Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik

Authors

  • Hamdan Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko, Provinsi Jambi, Indonesia
  • Muhammad Nuzli Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko, Provinsi Jambi, Indonesia
  • Sitti Rahma Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Provinsi Jambi, Indonesia
  • Fransisko Chaniago Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Provinsi Jambi, Indonesia
  • Mohd. Norma Sampoerna Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Provinsi Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309

Keywords:

Profesionalitas, guru pendidikan agama Islam, karakter religious

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religious siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan memawancarai dua informan penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religious siswa yaitu melaksanakan shalat dhuha dan zuhur berjama’ah, membaca Al-Qur’an, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan menyampaikan materi ibadah praktis.  Faktor pendukung adalah fasilitas musholla, kerja sama yang baik antara guru pendidikan agama Islam, majelis guru, kepala sekolah dan orang tua. Faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, lingkungan bermain, teknologi, pengawasan dari orang tua. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada teori profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter religious siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. "Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan." Jurnal Prakarsa Paedagogia. (2019).

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Anneli Frelin, Teacher’s Relation Practices and Professionality Sweden, Uppsala University, 2010.

Asep Abdillah, “Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung” Jurnal Pendidikan Agama Islam, (2020) : 19.

Amri, S. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. 2013.

Asmuki, "Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Muhammadiyah Karang Asem Bali" Jurnal Al-INSYIROH, Volume 2, Nomor 1, (2018) : 96.

Aminatul Zahroh, Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya, 2015.

Buchari Alma, Guru Propesional. Bandung: Alfabeta, 2012.

Daryato. Standar Kompetensi dan Penilan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media. 2013.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama, 2014.

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 3.2(2016). 45-46.

Fachruddin Saudagar dan Ali Idrus, Pengembangan Profesionalitas Guru, Jakarta: Gaung Persada, 2009.

Hardani. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu, 2020.

Hamka. Dari hati ke hati. Diunduh dari: https://books.google.co.id/- books?id=d7PjjwEACAAJ. (2016)

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Jannah, M. "Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura." Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.4.5 (2019) 78.

Laoly, Yasonna “Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.” Peraturan Presiden Rapublik Indonesia. 2017.

Moh. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008.

M. Surya, Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta, 2014.

Marzuki, M., & Haq, P.I. "Penanaman nilai-nilai karakter religius dan karakter kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 8.1 (2018) 84–94.

Marzuki, Ghufron, A., Kasiyan, Pierawan, A.C., & Ashadi. Character education for 21st century global citizens. In E. Retnowati, A. Ghufron, Marzuki, Kasiyan, A. C. Pierawan, & Ashadi (Eds.), Character Education for 21st Century Global Citizens (Vol. 73). https://doi.org/10.1201/9781- 315104188. (2018).

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya. 2017.

Marzuki. 2015. “Konsep Dasar Pendidikan Karakter.” staffnew.uny.ac.id/upload/132001803/lqin-lqin/Dr+Marzuqi,+M.Ag.

Muchith, M. S. "Guru PAI Yang Profesional". Jurnal Quality, 4.4 (2016): 224-225.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.

Muhyani. Metodologi Penelitian Cara Mudah Melakukan Penelitian. Bogor:Uika Press, 2019.

Na’imah, T. Pendidikan karakter (Kajian dari teori ekologi perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami. 2012.

Nasional, Departemen Pendidikan. "Teropong Pendidikan Kita." Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (2006).

Noer, HM Ali. "Pengaruh Pengetahuan Berjilbab dan Perilaku Keagamaan Terhadap Motivasi Berjilbab Mahasiswi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Riau (UIR)." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2016): 172-192.

Octen Suhadi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Untuk SMA/MA .Jakarta: Erlangga, 2018.

Ridla, M. "Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran". Jurnal Tadris. 4.1 (2008): 43.

Rianawati, Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pontianak : IAIN Pontianak Press, 2014.

Ritonga, Mahyudin, Pahri, Rahmawati, Syahraini Tambak, Ahmad Lahmi, Imratul Handayani, Slamet Riyadi. "Strategies for Developing Tarkib Arabic Exercises Instruments for Strengthening the Understanding of Yellow Book." International Journal of Entrepreneurship 25 (2021): 1-9.

Saondi, & Suherman. Etika Profesi Keguruan, Maningkatkan Kinerja Guru. Bandung: Aditama. 2015.

Siregar, N. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara. 2014.

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah, 2013.

Sudarwan Danim dan H.Kairil, Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education9.4 (2020): 1079-1087.

Suyanto, Asep jihad, Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Esensi, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.. 1997.

Stephens, Jennie C. et al. “Higher Education as a Change Agent for Sustainability in Different Cultures and Contexts.” International Journal of Sustainability in Higher Education. 2008.

Syarifuddin K. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama. 2018.

Tafsir, A. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. "Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 1-26.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on the Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, Muhammad Yusuf Ahmad, and Hamzah. "Pelaksanaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTs Negeri di Kota Pekanbaru." Al-Hikmah 11.1 (2014): 30-60.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Kontribusi Motivasi Mengajar dan Kecerdasan Emosional dalam Penggunaan Metode Ceramah Guru Madrasah Tsanawiyah." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10.1 (2020): 143-156.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Tambak, Syahraini, et al. "Exploring Malay Culture in Madrasah Learning: Revealing the Value of Malayness in Madrasah Tsanawiyah Curriculum." Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 10.2 (2020): 87-104.

Tambak, Syahraini. Profesionalisme Guru Madrasah. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 78-96.

TB.Aat Syafaat, et al., Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Victor Battistich, Character Education, Prevention, and Positive Youth Development, Jurnal Universitas Of Missouri, St.Louis, 4.4 (2015): 224.

Zahroh, A. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesional. Bandung: Yrama Widya. 2015.

Additional Files

Published

15-12-2021

How to Cite

Hamdan, Nuzli, M. ., Rahma, S., Chaniago, F., & Norma Sampoerna, M. . (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309