Pengembangan Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral di Era New Normal: Studi Kasus pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Indah Daratista Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Jaenullah Jaenullah Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6860

Keywords:

Pembelajaran, Anak usia dini, Pandemi, Nilai Agama dan Moral

Abstract

Pandemi covid-19 membuat semua jenis aktivitas dilakukan dari rumah sebagai upaya meminimalisir penyebaran virusnya. Dalam pelaksanaannya, pendidikan Agama Islam pada tingkat pendidikan anak usia dini yang dikenal dengan istilah Nilai Agama dan Moral, terdapat berbagai tantangan dalam proses pengembangan metode pembelajaran yang dilakukan pada masa new normal. Sehingga dengan adanya penelitian ini, pembelajaran nilai agama dan moral dapat dikembangkan pada berbagai metode pembelajaran.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data primer yang didapat dari hasil wawancara kepada kepala sekolah dan pendidik yang merupakan alumni pendidikan agama islam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengatakan bahwa meskipun proses pembelajaran dilakukan secara daring, namun metodologi pembelajaran tetap digunakan oleh pendidik. Dengan menyesuaikan bahan pembelajaran serta situasi dan kondisi peserta didik di rumah, sehingga pendidik, peserta didik dan orang tua dapat melakukan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran nilai agama dan moral

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Alfauzan, and Alimni Alimni. "Implementasi Bahan Ajar PAI Berbasis Sinektik dalam Percepatan Pemahaman Konsep Abstrak dan Peningkatan Karakter Siswa SMP Kota Bengkulu." (2019): 270-283.

Ananda, Rizki. "Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1.1 (2017): 19-31.

Anggraini, Fina Surya. "Implementasi Merdeka Belajar Di Era New Normal Dan Paradigma Konstruktivisme." International Conference on Islamic and Social Education Interdisciplinary. Vol. 1. No. 1. 2020.

Anwar, Rosyida Nurul, and Nurul Azizah. "Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam." Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2020): 1-9.

Aryani, Nini. "Konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam." POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 1.2 (2015): 213-227.

Chandrawaty, Intan Puspitasari, et al. "Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah." Jakarta: EDU PUBLISHER (2020).

Damayanti, Aprilia, Ratna Wahyu Pusari, and Nila Kusumaningtyas. "MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS SEHARI-HARI KELOMPOK A1 DI TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG." Seminar Nasional PAUD 2019. 2019.

Diana, Eka, and Moh Rofiki. "Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 3.2 (2020): 336-342.

Fatwa, Alyan. "Pemanfaatan teknologi pendidikan di era new normal." Indonesian Journal of Instructional Technology 1.2 (2020).

Fitri, Annisa, Sri Saparahayuningsih, and Nesna Agustriana. "Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Ilmiah Potensia 2.1 (2017): 1-13.

Giyarsi, Giyarsi. "Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19." GHAITSA: Islamic Education Journal 1.3 (2020): 224-244. doi.org (Crossref), Https://Siducat.Org/Index.Php/Ghaitsa.

Hayati, Nur, Jaenullah Jaenullah, and Siti Roudlotul Jannah. "The Effect of Emotional Intelligence and Motivation on Learning Outcomes of Islamic Religious Education at Vocational High School Mitra Bhakti." Bulletin of Science Education 2.3 (2022): 134-150.

Uno, Hamzah B. "Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif." (2014).

Nugraheni, Aninditya Sri. "Metode pembelajaran melalui whatsapp group sebagai antisipasi penyebaran covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede." Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9.1 (2020): 126-130. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107.

Jaenullah, Jaenullah, and Sudadi Sudadi. "The Spiritual Role of Pesantren in Shaping Indonesian Civilized Muslims." Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism 7.2 (2020): 95-114.

Jaenullah, Jaenullah, Ferdian Utama, and Dedi Setiawan. "Resilience Model of the Traditional Islamic Boarding School Education System in Shaping the Morals of Student in the Midst of Modernizing Education." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 8.4 (2022).

Jaenullah, Jaenullah, Sudadi Sudadi, and Yusron Masduki. "Analysis of Leaders Role in Improving Madrasah Teacher Performance:(Study at MI Muhammadiyah Madureso, Kuwarasan District Kebumen Regency)." International Journal of Islamic Education Research (IJIER) 1.1 (2021): 8-16.

