Implementasi Metode Mau`izhotul Hasanah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter: Suatu Studi Kasus Longitudinal
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6824Abstract
Pendidikan karakter pada aspek pengembangan pengetahuan moral peserta didik dewasa ini dianggap masih lemah karena hanya fokus pada hafalan konsep dan kebenaran saja, sehingga dibutuhkan metode yang tepat dalam proses pelaksanaannya. Ketidaktepatan metode yang digunakan menyebabkan pendidikan karakter akan kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode mau`izhotul hasanah dalam pendidikan karakter di pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa metode mau’izhatul hasanah yang digunakan dalam membangun karakter santri pada aspek pengetahun moral yaitu: 1) Pengajian kitab kuning; 2) Metode mau`izhotul hasanah yang dilakukan baik secara terbuka, spontan, dan rahasia (personal). Implikasi penelitian dapat dijadikan best practice dalam pelaksanaan pendidikan karakter di lembaga pendidikan umum yang lain
Downloads
References
Abdullah, Aly. Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Adz-Dzaky, Hamdani Bakran. Konseling Dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Al-Manar, 2004.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226.
Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.
Ahmed, K. Some Aspects of Character Building. 1970, http://www.salaam.co.uk/knowledge/aspects.php.
Al-Munawar, Said Agil Husain, Syahraini Tambak, and Umi Kalsum. Aktualisasi nilai-nilai Qu'rani dalam sistem pendidikan Islam. Ciputat Press, 2003.
Aprily, Nuraly Masum. “Nidzomul Ma’had Dalam Pendidikan Akhlak Di Pesantren Cipari Kabupaten Garut.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9.2 (2019): 141-159.
Arsam, Arsam. “Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6.1 (2012): 1-15.
Baumrind, D. “Reflections on Character and Competence.” The University of Chicago Press 1.1 (1998): 1–28.
Birhan, Wohabie., Shiferaw, Gebeyehu., et. al. "Exploring the Context of Teaching Character Education to Children in Preprimary and Primary Schools." Social Science and Humanity Open 4 (2021): 1-6.
Charissa, Gursoy, & Balkaya-Ince. "Parenting and Social Identity Contributors to Character Development in Muslim American Adolescents." International Journal of Intelectual Relations 81 (2021): 68-78.
Cooley, Aaron. “Legislating Character: Moral Education in North Carolina’s Public Schools.” Educational Studies 43.3 (2008): 188-205.
Fahmy, Rahmi., Bachtiar, Nasri., Rahim, Rida., Malik, Melini. "Measuring Student Perceptions to Personal Character Building in Education: An Indonesian Case in Implementing New Curriculum in High School." Social and Behavioral Science 211 (2015): 851-858.
Farihah, Irzum, and Ismanto Ismanto. “Dakwah Kiai Pesisiran: Aktivitas Dakwah Para Kiai Di Kabupaten Lamongan.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 12.1 (2018): 46–60.
Gunarsa, Singgih. Konseling Dan Psikoterapi. Jakart: BPK Gunung Mulia, 1992.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 24-32.
Hakam, Kama Abdul. Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press, 2015.
Hamid, Abdul al-Bilali. Fiqh Al-Dakwah Fii Ingkar Al-Mungkar. Kuwait: Dar al-Dakwah, 1989.
Hamim, Nur. “Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih Dan Al-Ghazali.” Ulumuna 18.1 (2017): 21-40.
Hamzah, Hamzah, and Nasrul Nasrul. “Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah Dalam Membangun Pendidikan Akhlak Mulia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 118-128.
Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.
Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.
Hanafi, Muhammad. “Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter.” Jurnal Ilmu Budaya 5.1 (2017): 35–45.
Howard, Robert W., et al. “Politics of Character Education.” Educational Policy 18.1 (2004): 188-215.
Isnarmi, Moeis. “Pendekatan Kritis-Transformatif Dalam PKn: Sebuah Upaya Pengembangan Karakter (Good Character).” Jurnal Social Science 1.1 (2016): 364–378.
Junaidi. “Pendekatan Komunikasi Islam Pada Nilai Mauizah Hasanah.” Peurawi 3.1 (2020): 57-69.
Labibah, Roihanah, et al. “Penerapan Metode Mau’izhah Hasanah Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Jalanan.” Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3.3 (2020): 39-55.
Lickona, Thomas. “A Comprehensive Approach to Character Building in Catholic Schools.” Journal of Catholic Education 1.2 (1997): 159-175.
Mahmudah, Dedeh. Efektifitas Metode Dakwah Mauidzhotul Hasanah Dalam Pembinaan Akhlak Santri At-Taqwa Putra Bekasi. Skripsi, UIN Jakarta, 2008.
Mahmuddin, Mahmuddin, et al. “Metode Dakwah Mauidzah Al-Hasanah Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa MTsN Model Palopo.” Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam 8.3 (2020): 285-300.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Marzuki. Pendidikan Karakter Islam. Yogyakarta: Amzah, 2015.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Nafisah, Neneng, et al. Concept of Mau’izhoh Hasanah and Its Implications in Islamic Education. 25.3 (2019): 532-537.
Najih, Shihabuddin. “Mau’Idzah Hasanah Dalam Al-Qur’an Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Konseling Islam.” Ilmu Dakwah 36.1 (2016): 144-169.
Nasional, Departemen Pendidikan. "Teropong Pendidikan Kita." Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (2006).
Nasir, Ridwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nurul Romdoni, Lisda, and Elly Malihah. “Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 14-22.
Pusat Perkembangan Kurikulum. Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter Bangsa. Jakart: Puskur Litbang Kemendiknas, 2009.
Rokhman., M. Hum., Syaifuddin, Ahmad., Yuliati. "Character Education for Goldern Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years)." Procedia: Social and Behavioral Sciences 141 (2014): 1161-1165.
Sa’diyah, Halimatus. “Internalization Of Islamic Character Education To Students In Elementary School (Sd) Plus Nurul Hikmah Pamekasan Madura.” International Journal on Islamic Educational Research (SKIJIER) 2.1 (2018): 134-145.
Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Siradj, Said Aqiel. Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan Dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Sliwa, Paulina. “Moral Understanding as Knowing Right from Wrong.” Ethics 123.1 (2017):521-552.
Sutrisno. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Yogyakarta.” Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah - S1 6.5 (2017): 509-525.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.
Tambak, Syahraini. "Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014).
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66.
Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, Desi Sukenti, and Abd Rahman bin Abd Ghani. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.
Wright, Thomas A., Emich, J. Kyle. "The Benefits of the 3-H Approach to Character Development." Organizational Dynamics (2019): 10.