Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus Longitudinal di Pondok Pesantren

  • Rosyida Istiqomah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Reni Hidayah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Manajemen, Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Al Qur’an, Pesantren

Abstract

Penelitian tentang manajemen telah banyak dilakukan, namun mengarah pada pembelajaran al-Qur’an di pondok pesantren belum ditemukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen pembelajaran al-Qur’an di pondok pesantren. Menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara terhadap pimpinan pesantren, guru, dan siswa, serta dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pesantren Bahrul Ulum Tangsil Kulon Bondowoso memiliki manajemen pembelajaran al-Qur’an yang sistematis. Pertama, kegiatan perencanaan pembelajaran al-Qur’an diikuti oleh seluruh pengajar. Adanya pengelompokan santri dalam kelas-kelas tertentu sesuai dengan tingkat kemampuan. Kedua, adanya pengorganisasian yang jelas, sehingga membantu setiap komponen dapat bekerja sesuai wewenang dan tanggung jawab dalam pembelajaran al-Qur’an. Ketiga, dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an terdapat perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas, sehingga dapat memaksimalkan kemampuan santri. Keempat, evaluasi pembelajaran al-Qur’an dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya melihat pada hasil belajar akan tetapi juga proses pembelajaran berlangsung. Implikasi penelitian ini adalah pada pengembangan “teori managemen pembalajaran al-Qur’an” dalam khazanah pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Irfan. “Pembelajaran Al-Qur’an Anti Radikalisme Di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah.” Tarbiyatuna 4. 1 (2020): 34–47. doi:https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.296.

Ahmad, Aris. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Primaganda Jombang.” Turatsuna 22 (2020): 1–14.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Al-Munawar, Said Agil Husain, Syahraini Tambak, and Umi Kalsum. Aktualisasi nilai-nilai Qu'rani dalam sistem pendidikan Islam. Ciputat Press, 2003.

Arisanti, Devi. “Manajemen Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 71–86. doi:https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).620.

Efferi, Adri. “Mengelola Lembaga Pendidikan Di Era Global (Pergeseran Paradigma Humanis Menjadi Bisnis).” QUALITY: Jurnal Pendidikan Islaman 3.1 (2015): 1–19. doi:http://dx.doi.org/10.21043/quality.v3i1.1170.

Fatmawati, Eva. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an.” Jurnal Islamic Education Manajemen 4,.1 ((2019): 25–38. doi:10.15575/isema.v3i2.5255.

Gunawan, Imam, and Djum-Djum Noor Benty. Manajemen Pendidikan. 2017.

Hakim, Abdul, and N. Hani Herlina. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6. 1 (2018): 11–32. doi:https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.

Inayati, Isna Nurul, et al. “Pengaruh Lingkungan Pesantren Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Miftahul Huda.” Tarbiyatuna. 4. 1 (2020): 48–60. doi:https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.304.

Inayati, Nurul Latifatul, and Aisyah Safina. “Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Santriwati Pondok Pesantren Islam Al- Mukmin Sukoharjo.” SUHUF 31. 1 (2019): 13–42.

Nasional, Departemen Pendidikan. "Teropong Pendidikan Kita." Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (2006).

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Rahmawati, Alvi Dyah. “Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab Di Pare Kediri.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3.1 (2018): 52–60. doi:10.24865/ajas.v3i1.71.

Romdoni, Lisda Nurul, and Elly Malihah. “Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 13–22. doi:https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808.

Rukajat, Ajat. Manajemen Pembelajaran. Deepublish, 2018.

Saefrudin. “Pengorganisasian Dalam Manajemen.” Alhikmah 5.2 (2017): 178-182.

Siregar, Muammar Kadafi. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.2 (2018): 16–27. doi:https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263.

Skinner. Ilmu Pengetahuan Dan Perilaku Manusia. Pustaka Pelajar, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 22nd ed., 2015.

Suhendri. “Manajemen Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Kota Medan.” Sabilurrasyad 2.2 (2017): 121-134.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.

Suryapermana, Nana. “Manajemen Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.” An-Nidhom (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1.2 (2016): 73–90.

Syafaruddin. Manajemen Pembelajaran. Quantum Teaching, 2005.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8.1 (2017): 61–82. doi:https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.

Tambak, Syahraini. "SejarahPendidikan Islam: PadaPeriodeKlasikdanPerte ngahan,(ed) Abuddin Nata." Jakarta: Raja GrafindoPersada, Cet II (2010).

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.0.

Tambak, Syahraini, Muhammad Ali Noer, Siti Humairoh, and Mawardi Ahmad. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.

Tambak, Syahraini. "Jihad Pendidikan: Konsep dan Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia." Al-Hikmah 7.14 (2010): 1-15.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Widayati, Yuni. “Manajemen Pembelajaran Kebahasaan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di MAN 2 Yogyakarta.” Media Manajemen Pendidikan 1.1 (2018): 78–86. doi:10.30738/mmp.v1i1.2896.

Published
2021-06-30
Abstract viewed = 264 times
PDF downloaded = 181 times