Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams pada Masa Pandemi

Authors

  • M. Abdul Wahid Ulya Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6741

Keywords:

Problematika, Pembelajaran Islam, Microsoft Teams, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian tentang pembelajaran pendidikan agama Islam telah banyak dilakukan, namun memasukkan problematika pembelajaran microsoft team di dalamnya masih belum ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi peserta didik melalui microsoft team saat pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan melibatkan 148 peserta didik laki-laki dan perempuan. Angket dijadikan sebagai alat pengumpulan data dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa problematika yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan microsoft team di masa daring adalah; merasa kesulitan dalam memahami materi melalui virtual meeting; kemudian terkendala sinyal dan jaringan dalam pembelajaran microsoft team; selanjutnya timbul rasa malas karena daring atau e-learning dalam pembelajaran menggunakan microsoft team; peserta didik merasa terbebani dengan tugas keagamaan yang bersifat praktik saat pembelajaran daring menggunakan microsoft team; dan yang terakhir minimnya dorongan spiritual dari pendidik dalam penggunaan microsoft team saat pembelajaran daring. Hasil penelitian ini berimplikasi pada teori “pembelajaran pendidikan agama Islam dengan microsoft team” dalam diskursus pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, Adisel, and Ahmad Gawdy Prananosa. "Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19." ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management 3.1 (2020): 1-10.

Adnan, Muhammad, and Kainat Anwar. "Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students' Perspectives." Online Submission 2.1 (2020): 45-51.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Ali, Akbar. "Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMK Syuhada Teknologi Banjarmasin." (2015).

Ali, Mohammad. "Penelitian pendidikan dan prosedur strategi." Bandung: Angkasa (1987).

Alqurashi, Emtinan. "Predicting student satisfaction and perceived learning within online learning environments." Distance Education 40.1 (2019): 133-148.

Arisanti, Devi. "Implementasi pendidikan akhlak mulia di SMA Setia Dharma Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.2 (2017): 206-225.

Asmuni, Asmuni. "Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya." Jurnal Paedagogy 7.4 (2020): 281-288.

Bali, Muhammad Mushfi El Iq, and Musrifah Musrifah. "The Problems of Application of Online Learning in the Affective and Psychomotor Domains During the Covid-19 Pandemic." Jurnal Pendidikan Agama Islam 17.2 (2020): 137-154.

Chiou, Hua-Huei. "The impact of situated learning activities on technology university students' learning outcome." Education+ Training (2020).

Dewi, Wahyu Aji Fatma. "Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2.1 (2020): 55-61.

Dhawan, Shivangi. "Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis." Journal of Educational Technology Systems 49.1 (2020): 5-22.

Fahruni, Findivia Egga, and Hadi Warsito. "Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Malas Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Menganti Gresik." Jurnal BK UNESA 12.2 (2021).

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.

Harahap, Musaddad, and Lina Mayasari Siregar. "Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.2 (2017): 148-163.

Hidayah, Aas Aliana Futriani, Robiah Al Adawiyah, and Prima Ayu Rizqi Mahanani. "Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19." JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 21.2 (2020): 53-56.

Holil, Sarip Munawar. "Peran Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Siswa Smp Negeri 1 Ciwaru." EDUCATOR 4.2 (2018): 95-106.

Mahmud, Dr H., and M. Si. "Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV." Pustaka Setia (2011).

Majid, Abdul & Andyani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004

Martin, Louis, and Dave Tapp. "Teaching with Teams: An introduction to teaching an undergraduate law module using Microsoft teams." Innovative Practice in Higher Education 3.3 (2019).

Microsoft (2018) Welcome to Microsoft teams [online] Available at: https://docs.microsoft.com/en-us/microsoftteams/teams-overview [Accessed 12 Desember 2020]

Nasional, Departemen Pendidikan. "Teropong Pendidikan Kita." Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (2006)

Ngoc, Tu Phung, and Luong Thi Kim Phung. "Online Language Learning via Moodle and Microsoft Teams: Students’ Challenges and Suggestions for Improvement." 17th International Conference of the Asia Association of Computer-Assisted Language Learning (AsiaCALL 2021). Atlantis Press, 2021. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210226.013.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Nugrahani, Farida, and M. Hum. "Metode penelitian kualitatif." Solo: Cakra Books (2014).

Nurhayati, Erlis. "Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19." Jurnal Paedagogy 7.3 (2020): 145-150.

Putra, Ary Antony. "Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 41-54.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. "Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar." Jurnal Basicedu 4.4 (2020): 861-870.

Rigianti, Henry Aditia. "Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara." Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an 7.2 (2020).

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. "Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic)." Biodik 6.2 (2020): 214-224.

Sedarmayanti, Syarifudin Hidayat. "Metodologi Penelitian, Bandung: CV." Mandar Maju (2002).

Song, William W., Anders Forsman, and Jia Yan. "An e-curriculum based systematic resource integration approach to web-based education." International Journal of Information and Education Technology 5.7 (2015): 495.

Sonia, Gina. DAMPAK LIBUR SELAMA BELAJAR DARI RUMAH AKIBAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PSIKOLOGIS ANAK SEKOLAH DASAR. Diss. UNIVERSITAS JAMBI, 2020.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453. https://doi.org/10.5220/0009370404460453.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i.20677.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.

Susiana, Susiana. "Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 73-88.

Tabi’in, A. (2016). Kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada MTsN Pekan Heran Indragiri Hulu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2016): 156–171.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Wahyono, Poncojari, H. Husamah, and Anton Setia Budi. "Jurnal Pendidikan Profesi Guru." Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring 1: 51-65.

Wilatikta, Ayu. "Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jenjang Pendidikan Dasar: Kontekstualisasi Strategi Pembelajaran Semasa Pandemi." Ta'lim 2.2 (2020): 1-12.

Yana, Winda, and Prima Ayu Rizqi Maharani. "Tantangan Pembelajaran Virtual Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Sekolah Dasar." JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 21.2 (2020): 57-61.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Ulya, M. A. W. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 105–120. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6741