M. Ali, Mahdi. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Edukasi, vol. 1, no. 2, Juli 2015.

Mardi, Mardi, Dkk. “Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Kelurahan Taman Asri, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan.” Berkala Ilmiah Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2021, Hlm. 8.

Nurlaili, Nurlaili, et al. "Problematik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar." Bulletin of Counseling and Psychotherapy 4.1 (2022): 70-75.

Nurdiani, Nina. “Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan.” Comtech, Vol. 5, No. 2, 2014, Hlm. 9.

Rahmawati, Dkk. “Edukasi Protokol Kesehatan Dalam Menjalankan New Normal Di Masa Pandemik Melalui Media Poster.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, Oktober 2020.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia, 2018.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 17, No. 33, Januari 2019, Hlm. 81. Doi.Org (Crossref), Doi:10.18592/Alhadharah.V17i33.2374.

Saleh, Meylan. “Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 2020, Hlm. 6.

Sari, Permata, Dkk. “Pengaruh Manajemen Stress Dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa Di Masa New Normal.” Bulletin Of Counseling And Psychotherapy, Vol. 2, No. 2, September 2020, Hlm. 62–67. Doi.Org (Crossref), Doi:10.51214/Bocp.V2i2.44.

Solikha, Siti. Wawancara : Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. September 2020.

Subhi, Tb Asep. “Konsep Dasar, Komponen Dan Filosofi Kurikulum Nilai agama dan moral.” Jurnal Qathrunâ, Vol. 3, No. 1, Juni 2016, Hlm. 18.

Sudarsana, I. Ketut, Dkk. Covid-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Nilai agama dan moral); (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Nilai agama dan moral). Yayasan Pena, 2017.

Suprapto, Anas. “Pengembangan Metodologi Pembelajaran Nilai agama dan moral Melalui Teori Pemrosesan Informasi Dan Teori Neuroscience.” J-Nilai agama dan moral: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, Desember (2015). Doi.Org (Crossref), Doi:10.18860/Jnilai agama dan moral.V2i1.3761.

Sutriyati, Neli. Wawancara: Proses Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. September 2020.

Syafe’i, Imam, Dan Hayyu Mashvufah. “Konsep Gender Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 2, (2020): 15.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Surabaya, U. M. (2021). TADARUS : Jurnal Pendidikan Islam. 10(2), 88–98.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tirtarahardja, Umar, Dan La Sulo. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta, 2008.

Ulum, Syaikhul, et al. "The Public Perception of Islamic Education at Wali Songo Islamic Boarding School Sukajadi Village, Bumiratu Nuban District." Bulletin of Pedagogical Research 1.2 (2021): 187-197.

Wahidmurni, Wahidmurni. "Evaluation of entrepreneurship education in Islamic religious higher education institutions in Indonesia." International Journal of Innovation, Creativity and Change 13.7 (2020): 693-711.

Wahyono, Poncojari, H. Husamah, and Anton Setia Budi. "Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring." Jurnal pendidikan profesi guru 1.1 (2020): 51-65.

Widodo, Teguh Budi, Jaenullah Jaenullah, and Tukiran Tukiran. "Character Building of Students Through the Google Drive Media Assisted Story Method at Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Kekatung Dente Teladas, Tulang Bawang Regency." Journal of Research in Islamic Education 4.1 (2022): 25-37.

Yuliana, Elfa. "Konsep Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an dan Hadits." Jurnal Al-Irfani: Jurnal Kajian Tafsir Hadits 4.2 (2018): 1-11.

Yusuf, Muhammad. "Bunga Rampai Integrasi Keilmuan dalam Menghadapi New Normal pada Masa Pandemi Covid-19." (2021).

Zuchdi, Darmiyati. "Humanisasi Pendidikan dan Pengembangan Keterampilan Mengatasi Konflik." Jurnal Cakrawala Pendidikan 2.2 (2004).

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Indah Daratista, & Jaenullah Jaenullah. (2022). Pengembangan Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral di Era New Normal: Studi Kasus pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 428–443. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6860