Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi

Authors

  • Khanifatul Azizah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Ali Fuadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6244

Keywords:

Profesionalisme, Guru, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna profesionalisme guru dalam perspektif hadits Rasulullah SAW. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konsep. Menggunakan rujukan berbagai kitab hadits dijadikan sebagai sumber penelitian dan analisis dengan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan yang profesional harus disesuaikan dengan keahlian, ketekunan profesi, dan kecenderungan. Profesionalisme guru dalam hadits adalah bahwa seorang guru harus memiliki niat yang benar dan memiliki spirit dalam melakukan pengajaran berdasarkan keahlian ilmunya. Guru yang profesional dalam hadits mesti memiliki empat kompetensi yang harus dijalankan secara berkesinambungan-profesional yaitu; bersikap adil, peduli siswa, akademis, dan demokratis. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai acuan guru dalam meningkatkan kemampuan untuk menjadi guru profesional merujuk pada hadits-hadits Rasulullah SAW, sehingga berimplikasi pada kualitas pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdollah. Menjadi Guru Profesional: Studi Tentang Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kinerja Guru Di Zaman Milenial. Jakarta: UNJ Press, 2020.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Al-Bukhari. Shahih Bukhari: Kitab Al-Hibah Bab Al-Isyhad Fi Al-Hibah. Beirut: Maktabah Ashriyah, 1992.

Al-Bukhari. Shahih Bukhari: Kitab Al-‘Ilmu. Beirut: Maktabah Ashriyah, 1992.

Al-Qaththan, Syaikh Manna’. Pengantar Studi Ilmu Hadits. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2012.

Al-Munawar, Said Agil Husain, Syahraini Tambak, and Umi Kalsum. Aktualisasi nilai-nilai Qu'rani dalam sistem pendidikan Islam. Ciputat Press, 2003.

Anas, Nazifah. “Rasulullah sebagai Pendidik Profesional.” Jurnal Pendidikan Islam 1.2 (2017): 139-142.

Anggito, Albi dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

An-Nasa’i. Al-Mujtaba: Kitab Al-Iftitah Bab Jami’ Majaa Fi Al-Qur’an. Beirut: Daar al-Fikri, 1995.

Danim, Sudarwan, Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Keprofesionalan Madani, Jakarta: Kencana, 2011.

Danumiharja, Mintarsih, Profesi Tenaga Kependidikan, Yogyarakta: Depublish, 2014.

Hariyanto, Sony. Kompetensi Guru Profesional Dalam Perspektif Hadis. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015.

Idhar. “Profesionalisme Guru Pendidikan Islam dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik.” Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2.1(2018): 315-317.

Lubis, Sarmadhan, “Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.2 (2017): 196. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045.

Maisyaroh, Maisyaroh. "Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.2 (2019): 1-9. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4079.

Mansir, Firman, and Halim Purnomo. "Optimalisasi Peran Guru PAI Ideal dalam Pembelajaran Fiqh di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 97-105. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5692.

Muhajir, As’aril. Ilmu Pendidikan Perspektif Kontektual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Mukhid, Abdul, dan Mosleh Habibullah, Profesionalisme Guru PPL dan Kompetensinya, Pamekasan: Duta Media Publishing, 2020.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2012.

Mutmainah, Mutmainah. "Guru Profesional dalam Perspektif Tafsir Hadist." AL-THIQAH-Jurnal Ilmu Keislaman 3.01 (2020): 1-16.

Nata, Abuddin. Pendidikan dalam Perspektif Hadits. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Rochmawati, Nikmah. “Psikologi Guru Profetik.” Psikoislamedia Jurnal Psikologi 3.1 (2018): 4-13.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta, 2013.

Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com, 2019.

Shahih Bukhari, Kitab al-Hibah, Bab al-Isyhad Fi al-Hibah. Beirut: Maktabah Ashriyah.

Sriwijbant, Anjali, dkk. Antalogi Hadits Tarbawi: Pesan-pesan Nabi tentang Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Sudarma, Momon. Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453. https://doi.org/10.5220/0009370404460453.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20677.

Tabi’in, As’adut. “Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsN Pekan Heran Indragri Hulu.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2016): 168.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.0.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." Revolution 4 (2020): 343-351.

Tilaar, H.A.R, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Mageang: Tera Indonesia, 1998.

Umar. Pengantar Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Zulfahmi, Z., Ilham Hidatullah, and Maida Raudhatinur. "Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tgk. Chiek Oemar Diyan." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.2 (2018): 28-42. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2278.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Khanifatul Azizah, & Fuadi, M. A. (2021). Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 73–87. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6244