Pengembangan Mutu Peserta Didik dalam Pembelajaran: Implementasi Profesionalisme Guru Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7425Keywords:
Mutu peserta didik, profesionalisme guru madrasah, pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan implementasi profesionalisme guru madrasah dalam pengembangan mutu peserta didik. Menggunakan penelitian studi kasus dengan informan guru madrasah. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa profesionalisme guru dalam mengembangkan mutu perta didik dalam pembelajaran di madrasah dengan memperkuat persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut. Pengembangan bahan ajar, media pembalajaran berbasis teknologi informasi, metode pembelajaran bervariasi dan evaluasi yang berkesinambungan. Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, dan kompetensi kepemimpinan dimaksimalkan dalam mengembangkan mutu peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mutu peserta didik dikembangkan oleh profesioanalisasi guru madrasah melalui pembelajaran berkualitas, mengidentifikasi berbagai kendala dan berupaya mengembangkan mutu peserta didik dalam manajemen madrasah, guru, siswa, orangtua, dan sistem informasi. Temuan penelitian berimplikasi pada pengembangan mutu peserta didik dalam pembelajaran madrasah. Penelitian ke depan direkomendasikan untuk mengembangkan penelitian eksperimen untuk mengukur secara akurat profesionalisme guru madrasah dalam mengembangkan mutu peserta didik dalam pembelajaran di madrasah.
Downloads
References
Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.
Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.
Amir Hamzah. Etos Kerja Guru Era 4.0 Industri. Malang: Nusantara Abadi. 2019.
Antoniou, Josephina. "New technological learning environments: Tensions between teaching and learning in groups and consideration of learning styles to improve quality of student experience." Quality of Experience and Learning in Information Systems. Springer, Cham, 2021. 19-36.
Chesnut, Steven R., and Daniel B. Hajovsky. "Measuring Preservice Teachers’ Anticipated Teacher–Student Relationship Quality." Journal of Psychoeducational Assessment 6.2 (2021): 319-332. 07342829211039410.
Daimah, Daimah, and Setyo Pambudi. “Pendekatan Sosiologi Dalam Kajian Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, 9. 2 (2018): 115–26. doi:10.22236/jpi.v9i2.1814.
Das Salirawati. “Kiat-Kiat Menjadi Guru Profesional.” Staffnew.Uny.Ac.Id, 2008. 1–17, http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001805/pendidikan/Kiat+Menjadi+Guru+Profesional_0.doc.
Depdiknas. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003, p. 6, http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc.
Durham, Marianne L., and Emily Town. "Interprofessional student quality improvement project in a federally qualified health center." Journal of Nursing Education 59.10 (2020): 585-588.
Fortney, Atley. "OER Textbooks versus Commercial Textbooks: Quality of Student Learning in Psychological Statistics." Locus: The Seton Hall Journal of Undergraduate Research 4.1 (2021): 4.
Goldman, Joanne, et al. "Theory in quality improvement and patient safety education: A scoping review." Perspectives on Medical Education (2021): 1-8.
Hindun, N. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pengawas Dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan : Studi Pada SD Negeri Di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 1. 2 (2017): 79–87.
Liew, Chia Pao, et al. "Evaluation of Engineering Students' Learning Outcomes: Creating a Culture of Continuous Quality Improvement." International Journal of Emerging Technologies in Learning 16.1 (2021): 211-232.
Lindh Falk, Annika, et al. "Interprofessional student teams focus on staff issues while learning about quality improvement." Journal of Interprofessional Care 35.4 (2021): 552-557.
Nata, Abbudin. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2014.
Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Sumatra Utara: Wal Asri Publising, 2020.
Muhammad Bin Ismail Al Bukhori , Shohih Bukhori Juz 3 Penertbit Darul Hadis
Muhammad Tholchah Hasan, S. W. Metode Penelitian Kualitatif Tinjaun Teoritis Dan Praktis. Malang: VISIPRESMEDIA 2013.
Ilda Arafa Supriyanto. Strategi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. 2019. 808–816.
Iskandar, Dian. “Implementasi Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Journal of Management Review 2. 3 (2018): 261-279. doi:10.25157/jmr.v2i3.1804.
Qiu, Yongjian, et al. "Research on the Path and Effect Evaluation of Students’ Quality Improvement in Private Colleges." Complexity 21.2 (2021): 561-574.
