Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712Keywords:
Guru, Pendidikan Agama Islam, Teknologi Pendidikan, E-LearningAbstract
Banyaknya guru Pendidikan Agama Islam yang masih kurang dalam pengembangan teknologi menjadi kekhawatiran tersendiri dalam proses pendidikan. Oleh karenya dibutuhkan upaya peningkatan kecakapan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis teknologi. Menggunakan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru pendidikan agama Islam, dan dianalisis dengan teknik display data, reduksi, dan interpretasi. Penelitian ini menemukan bahwa teknologi pendidikan diterapkan dalam proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan berbagai teknologi lainnya baik dengan hardware seperti komputer/laptop atau smartphone, baik dengan software seperti aplikasi buatan sendiri ataupun aplikasi open source. Pengoptimalan dilakukan dengan; memahami konten materi pembelajaran; menyesuaikan ruang lingkup strategi pembelajaran; dan mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan teori “kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis teknologi” dalam pembelajaran
Downloads
References
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.
Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.
Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.
Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.
Ariani, Diana. “Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan Di Indonesia.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 5. 1 (2017):1–9. doi:10.15294/ijcets.v5i1.14244.
Arif, Khusnan. “Teknologi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Dalam Paradigma Konstruktivistik.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4. 2 (2011): 154–167. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/18.
Arisanti, Devi. “Manajemen Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1. 1 (2017): 71–86. doi:10.25299/althariqah.2016.vol1(1).620.
Asiah, Nur. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui E-Learning Di SMA Budaya Bandar Lampung.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 6. 1 (2016): 77–101.
Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” MADRASAH 6. 2 (2016): 26-37. doi:10.18860/jt.v6i2.3301.
Dhawan, Shivangi. "Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis." Journal of Educational Technology Systems 49.1 (2020): 5-22.
Go, Ingyu. “Analysis on Trends of Technology Education Shown in National Curriculum at the Elementary Level in Republic of Korea.” International Journal of Technology and Design Education, 31. 2 (2021): 23–54, doi:10.1007/s10798-019-09555-z.
Hadisi, La, and Wa Muna. “Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning).” Jurnal Al-Ta’dib 8. 1 (2015): 17–40.
Hakam, K. A., and E. S. Nurdin. Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Maulana Media Grafika, 2016.
Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.
Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.
Ignatov, Andrey, et al. "Learned smartphone isp on mobile npus with deep learning, mobile ai 2021 challenge: Report." Proceedings of the IEEE/CVF Conference on Computer Vision and Pattern Recognition. 2021.
Kelana, I. “Cara Mudah Buat Konten Video Pembelajaran Menarik.” Republika, 2020, https://www.republika.co.id/berita/qkgikq374/cara-mudah-buat-konten-video-pembelajaran-menarik.
Lase, Delipiter. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” JURNAL SUNDERMANN 12. 2 (2019): 89-102.
Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2. 2 (2018): 94–100. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia.
Lubis, Sarmadhan. “Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2. 2 (2017): 189–205, doi:10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045.
Maghfiroh, Muliatul, and Sri Nurhayati. “Peningkatan Strategi Dan Metode Pembelajaran Guru PAI Dalam Era Revolusi Industri 4 . 0.” Pêrdikan: Journal of Community Engagement 2. 1 (2020): 10–19.
Mansir, Firman, and Halim Purnomo. “Optimalisasi Peran Guru PAI Ideal Dalam Pembelajaran Fiqh Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5. 2 (2020): 97-105. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5692.
Melani, Agustina. “Jack Ma Ubah Pendidikan Agar Bersaing Dengan Robot.” Liputan 6, https://www.liputan6.com/bisnis/read/3238241/jack-ma-ubah-pendidikan-agar-bersaing-dengan-robot. Accessed 1 Apr. 2021.
Muhson, Ali. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8. 2 (2010): 178-185. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949.
Nasution, Syaiful Hamzah. “Pentingnya Literasi Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika.” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika 2. 1 (2018): 14–18.
Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.
Nu’man, Ahmad Zanin. “Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Duta.Com 7. 1 (2014): 58-72.
Nurdin, Arbain. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Information and Communication Technology.” Tadrîs 11. 1 (2016): 29-38.
Pratama, Ujang Nendra, and Haryanto. “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4. 2 (2017): 67–84.
Pratama, Yoga Anjas. "Relevansi teori belajar behaviorisme terhadap pendidikan agama islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 38-49. doi:10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718.
Ramdani, Rijki, et al. “Media Pembelajaran E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5. 1 (2018): 47-62. doi:10.17509/t.v5i1.13332.
Richter, Eric, et al. “Four Reasons for Becoming a Teacher Educator: A Large-Scale Study on Teacher Educators’ Motives and Well-Being.” Teaching and Teacher Education 102 (2021): 103322. doi:10.1016/j.tate.2021.103322.
Rosyad, Ali Miftakhu. “Urgensi Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Afkar Journal for Islamic Studies 2. 1 (2019): 64–86. doi:10.5281/zenodo.3553865.
Sawaluddin, Sawaluddin. “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3. 1 (2018): 39–52. doi:10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775.
Sintawati, Mukti, and Fitri Indriani. “Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019, (2019): 17-22. http://jayapanguspress.org.
Subkhan, E. Sejarah Dan Paradigma Teknologi Pendidikan Untuk Perubahan Sosial. Kencana, 2016.
Sudarsana, I. Ketut, et al. Teknologi Dan Aplikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jayapangus Press, 2018, http://jayapanguspress.org.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.
Sunarti, Sunarti. “Membangun Kemampuan Literasi Informasi Guru PAI Di Era Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 7. 1 (2017): 37-49.
Surani, Dewi. “Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2. 1 (2019): 56–69. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797.
Suwastika, I. Wayan Kayun. “Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI) 13. 1 (2018): 1-5. https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185.
Syarif, Miftah. “Hakekat Manusia Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2. 2 (2017): 35–47. doi:10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1042.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. 5th ed., Remaja Rosdakarya, 2012.
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.0.
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al - Thariqah 5.2 (2020): 80–96. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.
Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.
Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.
Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.1055.
Tambak, Syahraini. "Jihad Pendidikan: Konsep dan Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia." Al-Hikmah 7.14 (2010): 1-15.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." Revolution 4 (2020): 343-351.
Troll, Eve Sarah, Malte Friese, and David D. Loschelder. "How students’ self-control and smartphone-use explain their academic performance." Computers in Human Behavior 117 (2021): 106624. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106624.
Wei, Huei-Chuan, and Chien Chou. "Online learning performance and satisfaction: do perceptions and readiness matter?." Distance Education 41.1 (2020): 48-69.
Wijaya, Etistika Yuni, et al. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 1 (2016): 63–78.
Yazdi, Mohammad. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah Foristek, 2. 1 (2012): 43–52.
Yoon, Meehyun, Jungeun Lee, and Il-Hyun Jo. "Video learning analytics: Investigating behavioral patterns and learner clusters in video-based online learning." The Internet and Higher Education 50 (2021): 100806. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2021.100806.
Zulfikar, Dimas Ariyanto. Pemanfaatan Informasi Teknologi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2018, http://etheses.iainponorogo.ac.id/5489/1/Dimas Ariyanto Z.pdf.