Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6648Keywords:
Upaya Guru PAI; Keaktifan Belajar; Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Dampak dari adanya pembelajaran jarak jauh peserta didik mengalami kejenuhan belajar, sehingga menurunnya keaktifan belajar peserta didik saat proses pembelajaran. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus berupaya untuk mengembangkan kembali keaktifan belajar dan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan keaktifan belajar peserta didik pada pembalajaran jarak jauh. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus, yaitu merupakan metode untuk mengumpulkan dan menganalisis data suatu kasus tertentu. Hasil dari penelitian ini yaitu berbagai upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan keaktifan belajar peserta didik pada pembalajaran jarak jauh meliputi: membuat group whatsapp, memotivasi siswa, mengadakan pembelajaran tatap muka setiap pekan, mengadakan pertemuan dengan orang tua wali murid, dan melakukan home visit. Temuan penelitian ini berimplikasi pada teori upaya guru dalam mengaktifkan belajar anak di masa pandemi dan di harapkan para guru pendidikan agama Islam bisa lebih meningkatkan strategi mengajarnya.
Downloads
References
Abidin, Zainal, et al. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Research and Development Journal of Education 1.1 (2020):131.
Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226.
Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41.
Al Halik, and Zamratul Aini. “Analisis Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19.” ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam) 3.2 (2020):131–41.
Amry, Zainul, and Laelatul Badriah. “Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik.” Elementary: Islamic Teacher Journal 6.2 (2018):254–70.
Arianti. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktika : Jurnal Kependidikan 12 (2018):117–34.
Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age 4.1 (2020):152–59.
Darajat, Rafi, et al. Upaya guru pendidikan agama Islam ( PAI ) dan budi pekerti dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti dosen Prodi Pendidikan Agama Islam ( PAI ) STAI Al Hidayah Bogor, 2019.
Dharma, ketut Budi; Filosaria kristin. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Google Classroom Terhadap Keaktifan Belajar Ips Siswa Kelas 5 Sd.” Jurnal Pendidikan Rokania 6.1 (2021).
Efendi, Didik. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Model Distance Learning Di Sekolah Dasar Kota Jayapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5.1 (2020):54.
Graham, Sandra. "An attributional theory of motivation." Contemporary Educational Psychology 61 (2020): 101861.
Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020):23–32.
Hambali, Muh. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI.” Jurnal MPI (2016).
Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.
Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.
Hapsari, Fadjriah, et al. “Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.” Research and Development Journal of Education 7.1 (2021):193
Hardani. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu, 2020.
Hartini, Siregar Evelin;Nara. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2017.
Hotmian. “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Dengan Menerapkan Strategi Sort Card Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Gerbang Tahun 2017-2018.” Jurnal Pendidikan Tabularasa 15.3 (2018):283–93.
Jeong, Jin Su, et al. “Effects of Active Learning Methodologies on the Students’ Emotions, Self-Efficacy Beliefs and Learning Outcomes in a Science Distance Learning Course.” Journal of Technology and Science Education 9.2 (2019):217–27
Kudryashova, Alexandra, et al. “Teacher’s Roles to Facilitate Active Learning.” Mediterranean Journal of Social Sciences (2015).
Kurniasari, Asrilia, et al. “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6.3 (2020):1–8.
Kusuma, Jaka Wijaya, and Hamidah Hamidah. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19.” JIPMat 5.1 (2020).
Lestari, Iis Dewi. “Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 3.2 (2018):137–42
Mansir, Firman, and Halim Purnomo. “Optimalisasi Peran Guru PAI Ideal Dalam Pembelajaran Fiqh Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020):97–105
Manurung, Rikson Parsaoran. “Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pemanfaatan Media Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa Pada Pembelajran Jarak Jauh Di SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran 1.3 (2020):239–44.
Mokodompit, Intan Safitri. Home Visit Sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19 : Kesiapan Guru , Respon Siswa , Materi Dan Hasil Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Pendahuluan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah 2 (2020):119–31.
Muhyani. Metodologi Penelitian Cara Mudah Melakukan Penelitian. Bogor:Uika Press, 2019.
Naziaha, Syifa Tiara, et al. “Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar.” Jurnal JPSD 7.2 (2020):109–20.
Niemi, Hannele, et al. “Active Learning Promoting Student Teachers’ Professional Competences in Finland and Turkey.” European Journal of Teacher Education 39.4 (2016):471–90.
Nirmala, Besse, and Haerul Annuar. “Home Visit: Strategi PAUD Dari Rumah Bagi Guru Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.2 (2020):1052–62.
Nugraha, Aman Kusna. “Peningkatan Kektifan Dan Prestasi Belajar IPA Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup Dengan Media Flash Card Matching Game Pada Peserta Didik Kelas VII F SMP Negri 1 Pejagoan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.” Konfergensi Indonesia Scientific Knowledge Center 5 (2019).
Pratama, Hendrik, and Andista Candra Yusro. “Implementasi Whatsapp Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Pengenalan Komponen Elektronika.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 2.2 (2016):65.
Prawiyogi, Anggy Giri, et al. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar 11.1 (2020):94–101.
R Dahlan, M. Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Yogyakarta:Deepublish, 2016.
Ramayulis. Profesi Dan Etika Keguruan. Jakarta:Kalam Mulia, 2016.
Rina Purnami. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IX D MTsN 1 Hulu Sungai Utara Dimasa Pandemi Covid 19 Melalui Bimbingan Klasikal Secara Online.” Jurnal Pendidikan Hayati 6.3 (2020).
Rosenberg, Hananel, and Christa SC Asterhan. "“WhatsApp, Teacher?”-Student Perspectives on Teacher-Student WhatsApp Interactions in Secondary Schools." Journal of Information Technology Education: Research 17 (2018): 205-226.
Rusman. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana, 2017.
Ryan, Richard M., and Edward L. Deci. "Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions." Contemporary Educational Psychology 61 (2020): 101860.
Sabaniah, Siti, et al. “Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah Covid - 19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2.1 (2021): 43–54.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic).” Biodik 6.2 (2020):214–24.
Setyaningsih, Kurnia Dwi. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sd Negeri Karangrena 03.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1.2(2020): 19–27.
Siregar, Irma Suryani. “Konstruksi Manajemen Kurikulum Di Perguruan Tinggi Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020):43–55
Suarni. “Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor.” Journal of Physics and Science Learning 1.2 (2017):129–40.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.
Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic Behavior and Islamic Psychosocial in Developing Professional Madrasah Teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 145-176.
Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).
Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, Desi Sukenti, and Abd. Rahman bin Abd. Ghani. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.
Tambak, Syahraini, Amril M., Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018.
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.
Wahyuni, Ida Windi, and Ary Antony Putra. “Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.1 (2020): 30–37.
Yulianingsih, Wiwin, et al. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.2 (2020): 1138–50.
Zahara, Zahara, and Ibnu Sina. “Peran Media Teknologi Pendidikan Pada Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemik Covid-19.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 17.2 (2020).
Zaman, Badrus. “Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Pai.” Jurnal As-Salam 4.1 (2020):13–27.
Zein, Muh. “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5.2 (2016):274–85.
Zulkanain, Nani Amalina, Suraya Miskon, and Norris Syed Abdullah. "An adapted pedagogical framework in utilizing WhatsApp for learning purpose." Education and Information Technologies 25.4 (2020): 2811-2822.