Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32

Authors

  • Aisyatur Rosyidah Magister Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Wantini Magister Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222

Keywords:

Manusia, Peserta Didik, Evaluasi Pendidikan, Akhlak, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian tentang evaluasi pendidikan telah banyak dilakukan, namun fokus pada aksplorasi tipologi manusia dalam evaluasi pendidikan berdasarkan al-Qur’an belum ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengekslpor tipologi manusia dalam evaluasi pendidikan berdasarkan al-Qur’an Surat al-Fathir ayat 32 dan implikasinya dalam evaluasi pendidikan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konsep dijadikan sebagai jenis penelitian dengan sumber data tafsir Wahbah az-Zuhaili, Sayid Quthb, Ibn Katsir, dan Quraish Shihab. Pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan content analysis. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga golongan manusia dalam evaluasi pendidikan yaitu; manusia yang didominasi hal buruk menunjukkan tingkat rendah keberhasilan pendidikan; manusia yang setengah melakukan kebaikan dan keburukan, menunjukkan ketidakberhasilan pendidikan; dan manusia termotivasi secara berkala melakukan kebaikan. Implementasinya dalam evaluasi pendidikan menjamin hasil akhir dari perkembangan manusia saat menerima sebuah pengetahuan yang terukur dari hasil evaluasi untuk meningkatkan potensi diri manusia dan segala kecerdasan. Temuan penelitian ini berimplikasi pada pengembangan teori “evaluasi pendidikan” dengan memperhatikan tipologi manusia berdasarkan al-Qur’an untuk dipergunakan guru dalam pendidikan Islam dan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdur-Rafiu, Jamiu, U. A. Ajidagba, and Masood Kayode Rafiu. "Correlation between Continuous Assessment and Students' Performance in Islamic Studies." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.2 (2020): 191-198.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Ahmad Tafsir. Filsafat Pendidikan Islam. PT. Rosda Karya, 2012.

Asdhiani, Yuni, and Komarudin Ari Saptono. "Multifaceted Rasch Analysis for Clinical Supervision instrument assessment of Islamic Religious Education Teachers." Psychology and Education Journal 58.1 (2021): 4590-4603. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1573

Asfiati, Asfiati. "Authentic Assessment Implementation in Islamic Education Subject of Curriculum 2013 on SMA 1 Hutabargot Mandailing Natal." FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 6.1 (2020): 19-30. https://doi.org/10.24952/fitrah.v6i1.2486.

Al-Munawar, Said Agil Husain, Syahraini Tambak, and Umi Kalsum. Aktualisasi nilai-nilai Qu'rani dalam sistem pendidikan Islam. Ciputat Press, 2003.

Baird, Jo-Anne, et al. "Assessment and learning: Fields apart?." Assessment in Education: Principles, Policy & Practice 24.3 (2017): 317-350. https://doi.org/10.1080/0969594X.2017.1319337.

BKKBN. “Laporan SDKI Tahun 2017.” BKKBN BPS Kemenkes RI, 2018.

Colthorpe, Kay, et al. "Prompting undergraduate students’ metacognition of learning: implementing ‘meta-learning’assessment tasks in the biomedical sciences." Assessment & Evaluation in Higher Education 43.2 (2018): 272-285. https://doi.org/10.1080/02602938.2017.1334872.

Difa’ul Husna, Unik Hanifah Salsabila, Yazida Ichsan. “Pendidikan Islam Berbasis Multiple Intelligences.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, 2020: 12.

Firdaus, Firdaus. "Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.1 (2020): 19-29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882.

Firdaus, Firdaus. "Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Aksiologis)." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 106-115. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768.

Hamdi, Mohamad Mustafid. "Evaluasi Kurikulum Pendidikan." Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4.1 (2020): 66-75.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. "Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10.1 (2019): 159-181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729.

Huda, Husna Nuur. "Assertive Behavior and Its Application by Islamic Education Teacher in The Assessment of Student Learning Outcomes." Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9.1 (2020): 1-11. http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v9i1.3356.

Johnson, R. Burke, and Larry Christensen. Educational research: Quantitative, qualitative, and mixed approaches. Sage publications, 2019.

