Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad Ke-20: Pergulatan Ilmiah Akademik Lembaga Pendidikan di Sumatera Barat

Authors

  • Yasmansyah Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
  • Iswantir Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7809

Keywords:

Pembaruan pendidikan Islam, Minangkabau, kaum muda, islamisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui modernisasi pendidikan Islam pada awal abad ke-20 di Sumatera Barat. Penelitian ini jenis kualitatif dengan metode analisis konsep. Sumber data adalah buku Burhanuddin Daya tentang Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam (1995) dan jurnal atau buku-buku yang relevan dan dianalisis dengan content analysis. Paradigma pemikiran modernisasi Islam di Minangkabau sudah muncul semenjak lahirnya puritanisasi sebagai pendobrak pemurnian pemahaman Islam orang Minangkabau yang sinkretisme. Meskipun demikian, modernisasi Islam lebih berkembang ketika awal abad ke-19 seiring dengan bergeraknya kaum agama membangun sekolah-sekolah agama modern, mengubah sistem surau yang tradisional dengan sistem pendidikan modern yang klasikal, berijazah dan memiliki kurikulum. Modernisasi surau ini ditandai dengan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan Islam masa kini; Adabiyah School, Sumatera Thawalib, Diniyah School, Madrasah Tarbiyah Islamiyah, dan Normal School. Model-model pendidikan menerapkan kurikulum dengan memadukan antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu umum dan menekankan penguasaan bahasa Arab dan Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berimplikasi dalam mengembangkan khazanah keilmuan tentang pendidikan Islam bidang teori “modernisasi pendidikan Islam” dalam pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Muhammad. “Pembaharuan Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern”. AL-MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 5.2 (2020): 22-33.

Abdullah, Muhammad. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Abdullah, Taufik, and Claire Holt. "Modernization in the Minangkabau world: West Sumatra in the early decades of the twentieth century." Culture and politics in Indonesia. Cornell University Press, (2019). 179-245.

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Alfurqan, Alfurqan. "Evolution and Modernization of Islamic Education In Minangkabau." Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 16.1 (2020): 82-98.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitia: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 1992.

Ashadi, Andri. "Negotiation of Tradition, Islam, and Modernity in the Kaum Mudo Islamic Reform Movement in Minangkabau." Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam9.1 (2019): 30-59.

ARSİH, Fitri, et al. "The Exploration of Educational Value in Randai Minangkabau Art, Indonesia." Journal for the Education of Gifted Young Scientists 7.4 (2019): 1225-1248.

Azyumardi Azra. Surau: Pendidikan Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.

Baidlawi, H. M. “Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Atas Pembaharuan Pendidikan di Pesantren) H. Moh. Baidlawi,” Tadris, 1.2 (2003): 137-151.

Baidlawi, H. Moh. “Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Atas Pembaharuan Pendidikan Pesantren)”. Jurnal Tadris. 1.2 (2006): 154-167.

Daya, Burhanuddin. 1995. Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam (Kasus Sumatera Thawalib). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya

Fadil, Abdul. “Transformasi Pendidikan Islam di Minangkabau.” Jurnal Sejarah Lontar 4. 2 (2007): 128-145.

Fazlur Rahman, 1984, “Islam”, Terj. Ahsin Muhammad, Bandung: Pustaka.

Fithri, Widia. "Islamic Educational Dynamic in Minangkabau (An 86-year Journey of Madrasah Diniyah Pasia)." Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies 2.2 (2020): 91-111.

Hafizah, H., et al. "Implementation of Abs Sbk Value in Life ff Minangkabau People." European Journal of Education Studies 8.7 (2021).

Harto, Jemmy. "Surau as Education Institutions of Muslim in Minangkabau (Study The Role Sheikh Burhanuddin Ulakan In Building Education System Of Surau In Minangkabau 1100-1111 AH)." Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 9.1 (2018): 71-94.

Kafrawi, Ridwan. Ensiklopedi Islam Jilid I. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hove. 1993.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Nata, Abuddin. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga- lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Grasindo, 2001.

Rafles, H., Muhammad Taufan, and Sabiruddin Sabiruddin. "Role of abdullah ahmad on the modernization of islamic education in Minangkabau." Khalifa Journal of Islamic Education 1.1 (2018): 31-50.

Rahman. R, et al. Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad ke-20 (Studi Kasus di Sumatera Barat), Padang: UNP, 2015.

Ramayulis, Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Ciputat: Quantum Teaching, 2010.

Ramayulis. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

Ritonga, Mahyudin, Pahri, Rahmawati, Syahraini Tambak, Ahmad Lahmi, Imratul Handayani, Slamet Riyadi. "Strategies for Developing Tarkib Arabic Exercises Instruments for Strengthening the Understanding of Yellow Book." International Journal of Entrepreneurship 25 (2021): 1-9.

Rodin, Rhoni, and Miftahul Huda. "The Rahmah El-Yunusiyah's Dedication in Islamic Education for Women in Indonesia." International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 3.3 (2020): 96-106.

Satria, Rengga. "Dari Surau Ke Madrasah: Modernisasi Pendidikan Islam Di Minangkabau 1900-1930 M." TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14.2 (2019): 277-288.

Selamat, Kasmuri. "The Renewal of Islam in Minangkabau’s Community from Paderi to Young Generation: A Perspective Study on History and Islamic Characteristics." JURNAL PENELITIAN (2021): 27-40.

Saefudin, Saefudin. "The Shift in The Tradition of Islamic Education in Indonesia from The 19th Century to The Early 21st Century." IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 19.1 (2021): 1-23.

Sari, Milya dan Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA”. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 6.1 (2020): 41-53.

Sholicin, M. “Modernisasi Pendidikan Pesantren”, Jurnal Tadris. 6. 1 (2011): 178-189

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Suriani, Suriani, et al. "Islamic Education and Colonial Education: Islamic School and Dutch School in Westkust Sumatra in Historical Perspective." (2019).

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. "Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 1-26.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on the Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, Muhammad Yusuf Ahmad, and Hamzah. "Pelaksanaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTs Negeri di Kota Pekanbaru." Al-Hikmah 11.1 (2014): 30-60.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Kontribusi Motivasi Mengajar dan Kecerdasan Emosional dalam Penggunaan Metode Ceramah Guru Madrasah Tsanawiyah." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10.1 (2020): 143-156.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Tambak, Syahraini, et al. "Exploring Malay Culture in Madrasah Learning: Revealing the Value of Malayness in Madrasah Tsanawiyah Curriculum." Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 10.2 (2020): 87-104.

Tambak, Syahraini. Profesionalisme Guru Madrasah. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 78-96.

Tambak, Syahraini. "Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 12.2 (2015): 182-199.

Syed Sajjad, Husein, “Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam, Terj. Rahmani Astuti, Bandung: Gema Risalah Press, 1994.

Yahya, Yuangga K., et al. "Islamic Identity in Minangkabau: A Case Study of the Rejection of Minangkabau Bible Translation Application." International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020). Atlantis Press, 2020.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung. 1985.

Zulhimma, Sejarah Pembaharuan Pendidikan Islam di Minangkabau, Jurnal Thariqah Ilmiah, 02. 02 (2020): 123-136

Additional Files

Published

15-12-2021

How to Cite

Yasmansyah, & Iswantir. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad Ke-20: Pergulatan Ilmiah Akademik Lembaga Pendidikan di Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 185–200. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7809