Ritonga, Mahyudin, Pahri, Rahmawati, Syahraini Tambak, Ahmad Lahmi, Imratul Handayani, Slamet Riyadi. "Strategies for Developing Tarkib Arabic Exercises Instruments for Strengthening the Understanding of Yellow Book." International Journal of Entrepreneurship 25.1 (2021): 1-9.
Rony. “Analisis Manajemen Konflik Di Sekolah.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya 2.2 (2019): 92–115.
Soediono B. “Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007.” Journal of Chemical Information and Modeling 12. 1 (2007): 245-256. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf.
Suryadharma Ali (Menteri Agama Republik Indonesia). “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010.” Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan( Pendekatan Kuanlitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2017.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Dengan Penguatan Konsep Khalifah.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4.1 (2020): 41–66. doi:10.21009/004.01.03.
Umar, Mardan, and Feiby Ismail. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11.2 (2018): 234-246. doi:10.30984/jii.v11i2.581.
Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.
Winarti , C. Sri Hartati, Nugroho Mardi W. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Negeri Mojodelik I Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.” Jurnal Mitra Pendidikan 4.1 (2020): 1-9. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473.
Yuliyanti, R. Hubungan Guru Dan Murid Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dan Implementasinya Dalam Tradisi Pembelajaran Di Pondok Pesantren Nurul Hikmah. 2017, http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1371.
Zuhri, I. Mustofa. “Model Pengembangan Mutu Sumberdaya Guru Lembaga Pendidikan Islam.” Fenomena 20.1 (2021): 19-32. doi:10.35719/fenomena.v20i1.44.
Azizah, Khanifatul and Muhammad Ali Fuadi. “Profesionalisme Guru Dalam Islam : Kajian Konseptual Hadits Profesionalisme Guru Dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi.” Jurnal Tarbawi 6.1 (2021): 78-92.
Bali Sastrawan, Ketut. “Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Jurnal Penjaminan Mutu 2.2 (2016): 265-279.
Daimah, Daimah and Setyo Pambudi. “Pendekatan Sosiologi Dalam Kajian Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 9.2 (2018):115–26.
Depdiknas. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003
Jannah, Wirdatul. “Menjadi Guru Profesional: Memahami Hakikat Dan Kompetensi Guru.” 6.1 (2021): 1-8.
Lutfiani AR, Lia, Cecep Darul Iwan, and Didih Syakir Munandar. “Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa.” Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam 17.2 (2021):193-211.
Muchith, M. Saekan. “Guru PAI Yang Profesional.” Quality 4.2 (2016):228-237.
Rony. “Analisis Manajemen Konflik Di Sekolah.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya 2.2 (2019): 92-115.
Sinonsayang, Kecamatan and Kabupaten Minahasa. “Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Eksekutif 1.1 (2018): 1-11.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Tambak, Syahraini and Desi Sukenti. “Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Dengan Penguatan Konsep Khalifah.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020):41–66.
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 21.2 (2021): 417-435.
Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.
Tambak, Syahraini. "Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 1-26.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020): 27-38.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on the Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.
Tambak, Syahraini, Muhammad Yusuf Ahmad, and Hamzah. "Pelaksanaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTs Negeri di Kota Pekanbaru." Al-Hikmah 11.1 (2014): 30-60.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Kontribusi Motivasi Mengajar dan Kecerdasan Emosional dalam Penggunaan Metode Ceramah Guru Madrasah Tsanawiyah." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10.1 (2020): 143-156.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.
Tambak, Syahraini, et al. "Exploring Malay Culture in Madrasah Learning: Revealing the Value of Malayness in Madrasah Tsanawiyah Curriculum." Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 10.2 (2020): 87-104.
Tambak, Syahraini. Profesionalisme Guru Madrasah. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 78-96.
Tambak, Syahraini. "Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 12.2 (2015): 182-199.
Umar, Mardan and Feiby Ismail. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11.2 (2018): 282-299.
Umar, Mardan and Feiby Ismail. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11.2 (2018): 218-225.
Winarti , C. Sri Hartati, Nugroho Mardi W. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Negeri Mojodelik I Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.” Jurnal Mitra Pendidikan 4.1 (2020):1-9.
Zuhri, I. Mustofa. 2021. “Model Pengembangan Mutu Sumberdaya Guru Lembaga Pendidikan Islam.” Fenomena 20.1 (2021):19-32.