Joo-Nagata, Jorge, et al. "Augmented reality and pedestrian navigation through its implementation in m-learning and e-learning: Evaluation of an educational program in Chile." Computers & Education 111 (2017): 1-17. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.04.003.

Khilmiyah, Akif. Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru, 2016.

Lukum, Astin. "Evaluasi program pembelajaran IPA SMP menggunakan model countenance stake." Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan 19.1 (2015): 25-37. ttps://doi.org/doi:10.21831/pep.v19i1.4552.

Maulida, Ali. "Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak dalam Hadits Nabawi." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 4.07 (2017): 197. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v4i07.66

Moh. Quraish Shihab. Kaidah Tafsir. Lentera Hati, 2015.

Muhammad Abi al-Fida’ Ismail Ibn Katsir. Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim. Darul Andalas, 1996.

Munir, Miftakhul. "Modernisasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Nurcholish Madjid." Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.2 (2018): 202-222. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.73.

Nasional, Departemen Pendidikan. "Teropong Pendidikan Kita." Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (2006).

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Nur'alimah, Erlita Octiana, Muhammad Eri Hadiana, and Hasan Basri. "Tantangan Guru dalam Mengimplementasikan Standar Penilaian dalam Mencapai Evaluasi Pendidikan Islam." MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial 4.2 (2020): 86-92.

Puad, Lalu Mohammad Abid Zainul, and Karen Ashton. "Teachers’ views on classroom-based assessment: An exploratory study at an Islamic boarding school in Indonesia." Asia Pacific Journal of Education 41.2 (2021): 253-265. https://doi.org/10.1080/02188791.2020.1761775.

Purwanto, Agus. Ayat-Ayat Semesta: Sisi-Sisi Al-Qur’an Yang Terlupakan. PT Mizan Pustaka, 2008.

Rukajat, Ajat. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Budi Utama, 2018.

Sari, Lia Mega. "Evaluasi dalam pendidikan Islam." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9.2 (2018): 211-231.

Sawaluddin, Sawaluddin. "Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.1 (2018): 39-52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775.

Sayyid Quthb. Tafsir Fi Dzilal Al-Qur’an. Dar al-Sayuq, 2000.

Shihab, Moh. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Ha, 2005.

Sholichah, Aas Siti. "Teori-teori pendidikan dalam Al-Qur’an." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7.01 (2018): 23-46. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209.

Stepanili, Dwitri, Hasbiyalah Hasbiyalah, and Bambang Syamsul Arifin. "Evaluasi pendidikan perspektif Islam: Analisis tafsir QS. Qaff ayat 17-18." Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3.2 (2019): 288-300. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.270.

Strauss, Aunselm, and Juliet M. Corbin. Basic a Qualitatif Research. Newbury Park, CA: Sage Publishing. 1998.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453. https://doi.org/10.5220/0009370404460453.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, 2005.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Usman, Jamiludin. "Kaidah-kaidah dasar pendidikan anak (studi komparasi pemikiran abdullah nasih ulwan dengan Maria Montessori)." TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13.1 (2018): 149-167. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.205.

Veisi, Ghulam Reza, Mohammadmohsen Mohtadi, and Hasan Khalaji. "Principles, Indicators and Needs Assessment Procedures in the process of Political Education." Islamic Politics Research 8.17 (2020): 131-154.

Wahbah Al-Zuhayli. Al-Tafsir Al-Munir Fi Al-Aqidah Wa Al-Syari’ah Wa Al-Minhaj. Dar al-Fikr, 2003.

Wahyudi, Dedi. "Konsepsi Al-Qur’an Tentang Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam." Hikmah: Journal of Islamic Studies 12.2 (2017): 245-272.

Yusuf, Muri. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.

Zaini, Zaini, and Roni Ramlan. "Penguatan Pendidikan Aqidah Anak dari Penyimpangan Budaya Online." TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14.2 (2019): 201-214. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.273.

Downloads

Published

27-06-2021

How to Cite

Rosyidah, A., & Wantini. (2021). Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222