E-Learning System dalam Pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan pada Pendidikan Tinggi: Efektivitas di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6499Keywords:
E-learning, Al-Islam Kemuhammadiyahan, Covid 19Abstract
Penambahan kasus covid 19 diawal tahun 2021 meningkat 9000 kasus per hari. Kemendikbud yang awalnya menginstruksikan pembelajar tatap muka akhirnya harus dibatalkan dan tetap melaksanakan pembelajaran secara daring. Masalah yang muncul saat pembelajaran daring adalah belum siapnya sumber daya dosen dalam mendisain konten e-learning serta tidak seragamnya media daring yang digunakan, belum lagi kondisi mahasiswa yang bermasalah dengan jaringan internet. Tujuan Penelitian ini ingin mengungkap proses pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan di dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yaitu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Aisyiyah Yogjakarta di masa pandemi. Dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif menggali dan menganalisis data dengan pendekatan Statistik Deskriptif untuk mengungkapkan implementasi pembelajaran AIK melalui e-learning. Ternyata dari hasil penelitian ini bisa diketahui bahwa pembelajaran menggunakan E-learning pada matakuliah AIK belum bisa memberikan pemahaman pada mahasiswa, hampir 61,9% mahasiswa memberikan argument tidak paham dengan penjelasan menggunakan e-learning, 45,2% dosen hanya memberikan materi berupa tugas baca, dan 31% mahasiswa memberikan tanggapan pembelajaran AIK melalui e-learning tidak efektif.
Downloads
References
Al-Ihwanah, Al-Ihwanah. “Implementasi E-Learning Dalam Kegiatan Pembelajaran Pgmi Iain Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam, vol. 11, no. 1, 2016, pp. 76–91, https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.102.
Alimron, Alimron. “Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Pada Program Studi PAI Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 105–20, https://doi.org/10.21009/003.1.06.
Almutairi, Bader Ali, et al. “The Impact of Servant Leadership on Organizational Trust: The Mediating Role of Organizational Culture.” European Scientific Journal ESJ, vol. 16, no. 16, 2020, pp. 1–10, https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49.
Amirudin, Noor. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 2019, pp. 181–92, http://digital.library.ump.ac.id/id/eprint/261.
Brasmata, Dandy Bayu. “Sering Disebut-Sebut, Apa Itu New Normal?” Kompas.Com, May 2020, p. 1.
Chanifah, Nur, et al. "Designing a spirituality-based Islamic education framework for young muslim generations: a case study from two Indonesian universities." Higher Education Pedagogies 6.1 (2021): 195-211. https://doi.org/10.1080/23752696.2021.1960879
Damayanti, Luh Sri. “Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Pendidikan Tinggi Pariwisata Di Bali Selama Pandemi Covid-19.” Journey, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 63–82.
Dikti, Ristek. Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Tentang Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan. 2020.
Hamzah, Hamzah, et al. "Implementation of Jigsaw type cooperative learning method to increase student learning activity in Fiqh learning during COVID-19." International Journal of Health Sciences I (2022): 4438-4446. http://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS1.5914
Hasriadi. “Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam.” IQRO:Journal of Islamic Education, vol. 3, no. 1, 2020, p. 60.
Mahfud, Choirul, et al. "Islamic cultural and Arabic linguistic influence on the languages of Nusantara; From lexical borrowing to localized Islamic lifestyles." Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia 22.1 (2022): 11. http//doi.org/10.17510/wacana.v22i1.914.
Mahfud, Choirul, et al. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452. https://doi.org/10.36835/modeling.v9i2.1289
Majelis Dikti PP Muhammadiyah. “Pedoman Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan.” Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 1st ed., Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013.
Merdeka, Reporter. “Data Terkini Jumlah Korban Virus Corona Di Indonesia.” Merdeka.Com, July 2020.
Muthoharoh, Miftakhul. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning Di Era Digital.” ATTANWIR: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, vol. 12, no. 1, 2020, p. 57.
Muzid, Syafiul, and Mishbahul Munir. “Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia).” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005), vol. 2005, no. Snati, 2005, p. 8.
Nasir, Haedar. “Moderasi Berasal Dari Karakter Islam Dan Indonesia Itu Sendiri.” Suara Muhammadiyah, 2020.
Prajitno, Subagio B. “Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Penelitian Publik, 2015.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552
Surjono, Herman Dwi. Membangun Course E - Learning Berbasis Moodle. Kedua, UNY Press, 2013.
Sukenti, Desi, et al. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022). https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.
Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644
Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.