Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran

  • M. Yusuf Ahmad Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Indah Mawarni Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Lingkungan sekolah, kreativitas belajar, pendidikan agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi, melibatkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk menjawab angket yang diberikan, dan dianalisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan regresi linear sederhana. Lingkungan sekolah ditingkatkan dengan baik secara signfikan berkontribusi besar dalam memunculkan aspek-aspek kreativitas belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Kuatnya pengaruh lingkungan sekolah untuk mengembangkan kreativitas belajar peserta didik menjadi domain bagi guru untuk memperhatikannya. Sebab jika lingkungan sekolah kurang memfasilitasi belajar peserta didik, maka kreativitas belajar pendidikan agama Islam pun mengalami penurunan. Maka, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah mampu mengembangkan kreativitas belajar peserta didik dalam bidang pendidikan agama Islam. Penelitian berimplikasi pada pengembangan teori “kreativitas belajar pendidikan agama Islam” dengan penguatan lingkungan sekolah. Direkomendasikan penelitian eksperimen untuk menerapkan pengembangan lingkungan sekolah yang baik bagi kehidupan peserta didik yang memfasilitasi nilai-nilai kreativitas dalam pendidikan agama Islam masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi. “Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2. 1 (2017): 51-72.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Ali, Mohammad, and Mohammad Asrori. ”Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.” (2004).

Aunurrahman. “Belajar dan Pembelajaran.” (2014)

Azizah, Khanifatul, and Muhammad Ali Fuadi. "Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6.1 (2021): 73-87.

Budiningsih, Asri. “Belajar dan Pembelajaran.” (2012)

Büning, Christian, Lara Jürgens, and Hedda Lausberg. "Divergent learning experiences in sports enhance cognitive executive functions and creativity in students." Physical Education and Sport Pedagogy 26.4 (2021): 402-416. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1812056

Fatima, Choiri, and Nurul Latifatul Inayati. Hubungan Inisiatif Guru Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK Sahid Surakarta Tahun Pelajaran 2017-2018. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.

Gonçalves, Cátia, and Orlando Lima Rua. "Learning Creativity and Student's Performance: An Empirical Study From Portugal." E-Revista de Estudos Interculturais 9, Vol. 3 (2021).

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Hsia, Lu‐Ho, Yen‐Nan Lin, and Gwo‐Jen Hwang. "A creative problem solving‐based flipped learning strategy for promoting students’ performing creativity, skills and tendencies of creative thinking and collaboration." British Journal of Educational Technology (2021).

Hurlock, Elizabeth B. “Perkembangan Anak Terjemahan Meitasari Thandrasa.” (1978).

Jakubakynov, Beibit, et al. "Gifted Students Creativity: The Role of Preliminary Orientation and Individual Learning Strategies." Thinking Skills and Creativity (2021): 100883.

Kadir, Abdul. “Dasar-Dasar Pendidikan.” (2012).

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. “Manajemen Kelas (Classroom Management): Guru Profesional yang Insiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi.” (2014).

Khairi, Zuriatul. "Pandangan dan Sikap Siswa Madrasah Aliyah terhadap Nonmuslim." TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 3.1 (2011): 56-75.

Mariyana, dkk. “Pengelolaan Lingkungan Belajar.” (2010).

Munandar, S.C. Utami. “Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah.” (2018).

Munandar, Utami. “Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.” (2012).

Mutiah, Diana. “Psikologi Bermain Anak Usia Dini.” (2010).

Nasional, Departemen Pendidikan. "Teropong Pendidikan Kita." Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (2006).

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38.

Pantiwati, Yuni. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Lesson Study Untuk Meningkatkan Metakognitif.” Jurnal BIOEDUKATIKA 3. 1 (2015): 27-32.

Prameswara, Ajeng Prahasta. Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Muhammadiyah 2 Kalorejo Lampung Tengah. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Pratomo, Laurensia Claudia, and Dewi Kusuma Wardani. "The Effectiveness of Design Thinking in Improving Student Creativity Skills and Entrepreneurial Alertness." International Journal of Instruction 14.4 (2021).

Prayitno, Duwi. “Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS.” (2010).

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. “Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak usia Taman Kanak-Kanak.” (2010).

Salama, Safira Zidna, and Lina Fauzi'ah. "The implementation of somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) approach with multiple representation to students creativity on acid and bases titration." AIP Conference Proceedings. Vol. 2370. No. 1. AIP Publishing LLC, 2021.

Sawyer, R. Keith. "The Dialogue of Creativity: Teaching the Creative Process by Animating Student Work as a Collaborating Creative Agent." Cognition and Instruction(2021): 1-28. https://doi.org/10.1080/07370008.2021.1958219.

Sirajudin, N., and J. Suratno. "Developing creativity through STEM education." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1806. No. 1. IOP Publishing, 2021.

Siregar, Nurliani, Hisar Siregar, and Hasahatan Hutahaean. "Application of the Picture and Picture Type of Cooperative Learning Model in Improving Student Learning Creativity." JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 23.1 (2021): 23-36.

Slameto. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.” (2015

Sukardi. “Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.” (2017).

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Sulfemi, Wahyu Bagja. “Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegrasi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam.” Edukasi 16.2 (2018): 294585.

Supena, Ilyas, Agus Darmuki, and Ahmad Hariyadi. "The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students' Learning Outcomes." International Journal of Instruction 14.3 (2021): 873-892.

Susanto, Ahmad. “Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori).” (2017).

Susanto, Ahmad. “Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.” (2011).

Taheri, Mahdokht, et al. "Analyzing the relationship between learning styles (Kolb and VARK) and creativity with the academic achievement of dental students." Journal of Education and Health Promotion 10 (2021).

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Kontribusi Motivasi Mengajar dan Kecerdasan Emosional dalam Penggunaan Metode Ceramah Guru Madrasah Tsanawiyah." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10.1 (2020): 143-156.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. “Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers”. Dinamika Ilmu: Journal of Education 21.2 (2021): 413-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).

Tambak, Syahraini, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of madrasah teacher professionalism by strengthening the khalifah concept and islamic psychosocial perspective." (2018): 34-42.

Tambak, Syahraini. "Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 12.2 (2015): 182-199.

Tambak, Syahraini. "Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 1-26.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20.

Yeh, Yu-chu, Wei-Chin Hsu, and Evgeniy Yastrubinskiy. "Decomposing the influences of aesthetic experience processes on creativity learning through various consciousness interventions." Thinking Skills and Creativity 39 (2021): 100756. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100756.

Yousef, Ahmed Mohamed Fahmy. "Augmented reality assisted learning achievement, motivation, and creativity for children of low‐grade in primary school." Journal of Computer Assisted Learning (2021).

Published
2021-12-15
Abstract viewed = 524 times
PDF downloaded = 0 times