Menggaungkan Pendidikan Qawlan Ma’rufa sebagai Etika Pergaulan dalam Menyikapi Body Shaming
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6823Keywords:
Pendidikan, Etika Pergaulan, Qawlan Ma’rufa, Body ShamingAbstract
Permasalahan utama penelitian adalah merebaknya tren body shaming di dunia pendidikan yang bertentangan dengan etika pergaulan dalam al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelaborasi pendidikan qawlan ma’rufa (perkataan yang baik) guna menyikapi body shaming dengan berfokus pada analisis konsep dan merumuskan solusi untuk diimplementasikan di lapangan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis konsep. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: pertama, potret buram tindakan body shaming sejatinya telah menjamur dan mengkhawatirkan sehinga diperlukan upaya serius menggulanginya. Fakta ini begitu bertentangan dengan esensi etika pergaulan terutama dalam aspek komunikasi yang mesti diterapkan. Kedua, pendidikan qawlan ma’rufa menjadi sebuah konsep pendidikan dalam berkomunikasi yang baik dan pantas yang harus diimplementasikan dalam pergaulan peserta didik di sekolah/madrasah. Implementasi dari konsep ini setidaknya diwujudkan melalui pendidikan keluarga dan di sekolah dengan menguatkan pendidikan akhlak serta budaya santun. Kajian ini berimplikasi dalam merevitalisasi kebangkitan etika pergaulan dan hendaknya diterapkan di berbagai lembaga pendidikan saat ini
Downloads
References
Abdullah. Lubabut Tafsir Min Ibnil Katsir. Translated by M. Abdul Ghoffar and Abu Ihsan al-Atsari. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, 2004.
Adisti, Prisna. Personality Plus for Teens. Yogyakarta: Pustaka Grhatama, 2010.
Afriantoni. Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Beiduzzaman Said Nursi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.
Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.
Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.
Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.
Al-Qurthubi, Syaikh Imam. Tafsir Al-Qurthubi. Translated by Asmuni, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.
Al-Munawar, Said Agil Husain, Syahraini Tambak, and Umi Kalsum. Aktualisasi nilai-nilai Qu'rani dalam sistem pendidikan Islam. Ciputat Press, 2003.
Arifin, Yanuar. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2017.
Asdiqoh, Siti. “Peran Orang Tua dalam Pemahaman Etika Sosial Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5.2 (2018): 308–331. doi:10.21043/thufula.v5i2.3477.
Aziz, Moh. Ali. Public Speaking: Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.
Baiquni, M., and Puji Astuti. Merajut Pengalaman: Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan UGM. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2018.
Bates, Agnieszka. “Character Education and the ‘Priority of Recognition.’” Cambridge Journal of Education 49.6 (2019): 695–710. doi:10.1080/0305764X.2019.1590529.
Bombak, Andrea E., et al. “Fat Acceptance 101: Midwestern American Women’s Perspective on Cultural Body Acceptance.” Health Sociology Review, 28.2 (2019): 194–208. doi:10.1080/14461242.2019.1604150.
Dolezal, Luna. The Body and Shame: Phenomenology, Feminism, and The Socially Shaped Body. London: Lexington Books, 2015.
Fauzi, Ichwan. Etika Muslim. Wisdom Jakarta: Science Sea, 2020.
Fauzia, Tri Fajariani, and Lintang Ratri Rahmiaji. “Memahami Pengalaman Body Shaming Pada Remaja Perempuan.” Jurnal Interaksi (Online) 7.3 (2019): 38–48.
Fitria, Kusnul, and Yessi Febrianti. “Pemaknaan dan Sikap Perilaku Body Shaming di Media Sosial.” Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi 3.1 (2020): 12–25. doi:10.17933/diakom.v3i1.78.
Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al - Thariqah 5.2 (2020): 24–32. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341
Hamdi, Saibatul, and Khabib Musthofa. “The Concept of Lita’arofu as a Multicultural Education Model to Response Religious Hate Speech.” At-Tarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education 15.2 (2020): 91–104. doi:10.18326/attarbiyah.v5i2.91-104.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani, 2015.
Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.
Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.
Hardiono. “Sumber Etika dalam Islam.” Jurnal Al-Aqidah: Jurnal Ilmu Aqidah Filsafat 12.2 (2020): 26-36. DOI:https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alaqidah/article/download/2270/1595.
Hestianingsih. “Stop Body Shaming Sesama Wanita Di Media Sosial Kamu Bisa Dipenjara.” Wolipopstyle, 22 Nov. 2018, https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4312143/stop-body-shaming-sesama-wanita-di-media-sosial-kamu-bisa-dipenjara.
Hidayat, Rahmad, et al. “Hubungan Perlakuan Body Shaming dengan Citra Diri Mahasiswa.” Jurnal Keperawatan Jiwa 7.1 (2019): 79–86. doi:10.26714/jkj.7.1.2019.79-86.
Husen, Herlina. “Metode Ta’dib dan Komunikasi Islami Menurut Perspektif Al-Qur’an dan Hadist dalam Pembangunan Karakter Anak Usia Dini.” GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 1.2 (2017): 43–50. doi:10.29313/ga.v1i2.3385.
Idi, Abdullah. Dinamika Sosiologis Indonesia: Agama dan Pendidikan dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta: LKiS, 2015.
Izzan, Ahmad. Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur, 2011.
Ismaya, Ismaya, et al. “Metode Pelayanan Informasi Pensertipikatan Tanah Negara Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Kantor Pertanahan Kabupaten Enrekang.” Jurnal Diskursus Islam 7.1 (2019): 34–52. doi:https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.9708.
Janna, Nilda M., and Aryantialfi. “Etika Dalam Perspektif Filsafat Islam.” OSF Preprints, 22 Jan. 2021. Web. DOI:10.31219/osf.io/umeyx.
Kamil, Sukron. Etika Islam: Kajian Etika Sosial Dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Kencana, 2021.
Kartikowati, Endang, and Zubaedi. Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini Dan Dimensi-Dimensinya. Jakarta: Prenadamedia Group, 2020.
Kementerian Agama. Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: CV Penerbit J-ART, 2004.
Khatibah. “Prinsip-Prinsip Komunikasi Pustakawan (Perspektif Komunikasi Islam).” Jurnal Iqra’ 10.2 (2016): 47–53. doi: https://www.neliti.com/publications/196943/prinsip-prinsip-komunikasi-pustakawan-persfektif-komunikasi-islam
Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
McMahon, Jenny, et al. “Body Shaming and Associated Practices as Abuse: Athlete Entourage as Perpetrators of Abuse.” Sport, Education and Society (2021): 1–14. doi:10.1080/13573322.2021.1890571.
Metcalfe, Jason, and Daniel Moulin-Stożek. “Religious Education Teachers’ Perspectives on Character Education.” British Journal of Religious Education (2020): 1–12. doi:10.1080/01416200.2020.1713049.
Micheal, and Suzy S. Azeharie. “Perlawanan Penyintas Body Shaming Melalui Media Sosial.” Koneksi 4.1 (2020): 138–46. doi:10.24912/kn.v4i1.6642.
Mitra, Sreya. “Trolled, Body-Shamed and Slut-Shamed: The Desecration of the Contemporary Bollywood Female Star on Social Media.” Celebrity Studies 11.1 (2020): 101–115.doi:10.1080/19392397.2020.1704388.
Morales, Danielle X., et al. “School Bullying, Body Size, and Gender: An Intersectionality Approach to Understanding US Children’s Bullying Victimization.” British Journal of Sociology of Education 40.8 (2019): 1121–1137. doi:10.1080/01425692.2019.1646115.
Muhajir. “Body Shaming, Citra Tubuh, dan Perilaku Konsumtif (Kajian Budaya Populer).” Jurnal Agama dan Kebudayaan 5.1 (2019): 77–90.
