Teks Berwawasan Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran Bahasa sebagai Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7926Keywords:
Teks berwawasan kecerdasan ekologis, pembelajaran bahasa, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan peran teks berwawasan kecerdasan ekologis dalam pembelajaran bahasa sebagai alternatif penanaman nilai-nilai pendidikan islam. Metode yang digunakan adalah analisis konsep dan dianalisis menggunakan content analysis. Penelitian ini menghasilkan, yaitu: Pertama, kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat, bukan berarti harus menganulir karakter kepedulian yang ada pada manusia sehingga tatap berada dalam koridor nilai-nilai pendidikan Islam. Kedua, wawasan kecerdasan ekologis atau kecerdasan ekologis tidak hanya terintegrasi atau diamanahkan pada bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu, melainkan dibebankan pada setiap bidang ilmu atau mata pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Ketiga, wujud nyata penanaman kecerdasan ekologi dapat diintergrasikan dengan nilai-nilai pendidikan Islam pada pelajaran bahasa Indonesia dengan teknis pemanfaatan teks berwawasan kecerdasan ekologis. Keempat, pemanfaatan teks berwawasan kecerdasan ekologis untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan. Penelitian ini berkontribusi dalam mengembangkan wawasan kecerdasan ekologis dalam pembelajaran bahasa dengan nilai-nilai pendidikan Islam.
Downloads
References
Al-Maroof, Rana Saeed, Aseel M. Alfaisal, and Said A. Salloum. "Google glass adoption in the educational environment: A case study in the Gulf area." Education and Information Technologies 26.3 (2021): 2477-2500.
An, Tao, and Martin Oliver. "What in the world is educational technology? Rethinking the field from the perspective of the philosophy of technology." Learning, Media and Technology46.1 (2021): 6-19.
Ansori, R. A. M. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”. Jurnal Pusaka, 4.2 (2017): 14-32.
Arifin, H. Muzayyin. “Filsafat Pendidikan Islam”. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.
Azizah, N. “Nilai-nilai pendidikan Islam dalam hadis-hadis akikah”. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 7.1 (2019): 98-102.
Carroll, Meredith, et al. "An applied model of learner engagement and strategies for increasing learner engagement in the modern educational environment." Interactive Learning Environments 29.5 (2021): 757-771.
Ermanto dan Emidar. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Isnanda, Romi. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal prinsip, Konsep, dan Implementasi di Era Industri 4.0. Ciamis: Insan Cerdas Bermartabat. 2020.
Jamun, Y. M. “Dampak teknologi terhadap Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10.1 (2018): 48-52.
Mukhadis, A. “Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi”. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.2 (2013): 178-189.
Ngafifi, M. “Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2.1 (2014): 132-141.
Radchikova, Nataly P., Maria A. Odintsova, and Marina G. Sorokova. "Prerequisites for Accepting the Digital Educational Environment in New Cultural and Historical Conditions." Cultural-Historical Psychology 17.3 (2021): 115-124.
Romdoni, L. N., and Malihah, E. “Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren”. Jurnal Pendidikan Agama Islam al- Thariqah, 5.2 (2020): 13-22.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., and Ayuning, A. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17.2 (2020): 188-198.
Sergeieva, Larysa M., et al. "Development of the modern educational environment of the institution of professional (vocational-technical) education in the digital space." Linguistics and Culture Review 5.S3 (2021): 459-475.
Setadi Elly M., et. al. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung: Kencana. 2009.
Setiawati, S., & Pratiwi, H. A. “Aspek kohesi konjungsi dalam wacana opini pada majalah Tempo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1. i1, (2015): 45-56.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Fatmawati Fatmawati. "Kompetensi Kemahiran Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Riau." GERAM 8.2 (2020): 86-96.
Suwandi, S., & Yunus, A. “Kecerdasan ekologis dalam buku sekolah elektronik mata pelajaran bahasa Indonesia SMP”. Litera, 15.1 (2016): 178-192.
Suwandi, Sarwiji. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0, Implementasi Pembelajaran, Penilaian, dan Kurikulum”. Bandung: Rosdakarya. 2019.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.
Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.
Tohochynskyi, Olekcii, et al. "Professionally oriented training of specialists to work in the conditions of the inclusive educational environment." Cypriot Journal of Educational Sciences 16.3 (2021): 1231-1243.
Tschannen-Moran, Megan, Anita Woolfolk Hoy, and Wayne K. Hoy. "Teacher efficacy: Its meaning and measure." Review of educational research 68.2 (1998): 202-248.
Tulalessy, Q. D. “Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Ekologis”. Jurnal Triton Pendidikan, 1.1 (2016): 51-56.
Untari, Rahmania, et al. "The Development and Application of Interactive Multimedia in Project-Based Learning to Enhance Students' Achievement for 2D Animation Making." International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 15.16 (2020): 17-30.
Wicaksono, A., & Roza, A. S. (Eds.). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca. 2015.
Wilson, Kimberley. "Exploring the Challenges and Enablers of Implementing a STEM Project-Based Learning Programme in a Diverse Junior Secondary Context." International Journal of Science and Mathematics Education 19.5 (2021): 881-897.
Wu, Ting-Ting, and Yu-Tzu Wu. "Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits." Thinking Skills and Creativity 35 (2020): 100631.
Wu, Yingying, et al. "Teachers' emotional intelligence and self-efficacy: Mediating role of teaching performance." Social Behavior and Personality: an international journal 47.3 (2019): 1-10.
Yeung, Kam Leung, Shana K. Carpenter, and Daniel Corral. "A Comprehensive Review of Educational Technology on Objective Learning Outcomes in Academic Contexts." Educational Psychology Review 33.4 (2021): 1583-1630.
Yıldırım, Murat, and Abdurrahim Güler. "COVID-19 severity, self-efficacy, knowledge, preventive behaviors, and mental health in Turkey." Death studies (2020): 1-8.
Yudistiro, I. A. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasi Sebagai Moderasi”. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, 9.1 (2015): 38-50.
Zee, Marjolein, and Helma MY Koomen. "Teacher self-efficacy and its effects on classroom processes, student academic adjustment, and teacher well-being: A synthesis of 40 years of research." Review of Educational research 86.4 (2016): 981-101