (2 ed.). Gramedia Pustaka Utama.
El-Hussein, M. O. M., & Cronje, J. C. (2010). Defining Mobile Learning in the Higher Education Landscape. Educational Technology & Society, 13(3), 12–21.
El-Sofany, H. F., & El-Haggar, N. (2020). The Effectiveness of Using Mobile Learning Techniques to Improve Learning Outcomes in Higher Education. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(08), 4. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i08.13125
Filgona, J., Sakiyo, J., M. Gwany, D., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/AJESS/2020/v10i430273
Firna Setiawan, D. (2018). Prosedur Evaluasi Dalam Pembelajaran. Deepublish.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar (15 ed.). Bumi Aksara.
Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI TAHUNAN YOGYAKARTA. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4), 191–216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180
Kusyaeri, D. (2017). Pengaruh Mobile Learning Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Dinamika Partikel. UIN Syarif Hidayatullah.
Mahfud, C. (2019). Tantangan Global Dan Lokal Islam Di Indonesia. Samudera Biru.
Mahfud, C., Saifulloh, M., Prasetyawati, N., Agustin, D. S., Suarmini, N. W., Hendrajati, E., & Hidayat, M. C. (2021). Mahfud, C., Saifulloh, M., Prasetyawati, N., Agustin, D. S., Suarmini, N. W., Hendrajati, E., & Hidayat, M. C. (2021). Digitizing the Values of Religious Character, Pancasila and Citizenship Education Through YouTube. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 170-177. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8, 170–177. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.656
Majid, A. (2012). Jurnal Penelitian Pendidikan. Mobile Learning, 1–11.
Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Rosdakarya.
Minan Chusni, M. (2018). AppyPie untuk Edukasi; Rancanga Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android. Media Akademi.
Muyasaroh, M., Ladamay, O. M. M. A., Mahfud, K., Mustakim, M., & Sejati, Y. G. (2020). The Utilization of Gadget in Maintaining Prophetical Values in Millennial Generation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5602–5615. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201655
Nurcahyo, P. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin & Konversi Enersi di SMK N 2 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta.
Opit, H. V. (2014). Motivation and Activity Analysis for Improving Learning Achievement of Teaching Planning in State University of Manado. International Journal of Education and Research, 2 No. 10, 479–488.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Sari, A. M., & Nurcahyo, H. (2018). Improving students learning motivation through mobile learning. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6859
Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38
Sönmez, A., Göçmez, L., Uygun, D., & Ataizi, M. (2018). A review of Current Studies of Mobile Learning. Journal of Educational Technology and Online Learning, 1(1), 12–27. https://doi.org/10.31681/jetol.378241
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (12 ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Sukmawati, F. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP BERBASIS ANDROID UNTUK BEKAL MENGHADAPI UAN DI SMP ISLAM BAKTI 1 SURAKARTA. Respati, 11(31). https://doi.org/10.35842/jtir.v11i31.118
Sukses Dakh, A. (2020). Peningkatan Hasil belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8, 468–470.
Sung, Y.-T., Chang, K.-E., & Liu, T.-C. (2016). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers & Education, 94, 252–275. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008
Syam, J. (2016). Pendidikan Berbasis Islam Yang Memandirikan Dan Mendewasakan. Jurnal EduTech, 2, 73–83. https://doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i2.600
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.
Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021).
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.
Tim APJII. (2018). Potret Zaman Now Pengguna & Perilaku Internet di Indonesia. APJII, 23.
Viberg, O. (2015). Design and use of mobile technology in distance language education: Matching learning practices with technologies-in-practice. Repro.
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Rajawali Press.