Munifah, and Limas Dodi. Rekonsepsi Pendidikan Karakter Era Kontemporer. Bandung: CV Cendekia Press, 2020.
Murray, Jessica. “Violence and the Gendered Shaming of Female Bodies and Women’s Sexuality: A Feminist Literary Analysis of Selected Fiction by South African Women Writers.” Current Writing: Text and Reception in Southern Africa 31.1 (2019): 2–10. doi:10.1080/1013929X.2018.1547013
Muslimah. “Etika Komunikasi dalam Perspektif Islam.” Jurnal Sosial Budaya 13.2 (2016): 115-125. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v13i2.3534.
Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.
Nasution, Nani Barorah, and Ernita Simanjuntak. “Pengaruh Body Shaming terhadap Self-Esteem Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5.7 (2020): 962–68.
Nurrahmi, Febri, et al. Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme. Aceh: Syiah Kuala University Press, 2021.
Peterson, Andrew. “Character Education, the Individual and the Political.” Journal of Moral Education 49.2 (2020): 143–157. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13770.
Rachmah, Nur Eva, and Fahyuni Baharuddin. “Faktor Pembentuk Perilaku Body Shaming Di Media Sosial.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Psikologi Sosial 2019 (Universitas Surabaya) (2019): 66–73.
Rahmani, Shafira. “Siapa Pun Bisa Menjadi Pelaku Dan Korban Body Shaming!” Suara.Com, Desember 2019, https://yoursay.suara.com/news/2019/12/31/130104/siapa-pun-bisa-menjadi-pelaku-dan-korban-body-shaming?page=all.
Rangkuti, Ahmad Nizar, and Fawziyah Tansyah Siregar. “Penanaman Sikap Amanah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al - Thariqah 5.1 (2020): 1–9. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).3736
Sakinah. “‘Ini Bukan Lelucon’: Body Shaming, Citra Tubuh, Dampak dan Cara Mengatasinya.” Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial 1.1 (2018): 53–67.
Saleh, Sirajuddin. “Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global, (Universitas Negeri Makassar) (2016): 101–12.
Serni, et al. Dampak Body Shaming Siswa SMPN 17 Kendari Terhadap Perilaku Komunikasi. 1.2 (2020): 132–40.
Sukandar, Asep Ahmad, and Muhammad Hori. Pemikiran Pendidikan Islam: Sumbangan para Tokoh Pendidikan Islam Melalui Gagasan, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Cendekia Press, 2020.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2012.
Sholeh, Sholeh. Asbabun Nuzul: Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Alquran. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2011.
Simanjuntak, Bungaran Antonius, and Soedjito Sosrodihardjo. Metode Penelitian Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.
Siregar, Nina Siti Salmaniah. Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.
Slee, Phillip T., and Grace Skrzypiec. “No More Bullying: An Analysis of Primary School Children’s Drawings of School Bullying.” Educational Psychology 36.8 (2016): 1487–1500. doi:10.1080/01443410.2015.1034089.
Sugiarti. Kesatuan Dalam Keberagaman. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.
Suradi. “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 2.4 (2017): 522–533. doi:10.28926/briliant.v2i4.104.
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.0.
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al - Thariqah 5.2 (2020): 80–96. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.
Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.
Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.
Tambak, Syahraini. "Jihad Pendidikan: Konsep dan Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia." Al-Hikmah 7.14 (2010): 1-15.
Watson, Lani. “Educating for Inquisitiveness: A Case against Exemplarism for Intellectual Character Education.” Journal of Moral Education 48.3 (2019): 303–315. doi:10.1080/03057240.2019.1589436.
Wulandari, Wijayanto Ari. Gosip Halal Vs Gosip Haram. Bandung: Pustaka Oasis, 2010.
Zuhri, Syaifuddin, dkk. Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Malang: PT Cita Intrans Selaras, 2020.